Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

8 Oleh-oleh Tasikmalaya yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang!

Dari cita rasa manis hingga ke gurih lengkap!

Tasikmalaya, Jawa Barat, terkenal sebagai Kota Batik. Hal ini karena Kota Tasik merupakan pusat produksi batik. Selain batik, Tasikmalaya juga memiliki sejumlah kuliner menarik dan lezat yang cocok dijadikan buah tangan, lho! Tidak afdal rasanya jika berkunjunga ke Kota Tasik, tapi tidak berburu oleh-oleh Tasikmalaya.

Eits, jangan bingung untuk daftar oleh-olehnya, kali ini Yummy App mengulas sejumlah oleh-oleh Tasikmalaya yang populer dan lezat, wajib dibawa pulang. Mau tahu lebih detailnya? Yuk, langsung saja ke daftarnya!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Ladu ketan

Oleh-oleh khas Tasikmalaya ini cukup populer. Sehingga rasanya kurang afdal jika tidak membawa pulang kuliner satu ini ke kampung halaman. Dilansir dari laman Kemdikbud, kuliner khas Tasikmalaya ini juga memiliki produksi yang meningkat saat Hari Raya Idul Fitri dan cukup populer juga di kalangan wisatawan.

Ladu ketan terbuat dari ketan hitam ataupun ketan putih, memiliki rasa legit manis dan gurih. Teksturnya pun kenyal dan cukup empuk, sehingga cocok untuk anak-anak ataupun orang tua. Ketahanan ladu ketan pun cukup lama, yakni 4–7 hari setelah produksi.

2. Kolontong

ilustrasi kolontong (tokopedia.com)

Masih jajanan yang terbuat dari ketan, kolontong disebut sebagai kue khasnya Tasikmlaya. Pembuatan jajanan tradisional ini dari tepung ketan beras yang dicampur dengan gula aren. Kemudian di bentuk seukuran dengan ibu jari.

Kolontong memiliki cita rasa manis yang lumer di mulut dan sangat cocok untuk teman minum kopi. Cobain, deh. Pasti ketagihan.

3. Godeblag

Camilan ringan asin gurih yang terbuat dari singkong parut khas Tasik, godeblag juga tak luput dari incaran pelancong. Godeblag biasanya hadir dengan campuran bumbu khas yang menambah enak, tapi ada juga godeblag ori.

Camilan ringan ini seru jika dimakan saat kamu menikmati tehmu sambil nonton film. Sobat Yummy bisa menemukan godeblag sangat mudah di Tasikmalaya, karena keripik ini sangat digemari oleh warga lokal daerah tersebut.

4. Kalua jeruk

ilustrasi kalua jeruk (tokopedia.com)

Kudapan unik terbuat dari kulit jeruk. Kalua jeruk juga masuk dalam daftar kuliner khas Tasikmalaya. Kudapan manis ini terbuat dari kulit jeruk yang direndam dengan kapur sirih, dan direbus dengan air gula. Setelah itu diberi pewarna yang cantik dan berbagai perisa, seperti jeruk, durian, serta stroberi. Kemudian kalua jeruk dicetak dan dikeringkan.

Warna yang menarik dan cita rasa unik, membuat kalua jeruk selalu jadi rebutan pelancong Tasikmalaya untuk dijadikan oleh-oleh. Sobat Yummy juga harus coba, ya!

Baca Juga: 8 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Kekinian dan Wajib Dibawa Pulang

5. Keripik sukun

Setelah dari godeblag singkong, Tasikmalaya juga punya keripik yang dari sukun. Keripik satu ini memiliki cita rasa manis gurih asin, tekstur tipis yang garing. Cocok banget teman minum teh atau camilan nonton bareng keluarga. Rasa nikmat dengan harga terjangkau, udah gitu tahan lama juga, pas banget untuk buah tangan dari Tasikmalaya.

6. Citruk

ilustrasi citruk (tokopedia.com)

Masih di camilan berupa keripik khas Tasikmalaya. Citruk singkatan dari aci ngagatruk, merupakan camilan renyah dan garing yang terbuat dari aci.

Kata ngagatruk sendiri merujuk pada suara nyaring pada saat citruk dikunyah. Citruk juga hadir dengan varian rasa bumbu yang lezat, seperti pedas, asin, hingga original.

7. Noga kacang

Meskipun jajanan jadul, noga kacang masih tetapi menjadi favorit banyak masyarakat. Noga kacang tercatat pertama kali hadir di tahun 1982. Jajanan ini selalu dicari untuk dijadikan buah tangan dari Tasikmalaya.

Noga kacang juga tahan lama terhadap busuk walau tak menggunakan pengawet. Cita rasa yang manis gurih dan renyah, sangat cocok dimakan bersamaan dengan minum kopi.

8. Sambal goang

ilustrasi sambal goang (foodpicbandung)

Pecinta sambal merapat, deh! Selain kudapan enak, Tasikmalaya juga punya sambal yang lezat, lho! Namanya sambal goang.

Sambal ini terbuat dari campuran cabai, bawang, dan kencur dengan di ulek kasar, memiliki rasa medok dan pedas yang nendang. Nikmat disantap dengan aneka lauk, seperti ayam goreng, ikan bakar, pepes ataupun tutug oncom.

Saat di Tasikmalaya, Sobat Yummy wajib banget bawa pulang sambal lezat satu ini!

Dari daftar oleh-oleh Tasikmalaya di atas, yang mana favorit kamu? Manis hingga ke gurih lengkap ada. Jika ke Tasikmalaya cobain semua oleh-oleh populer rekomendasi Yummy App ini, ya!

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Padang Terpopuler, Wajib Dibeli!

Bagikan: