Cara Menyalakan Kompor Portable dengan Mudah

Pastikan kompor portable kamu diatur dengan benar, ya!

Cara Menyalakan Kompor Portable dengan Mudah

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Kompor portable merupakan salah satu kompor praktis yang berukuran mini sehingga dapat meminimalisir tempat penyimpanan. Umumnya, kompor ini sering dibawa saat melakukan kegiatan outdoor seperti kemah. Kompor ini sering digunakan saat kemah karena desainnya yang kompak, fleksibel, dan dapat digunakan kapan pun dan di mana pun.

Membawa kompor portable saat bepergian dengan cara masak-masak bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab, di sisi kompor terdapat tempat penyimpanan gas sebagai bahan bakarnya. 

Akan tetapi, tidak semua orang mengerti cara menggunakan kompor portable dengan benar. Misalnya, pemasangan gas butane yang tidak benar dapat menyebabkan kebocoran yang membahayakan.

Nah, bagi kamu yang baru menggunakan kompor portable, artikel ini akan memandu kamu bagaimana cara penggunaannya yang tepat. Berikut langkah-langkah cara menyalakan kompor portable dengan benar.

1. Siapkan Kompor dan Gas Portable

gas portable dengan kompor yang sudah dipasang
ilustrasi gas dan kompor portable (pixabay.com/detoxTh)

Kompor portable bisa didapatkan di toko alat masak ataupun supermarket. Biasanya, toko yang menjual kompor tersebut juga menjual gasnya.

Sebelum memasang pastikan kompor dan gas ada dalam kondisi baik dan tidak bocor. Pastikan pula kompor bersih dari sisa-sisa makanan ataupun minyak yang ada di permukaan kompor.

2. Letakan Kompor Portable di Ruangan terbuka

cara menggunakan kompor portable
ilustasi kompor portable (freepik.com/johnstocker)

Saat hendak menyalakan kompor portable, pastikan ruangan di sekitar aman dan tidak ada barang yang mudah terbakar. Angin yang terlalu kencang juga dapat menjadi hal buruk saat kompor dinyalakan. Hal ini dikarenakan angin akan menyababkan api cepat padam bahkan menyambar ke arah lain.

3. Pastikan Permukaan Kompor Stabil

ilustrasi permukaan kompor portable
ilustrasi permukaan kompor (freepik.com/jcomp)

Dalam proses menyalakan kompor portable, pastikan permukaan kompor ada di tempat yang datar dan stabil. Permukaan yang datar akan membuat kompor lebih cepat menyala. Di sisi lain, permukaan yang tidak stabil akan menyebabkan api pada kompor menyambar ke arah lain.  

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku, Bagus dan Harganya 

4. Buka Tempat Penyimpanan Gas Portable

cara menyalakan kompor portable
ilustrasi kompor portable (flickr.com/botley sell)

Langkah selanjutnya adalah membuka tempat penyimpanan gas portable . Tempat penyimpanan gas sendiri ada pada samping kanan kompor. Knop pembuka tempat gas berada di sebelah knop on atau off yang ada di permukaan tempat penyimpanan gas kompor portable. Setelah itu, bukalah katup tempat penyimpanan gas portable.

5. Pasang Gas Portable ke Dalam Kompor

cara memasang gas portable
ilustrasi gas yang sudah dipasang (commons.wikimedia.org)

Setelah tempat penyimpanan gas portable sudah dibuka. Langkah selanjutnya adalah dengan memasang gas sesuai dengan tempatnya. Dengan melepaskan penutup tabung gas portable secara perlahan, kemudian pasanglah gas ke dalam tempat gas yang berada di samping kompor.

Pastikan pemasangan dilakukan dengan cara yang tepat. Pastikan pula gas terpasang secara rapat di tempatnya. Pemasangan tabung dengan rapat akan meminimalis terjadinya kebocoran pada gas portable.

6. Tekan Knop Tempat Tabung Gas ke Posisi Lock

ilustrasi knop kompor
ilustrasi knop kompor (freepik.com)

Setelah pemasangan gas portable sudah benar, jangan lupa untuk menekan knop tabung yang berada di samping pemutar ke posisi lock atau ke bawah. Posisi lock pada tempat penyimpanan tabung gas akan membuat tempat penyimpanannya terkunci secara otomatis.

7. Pastikan Kompor Portable Sudah Mengeluarkan Api

ilustrasi kompor dengan api yang menyala
ilustrasi api menyala (freepik.com/wirestock)

Setelah semua langkah di atas dilakukan, menandakan bahwa kompor siap digunakan. Sebelum kompor digunakan, jangan lupa untuk memastikan kompor sudah bisa menyala.

Caranya, putarlah knop secara perlahan. Jika kompor sudah bisa menyala, siapkan bahan masakanmu dan kompor sudah siap untuk digunakan.

Bagaimana, cara menyalakan kompor portable mudah, kan? Mungkin bagi kamu yang baru pertama kali menggunakannya akan terlihat cukup sulit.

Beberapa permasalahan di awal biasanya karena tabung gas tidak tertutup rapat. Jadi, pastikan Sobat Yummy sudah melakukan langkah di atas dengan benar, ya. Jangan lupa juga untuk mengecek resep, tips, maupun rekomendasi lainnya di Yummy App!

Baca Juga: Cara Memasak Nasi Pulen dan Tipsnya, Ternyata Mudah Lho!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Shabu-Shabu Rumahan

Shabu-Shabu Rumahan

(5.0)

7 langkah

767

Artikel Lainnya di tips