Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Yummy IDN Tuan Rumah Kolaborasi HCI, Sour Sally, dan Kemenparekraf.

Ekspansi merek global Indonesia 

Yummy IDN Tuan Rumah Kolaborasi HCI, Sour Sally, dan Kemenparekraf.

Jakarta, 12 Maret 2025 – Yummy IDN dengan bangga menjadi tuan rumah acara "INDONESIA GO GLOBAL" yang digelar di The Plaza, IDN HQ, Jakarta. Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara HIPMI Culinary Indonesia (HCI), Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf), serta merek F&B lokal terkemuka. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mendorong ekspansi merek kuliner Indonesia ke pasar internasional serta menarik minat investor global guna mendukung pertumbuhan industri Food & Beverage (F&B) nasional.

Sebagai bagian dari inisiatif nasional, acara ini menandai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara HCI, Kemenparekraf, dan PT Merek Lokal Mendunia dalam mendukung program IP LOCAL Go Global. Program ini bertujuan untuk memperkuat daya saing merek lokal, memfasilitasi ekspansi global, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional melalui industri F&B.

Sour Sally menjadi salah satu contoh nyata keberhasilan merek lokal yang berhasil menembus pasar internasional. Pada kesempatan ini, Founder Sour Sally, Donny Pramono, mengumumkan bahwa brand yang telah sukses di Indonesia ini kini resmi menandatangani Master Franchise Agreement dengan mitra dari Filipina. Kesepakatan ini mencakup rencana pembukaan 48 outlet di Filipina dalam lima tahun ke depan, melanjutkan strategi ekspansi yang sebelumnya telah dimulai di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

Acara "INDONESIA GO GLOBAL" memberikan panggung bagi Sour Sally untuk menegaskan posisinya sebagai brand lokal yang mampu bersaing secara global. Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, yang turut hadir dalam acara ini menyatakan dukungannya terhadap langkah ekspansi ini dan menekankan bahwa “Kesuksesan Sour Sally adalah bukti nyata bahwa merek Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar internasional, semoga ini menjadi acuan untuk merek lokal lainnya bisa mendunia, dan pastinya pemerintah akan melakukan dukungan antara lain langkah pertama pemerintah akan memberikan dukungan, langkah kedua bagaimana kebijakannya bisa lebih berpihak, ketiga juga bagaimana bisa mengorkestrasi untuk berkolaborasi dengan para stakeholder, media, pengusaha, dan para pihak-pihak lain” ujar Menteri Ekonomi Kreatif. 

Sebagai platform media kuliner terkemuka, Yummy IDN memainkan peran strategis dalam menyelenggarakan acara ini. Dengan menyediakan ruang diskusi bagi pelaku industri F&B, Yummy IDN memfasilitasi berbagi wawasan, strategi ekspansi, dan pengalaman sukses dalam menembus pasar global. 

Ketua Umum HIPMI Culinary Indonesia, Cikhita Virginia, menegaskan bahwa kolaborasi erat antara pemerintah, pengusaha, dan investor menjadi kunci sukses ekspansi global merek lokal. “Saya berharap merek lokal yang sudah menjadi pahlawan di Indonesia dapat berani bersaing di kancah global, sehingga pada akhirnya kita bisa mengibarkan merek anak negeri di panggung dunia,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri oleh berbagai pemimpin industri, termasuk Akbar Himawan Buchari (Ketua Umum BPP HIPMI), dan William Lee (Managing Director PT Merek Lokal Mendunia), Berlianto Wibowo (Head of NIA Trade Finance Financing), Yuke Sri Rahayu (Deputi Bidang Kreativitas dan Desain), Muhammad Aqil Irham (Sekretaris Utama BPJPH) Dengan keterlibatan para pemangku kepentingan utama, diharapkan "INDONESIA GO GLOBAL" dapat menciptakan ekosistem bisnis yang lebih kuat guna mendukung ekspansi global merek F&B Indonesia.

Melalui kolaborasi strategis ini, "INDONESIA GO GLOBAL" tidak hanya berfokus pada ekspor dan investasi, tetapi juga memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin global dalam industri halal, yang memiliki nilai pasar mencapai $19 triliun.

Bagikan: