Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

15 Makanan Khas Padang yang Enak dan Wajib Dicoba!

Sudah pernah coba beragam makanan khas Padang?

Makanan khas Padang memang sudah dikenal dengan cita rasanya yang sangat menggiurkan.

Bukan hanya terkenal di daerah Sumatera Barat saja, makanan khas Padang sudah dikenal hingga ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, salah satu makanannya sudah diakui oleh dunia kelezatannya. Sungguh membawa kebanggaan untuk negeri kita, kan?

Sekarang Sobat Yummy harus siap-siap, karena Yummy App akan buat kalian ngiler dengan melihat daftar makanan khas Padang yang pastinya enak-enak banget!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Rendang

ilustrasi daging rendang sapi (instagram.com/bukuresep_ajaib)

Rendang pasti merupakan makanan khas Padang yang sudah sangat kamu kenal dengan baik, ya, Sobat Yummy. Makanan yang biasa disajikan bersama nasi hangat dan diberi sebutan nasi padang ini sangat banyak penggemarnya karena memang rasanya yang lezat bukan main.

Nah, kalau kamu ke Padang wajib sekali untuk coba rendang secara eksklusif di Kota Padang. Rasanya pasti akan berbeda dengan makan nasi padang yang biasa kamu nikmati.

2. Sate Padang

ilustrasi cara penyajian sate padang (flickr.com/Sabjan Badio)

Sate Padang sebenarnya memiliki bahan utama yang sama dengan sate Madura yang menggunakan daging sapi, kikil, ataupun jeroan.

Pembeda sate padang dengan sate madura ada pada penggunaan bahan untuk pembuatan bumbunya. Bumbu sate padang menggunakan banyak rempah-rempah seperti serai, bawang merah, kunyit, yang membuat rasanya lebih kuat dan sedap.

Warna bumbu sate padang ada yang kemerahan dan ada juga yang berwarna kuning.

3. Kalio Dagiang

ilustrasi kalio dagiang (instagram.com/resep_endull)

Kalio dagiang merupakan makanan khas Padang yang memiliki cukup kemiripan dengan rendang. Tetapi kalio daging memiliki bumbu atau kuah yang berwarna cokelat terang, sedangkan rendang berwarna cokelat pekat.

Bahan utama makanan yang satu ini bisa meliputi daging, kikil, dan semua bagian dari sapi yang bisa dimasak. Waktu memasaknya cukup lama, karena harus menghasilkan tekstur daging dan bumbu yang lembut.

4. Ayam Goreng Laos

ilustrasi ayam goreng laos (instagram.com/dapurqueen)

Walaupun namanya ayam goreng laos, tapi ayam ini berasal dari Padang, ya. Ayam goreng laos ini memiliki rasa yang gurih dan khas bumbu Padang.

Biasanya sisa-sisa bumbu ayam goreng laos ikut digoreng, jadi terlihat banyak remahan saat disajikan. Remahan tersebut menambah cita rasa dari ayam goreng tersebut.

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Padang Terpopuler, Wajib Dibeli!

5. Cancang

ilustrasi cancang (instagram.com/renoandamsuri)

Makanan khas Padang tidak hanya berbahan dasar daging sapi saja, kok, ada juga cancang yang dibuat dari daging kambing.

Bumbu cancang terbuat dari santan kelapa dengan campuran cabai rawit dan cabai merah yang sudah digiling terlebih dahulu. Cancang sangat cocok untuk kamu yang suka dengan rasa pedas.

6. Gulai Banak

ilustrasi gulai banak (instagram.com/sategal_lamb)

Gulai banak merupakan makanan khas Padang yang terbuat dari otak sapi. Otak sapi dikatakan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, jadi kamu gak perlu takut untuk memakannya.

Meskipun awalnya kamu mungkin akan merasa asing memakan otak sapi, namun teksturnya yang lembut dan kuah gulainya yang gurih pasti akan membuat kamu ketagihan.

7. Soto Padang

ilustrasi soto padang (instagram.com/thegoodscafe)

Soto padang menjadi salah satu makanan yang cukup populer di daerah Sumatera Barat. Isi dari soto padang terdiri dari daging yang sudah digoreng terlebih dahulu, kentang, dan juga bihun.

Kuah dari soto padang terbuat dari kaldu sapi murni. Sehingga terasa lebih sedap dan segar jika dimakan siang hari ketika cuaca sedang panas.

8. Nasi Kapau

ilustrasi nasi kapau (instagram.com/nasikapaupaknin)

Nasi kapau merupakan makanan yang berbahan dasar dari nangka muda. Biasanya bumbu nasi kapau dibuat dari kunyit, sehingga terlihat berwarna kuning.

Penyajian nasi kapau sering kali berdampingan dengan daging sapi, telur, dan juga ikan sebagai lauknya.

9. Dendeng Balado

ilustrasi dendeng balado (instagram.com/dendeng_sarinikmat)

Makanan khas Padang lainnya yang wajib kamu coba terutama bagi para penggemar pedas adalah dendeng balado.

Dendeng sendiri merupakan daging sapi yang sudah melalui proses pengeringan dan pengawetan terlebih dahulu. Rasanya tentu sangat lezat dan biasanya disandingkan dengan nasi hangat.

Baca Juga: 15 Menu Masakan Padang yang Menggugah Selera

10. Ikan Asam Padeh

ilustrasi ikan asam padeh (instagram.com/bangreiichannel)

Jika dari tadi kita banyak membahas makanan yang terbuat dari daging sapi, sekarang waktunya beralih ke makanan yang terbuat dari ikan.

Kamu wajib banget coba ikan asam padeh karena mempunyai rasa asam dan pedas yang mampu menggoyang lidah kamu. Ikan yang digunakan bermacam-macam, dari mulai ikan kembung, ikan tongkol, hingga ikan gurame.

11. Sala Lauak

ilustrasi sala lauak (instagram.com/bundaatha_resep.smartmommies)

Sala lauak adalah makanan khas Padang berupa cemilan yang terbuat dari ikan laut dan dicampur dengan tepung terigu. Rasanya gurih dan nikmat, dan mungkin bisa kamu sandingkan dengan nasi putih hangat ketika menikmati sala lauak.

12. Lamang

ilustrasi lamang (instagram.com/hartatiyunie)

Kudapan selanjutnya yang juga terkenal di Padang adalah lamang yang berbahan dasar dari kentan yang diolah dan disajikan bersama dengan santan. Ketan tersebut dibungkus dan dibakar terlebih dahulu sebelum disantap.

13. Bika Talago

ilustrasi bika talago (instagram.com/infosumbar)

Bika talago juga jadi salah satu cemilan khas Padang yang mempunyai rasa gurih dan manis. Bika talago sendiri terbuat dari tepung beras, gula merah, dan dicampur dengan kelapa parut.

14. Ayam Pop

ilustrasi ayam pop (instagram.com/vness.gracia)

Ayam pop merupakan sajian makanan ayam yang berwarna putih pucat walaupun sudah digoreng. Cukup unik, ya?

Hal tersebut bisa terjadi, karena pengolahan awal sebelum ayam digoreng. Biasanya ayam sudah melalui proses pengolahan menggunakan air kelapa dan bawang putih.

15. Kalio Jariang

ilustrasi kalio jariang (instagram.com/andemandefoods)

Ternyata jengkol juga menjadi makanan yang diolah sedemikian rupa sampai rasanya semakin lezat. Jengkol akan dipipihkan terlebih dahulu, lalu dicampur dengan bumbu gulai khas Padang yang menggiurkan. Kamu bisa menikmatinya bersama dengan lontong ataupun nasi hangat.

Semua makanan khas Padang yang sudah Yummy App coba sebutkan satu per satu terlihat enak semua, kan? Jangan sampai lupa untuk membeli makanan tersebut saat berpergian ke Padang, ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Cafe di Padang yang Cozy dan Hits

Bagikan: