Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

6 Kreasi Tumpeng 17 Agustus untuk Lomba yang Kreatif!

Buat tumpeng jadi makin cantik di hari kemerdekaan

Tumpeng sudah menjadi makanan khas yang selalu ada di setiap perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Tumpeng memang merupakan makanan tradisional yang biasa dibuat untuk merayakan banyak momen-momen penting di Indonesia.

Pembuatan tumpeng saat peringatan Hari Kemerdekaan menjadi lambang syukur karena Indonesia sudah berjuang keras untuk mendapatkan gelar negara yang merdeka dari penjajahan.

Biasanya pembuatan tumpeng juga dijadikan ajang perlombaan oleh banyak orang. Kreasi tumpeng 17 Agustus yang paling menarik dan meriah akan dipilih menjadi pemenang lomba.

Untuk itu, Sobat Yummy harus bisa nih bikin kreasi tumpeng yang bagus untuk ikut lomba pada 17 Agustus mendatang. Sini Yummy App bantu supaya kamu gak pusing!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Tumpeng dengan Kreasi Bunga

ilustrasi tumpeng kreasi bunga (instagram.com/tumpeng25rb)

Setiap tahunnya, tumpeng selalu memiliki aneka kreasi yang terbaru agar tidak terlihat membosankan. Jika dahulu kamu mengkreasikan tumpeng dengan sayuran yang disusun dengan rapi saja, kini kamu bisa coba untuk kreasikan sayuran tersebut menjadi bentuk yang lebih unik dan menarik seperti bunga.

Dengan sayuran berbentuk bunga, tampilan tumpeng yang biasa akan terlihat jadi tumpeng yang cantik. Bahkan mungkin kamu jadi merasa enggan untuk memotong tumpeng karena terlalu sayang jika karya yang sudah dibuat harus dihancurkan.

Kamu bisa belajar mulai dari sekarang untuk membentuk sayuran menjadi bunga, supaya nanti kamu bisa membuatnya dengan sempurna!

2. Tumpeng dengan Artificial Flower

ilustrasi tumpeng artificial flower (instagram.com/ayambaraya)

Jika kamu kesulitan untuk membuat kreasi bunga dari sayuran, kamu juga bisa kreasikan tumpeng dengan memberikan sentuhan artificial flower atau bunga plastik untuk menghias tumpeng. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna tumpeng yang kuning agar tumpeng terlihat semakin cantik.

Kamu bisa meletakkan bunga di beberapa spot pada nasi tumpeng, yang tidak menghalangi hiasan lainnya. Dengan begitu tumpeng yang kamu buat terasa menyegarkan dengan warna bunga yang terang.

Baca Juga: Filosofi Nasi Tumpeng dan Sejarahnya yang Harus Diketahui

3. Tumpeng Berundak

ilustrasi tumpeng berundak (instagram.com/queens.fnb)

Biasanya tumpeng dibuat dari hasil cetakan yang berbentuk kerucut saja. Namun, bentuk tumpeng seperti itu sudah sedikit ketinggalan zaman, ya, Sobat Yummy.

Saat ini kamu bisa kreasikan bentuk tumpeng menjadi berundak, agar terlihat berbeda dari biasanya. Kamu bisa mencetak bagian bawah dengan loyang yang berbentuk lingkaran besar, diikuti dengan cetakan lingkaran yang lebih kecil, lalu baru kamu bisa mencetak bagian atas dengan bentuk kerucut. Setelah itu, tambahkan hiasan-hiasan menggunakan sayuran, ayam, daging dan makanan lainnya.

4. Tumpeng dengan Hiasan Telur

tumpeng dengan hiasan telur (instagram.com/thishilmyalif)

Tak hanya jadi pelengkap makanan pada tumpeng, telur puyuh bisa juga dimanfaatkan untuk dijadikan hiasan yang menarik pada tumpeng. Dengan membuat tumpeng berundak terlebih dahulu, lalu kamu bisa menggunakan tusukan gigi untuk membuat telur terlihat mengambang di bagian atas tumpeng.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan cangkang buah naga yang sudah dicuci terlebih dahulu untuk dijadikan tempat menaruh sambal. Tumpeng terlihat sangat cantik, bukan?

5. Tumpeng Mini

ilustrasi tumpeng mini (instagram.com/dapursoniactering)

Membuat tumpeng tidak harus selalu dengan bentuk yang besar, loh. Kamu boleh membuat tumpeng dengan ukuran mini yang justru membuat tumpeng terlihat imut dan menarik.

Tumpeng mini tersebut bisa disajikan dengan keranjang bambu yang disesuaikan dengan ukuran tumpeng. Kamu tentunya memerlukan cetakan nasi yang lebih kecil untuk membentuk tumpeng mini.

6. Tumpeng dengan Pita

ilustrasu tumpeng dengan pita (instagram.com/inaiskandar_richcenter)

Membuat kreasi pada tumpeng sebenarnya tidak memiliki batasan, selagi tidak menghilangkan tampilan dari tumpeng yang asli. Kamu dapat kreasikan tumpeng dengan menambahkan pita sebagai pemanis di setiap undakan tumpeng.

Pita ini tentu hanya panjangan yang tidak bisa dimakan, ya. Jadi jangan lupa untuk memisahkan pita ketika tumpeng hendak dipotong. Pilihlah warna pita yang cocok dengan warna kuning dari tumpeng.

Itu dia 6 kreasi tumpeng 17 Agustus yang bisa kamu coba buat untuk ikut serta dalam lomba di hari kemerdekaan. Jangan lupa untuk belajar untuk kreasikan tumpeng dari sekarang, ya!

Baca Juga: KURASI CEPET "Kreasi Resep Cemilan untuk Temani Aktivitas Anak"

Bagikan: