Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

8 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Kekinian dan Wajib Dibawa Pulang

Salah satunya ada yang masuk nominasi jajanan terpopuler!

Jika Sobat Yummy berpelisir ke Pekanbaru, Riau, rasanya kurang pas jika tidak serta membawa pulang oleh-oleh khas kota tersebut. Sudah tahu belum? Selain tempat wisata, Pekanbaru ternyata menyimpan banyak sekali kuliner enak yang cocok dijadikan oleh-oleh, lho!

Mulai dari yang manis hingga gurih bisa kamu temukan. Kali ini Yummy App kasih Sobat Yummy referensi oleh-oleh khas Pekanbaru yang bisa kamu bawa. Unik dan lezat, yuk, langsung saja ke daftarnya!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Bolu kemojo

Oleh-oleh satu ini tidak boleh dilewatkan jika kamu sedang berkunjung di Pekanbaru. Bolu kemojo selalu menjadi favorit para pelancong untuk dijadikan oleh-oleh.

Kudapan manis satu ini merupakan kue basah yang terbuat dari campuran tepung, gula, dan daun suji atau pandan. Bolu kemojo sangat umum dibentuk ada cetakan bunga. Bentuknya cantik, dengan aroma yang sangat wangi, dan rasa manisnya legit. Bolu kemojo cocok banget dibawa pulang.

2. Roti siak

ilustrasi roti siak (instagram.com/ziesobri)

Roti siak khas Pekanbaru mirip dengan roti begelan. Garing, renyah, gurih dan manis, cocok banget untuk teman minum kopi.

Oleh-oleh satu ini berupa roti kering, sehingga awet lebih lama jika kamu berencana untuk membawanya pulang ke kota asal. Roti siak tersedia dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, mentega, dan lain sebagainya.

3. Keripik nanas

Kuliner oleh-oleh khas Pekanbaru satu ini sangat unik. Berupa keripik yang terbuat dari buah tropis, nanas. Nanas Pekanbaru terkenal memiliki ukuran yang besar, dan rasanya yang manis.

Keripik satu ini perpaduan rasa manis dan asam, dengan tekstur renyah yang nikmat, bikin nagih. Jika kamu penasaran dengan rasanya, keripik nanas mudah ditemukan diberbagai toko oleh-oleh Pekanbaru.

4. Kue bangkit

ilustrasi kue bangkit (instagram.com/na.icha.8877)

Namanya yang unik, kue bangkit sudah menjadi oleh-oleh terkenal dan selalu masuk daftar yang harus dibeli oleh para pelancong di Pekanbaru. Kue kering satu ini terbuat dari sagu, yang memiliki tekstur renyah, tapi lumer dimulut.

Diberi nama kue bangkit, dikarenakan kue satu ini akan mengembang dua kali lipat saat dipanggang, jadi seperti istilah bangkit. Rasanya manis karena terdapat campuran gula merah. Sangat pas jika dimakan dengan dicelupkan pada teh hangat.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

5. Kacang pukul

Penggemar kacang mungkin harus banget beli oleh-oleh satu ini. Rasanya gurih dan manis, mirip jajanan ting-ting. Kudapan satu ini terbuat dari kacang dan gula. Diberi nama kacang pukul, karena pembuatannya memang dipukul hingga tercampur rata.

6. Peyek jangkrik

ilustrasi peyek jangkrik (instagram.com/megarasapekanbaru)

Setelah kudapan manis, selanjutnya beralih ke oleh-oleh khas Pekanbaru yang ekstrem. Jika peyek teri atau kacang sudah biasa. Mungkin kamu harus mencoba peyek jangkrik satu ini. Meskipun terdengar mengerikan, nyatanya oleh-oleh satu ini juga banyak diburu.

Jangkrik memiliki rasa yang gurih dan dipadukan dengan tepung peyek yang renyah. Tidak perlu takut, kamu harus tahu, jangkrik dapat menjadi sumber protein, hingga serat yang baik bagi tubuh, lho! Meskipun unik, tapi memiliki manfaat yang bagus.

7. Talam durian

Rekomendasi satu ini untuk kamu yang suka banget durian. Talam durian memiliki cita rasa gurih dan manis legit khas durian. Kelezatannya menjadi favorit banyak masyarakat di dalam maupun di luar Pekanbaru.

Bahkan, karena kelezatannya, talam durian masuk dalam daftar nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019, menjadi jajanan tradisional terpopuler. Buruan coba, deh! Dan buktikan sendiri selezat apa talam durian hingga masuk nominasi beken tersebut.

8. Lopek bugi

ilustrasi lopek bugi (instagram.com/makanwak)

Sobat Yummy harus tahu, nih. Lopek bugi yang merupakan kuliner khas Pekanbaru, ternyata dulunya makanan ningrat yang hanya dihidangkan untuk kaum bangsawan, lho! Kini lopek bugi digemari oleh segala kalangan.

Lopek bugi terbuat dari tepung beras ketan yang dibungkus daun pisang dan dikukus hingga bertekstur lembut. Jajanan ini memiliki isian gula merah ataupun parutan kelapa. Rasanya yang manis dan khas selalu menjadi favorit.

Itulah beberapa referensi oleh-oleh khas Pekanbaru yang bisa kamu bawa pulang. Cocok banget untuk temenin kamu saat berkumpul keluarga sambil ngeteh cantik!

Baca Juga: ​15 Oleh-oleh Khas Bandung yang Hits dan Kekinian 

Bagikan: