15 Oleh-Oleh Khas Manado Paling Populer dan Terkenal

Ini jajaran kudapan khas Manado yang cocok untuk buah tangan

15 Oleh-Oleh Khas Manado Paling Populer dan Terkenal

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara, merupakan salah satu surganya kuliner Indonesia. Selain terkenal dengan makanan pedas hingga manis, Manado juga memiliki oleh-oleh khas yang lezat dan menggugah selera. Apa saja oleh-oleh khas Manado yang wajib Sobat Yummy coba? Mari jelajahi!

1. Klappertaart

Klappertaart

Klappertaart merupakan oleh-oleh khas Manado yang terkenal di seluruh Indonesia. Kue ini terbuat dari kelapa muda parut yang dicampur dengan susu kental manis, telur, gula, dan bahan lainnya. Rasanya yang manis dan legit membuat Klappertaart menjadi salah satu oleh-oleh favorit para wisatawan.

Selain itu, Klappertaart juga memiliki tekstur yang lembut dan aroma kelapa yang khas. Biasanya, kue ini dihidangkan dalam bentuk kotak kecil yang cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jangan lupa mencoba klappertaart saat berkunjung ke Manado!

2. Pala Manis

oleh-oleh khas Manado, manisan pala
manisan pala/Wikimedia Commons

Pala manis adalah manisan dari buah pala yang merupakan makanan khas Manado yang cocok untuk dijadikan buah tangan. Pala manis memiliki tekstur yang empuk, tetapi tetap renyah.Selain rasa manis, kudapan ini memiliki sedikit rasa pedas yang membuatnya semakin lezat.

Untuk mendapatkannya pun mudah, Sobat Yummy bisa membelinya di toko oleh-oleh mana pun di Manado. Harganya pun terjangkau, yakni sekitar Rp45.000 untuk satu bungkus besar.

3. Kacang Goyang

kacang goyang oleh oleh khas palu
ilustrasi kacang goyang (instagram.com/frisca2227)

Kacang goyang adalah oleh-oleh khas Manado yang menarik untuk dijadikan buah tangan. Kacang ini memiliki tekstur yang unik dan warna yang nyentrik, yakni merah muda, kuning, hijau, dan putih.

Rasa kacang yang gurih disalut dengan gula yang manis menjadikan kudapan ini memiliki rasa unik. Mulai dari Rp10.000, kamu bisa membawa kacang goyang untuk oleh-oleh.

4. Dodol Kenari

4. Dodol Kenari
www.instagram.com/chandralikke

Dodol kenari atau dodol amurang adalah oleh-oleh khas Manado yang mennyerupai dodol atau jenang di Jawa. Dodol kenari dibuat dari beras ketan yang dihaluskan, gula aren, dan minyak kelapa murni.

Dodol ini menjadi pilihan tepat sebagai oleh-oleh jika ke Manado karena mudah ditemukan, apalagi jika kamu berkunjung ke daerah Amurang yang merupakan sentra produsen dodol kenari.

5. Cakalang Fufu

5. Cakalang Fufu
app.yummy.co.id

Cakalang fufu adalah salah satu makanan olahan ikan khas Manado yang populer. Ikan cakalang yang diasap atau dikeringkan, kemudian digoreng dengan minyak. Rasanya yang gurih dan cita rasa asap membuat cakalang fufu menjadi hidangan yang nikmat.

Biasanya, cakalang fufu disajikan sebagai lauk pauk dengan nasi dan sambal. Bagi Sobat Yummy pecinta seafood dan cita rasa asap, jangan lewatkan cakalang fufu saat berkunjung ke Manado!

6. Saraba

Oleh-oleh minuman saraba khas Sulawesi Selatan
ilustrasi minuman instan saraba (youtube.com/henkhadizsink)

Sudah membahas berbagai kudapan khas Manado yang bisa dijadikan oleh-oleh, saatnya membahas saraba. Saraba adalah minuman tradisional Sulawesi yang berisi sari jahe, rempah, dan susu.

Minuman ini mampu menghangatkan tubuh dan cocok dijadikan oleh-oleh. Oleh-oleh khas Manado ini bisa kamu beli dalam bentuk serbuk instan.

7. Pisang Epe

pisang epe makanan khas sulawesi selatan
ilustrasi pisang epe (flickr.com/Said Toni)

Pisang epe adalah salah satu jajanan khas Manado yang wajib dicoba. Jajanan ini terbuat dari pisang kepok yang dipanggang dan kemudian ditumbuk dengan batu lesung. Setelah itu, pisang epe diberi topping berupa parutan kelapa yang dicampur dengan kelapa muda yang belum matang dan siraman saus gula merah.

Rasa manis, lembut, dan gurih dari pisang epe membuatnya menjadi jajanan yang digemari oleh banyak orang. Jika Sobat Yummy ingin mencoba jajanan tradisional Manado yang unik, jangan lewatkan pisang epe!

8. Bobengka Manado

Bobengka Manado adalah kue oleh-oleh khas Manado yang terbuat dari terigu, kelapa parut yang dicampur dengan gula. Bobengka Manado memiliki tekstur yang legit dan rasanya yang manis.

Oleh-oleh ini erat kaitannya dengan bangsa Portugis. Namun, dengan sentuhan tradisional, bobengka menjadi makanan khas Manado yang bisa kamu jadikan buah tangan utnuk teman tau keluarga.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Terkenal, Unik dan Enak

9. Sambal Roa

sambal roa khas Manado
ilustrasi sambal roa khas Manado (dok. Yummy Official)

Sambal Roa, sambal khas Manado yang terbuat dari ikan roa, adalah oleh-oleh yang sempurna bagi pecinta pedas. Sambal ini cocok untuk menemani berbagai jenis makanan dan memberikan sensasi rasa yang unik.

10. Panada

panada, oleh-oleh khas Manado
Panada/Wikimedia Commons

Panada adalah makanan ringan khas Manado yang mirip dengan pastel. Kue ini disebut-sebut memiliki pengaruh dari makanan Portugis karena bentuknya.

Isinya biasanya terbuat dari ikan cakalang atau tuna yang dicampur dengan bumbu. Selain dijadikan oleh-oleh dari Manado, panada cocok untuk dijadikan teman perjalanan Sobat Yummy.

11. Bagea Kenari

Bagea kenari adalah kue kering tradisional khas Manado. Kue ini terbuat dari tepung sagu dan kenari, memberikan rasa yang gurih dan tekstur yang sangat renyah.

Kudapan ini bisanya dijadikan teman untuk minum teh atau kopi. Karena keras dan renyah, menyantap bagea kenari akan lebih nikmat bila dicelupkan dulu ke teh atau kopi.

12. Pia Amurang

Pia amurang adalah oleh-oleh khas Manado yang merupakan akulturasi budaya Manado dan Tiongjoa. Kue ini memiliki isian kacang hijau lembut-manis dan kulit luar yang garing-gurih.

Kue ini kering, sehingga awet di suhu ruang sampai 3 bulan lamanya dan cocok sebagai buah tangan. Sobat Yummy bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh.

13. Kacang Garing

Kacang garing adalah camilan khas Manado yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng kering. Camilan ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, cocok untuk teman minum teh atau kopi.

14. Dodol Rumput Laut

Oleh karena lokasi yang dekat dengan laut, banyak olahan rumput laut yang salah satunya bisa jadi oleh-oleh. Dodol rumput laut adalah salah satu di antaranya.

Dodol rumput laut adalah oleh-oleh unik dari Manado. Dodol ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal, menjadikannya camilan yang berbeda dari yang lain.

15. Sambal Cakalang

Selain sambal roa, Manado juga dikenal dengan sambal cakalangnya. Rasa yang pedas dan smoky dari cakalang asap membuat sambal ini begitu lezat bila disantap bersama nasi hangat.

Oleh karena itu, kamu juga bisa membawa pulang sambal cakalang sebagai oleh-oleh khas Manado. Sobat Yummy bisa menemukan dengan mudah dalam bentuk kemasan botol di berbagai toko oleh-oelh.

Itulah 15 oleh-oleh khas Manado yang lezat dan menggugah selera. Kamu bisa membawa pulang berbagai kue kering tradisional yang manis dan legit, sampai macam-macam sambal ikan yang pedas menggigit. Selamat mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas Manado!

Baca Juga: 11 Oleh-oleh Khas Medan Paling Populer, Camilan hingga Suvenir

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lina Dwi S

Lina Dwi S

Bola Nasi Cakalang Fufu

Bola Nasi Cakalang Fufu

(5.0)

6 langkah

182

Artikel Lainnya di kuliner