Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Kenali Perbedaan Kopitiam dengan Kedai Kopi Masa Kini

Kopitiam dan kedai kopi punya banyak perbedaan

Dewasa ini, kedai kopi semakin marak dan banyak dicari oleh kaum muda mudi untuk sekedar berbincang dengan teman sambil menikmati kopi. Kedai kopi yang sekarang, sudah mengalami banyak perkembangan, karena tempatnya yang dihias sedemikian rupa agar bisa menarik para konsumen untuk berkunjung.

Tapi apakah kamu tahu tentang kopitiam? Kopitiam sudah ada lebih dulu jika dibandingkan dengan kedai kopi yang sekarang banyak dikunjungi kaum muda seperti kamu Sobat Yummy. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu kopitiam, kamu bisa simak ulasannya pada artikel Yummy App kali ini!

Mengenal Kopitam

Bagi kamu penggemar hal-hal yang terlihat vintage ataupun retro, maka kamu harus banget tahu tentang kopitiam. Kopitiam adalah kedai kopi yang bernuansa tradisional dan masih dipengaruhi oleh budaya melayu.

Kopitiam sangat cocok untuk didatangi bersama orang tua maupun keluarga, karena suasananya yang damai akan sangat disukai keluarga. Tapi sebelum membawa keluarga untuk pergi ke kopitiam, pelajari dulu sejarah kopitiam yang harus diketahui.

Sejarah Kopitiam

Kopitiam memiliki sejarah yang panjang dan sudah ada dari abad ke-18. Sebutan kopitiam berasal dari bahasa Melayu di mana ‘kopi’ berarti kopi, dan 'tiam' dari bahasa Hokkien yang berarti toko atau kedai. Kopitiam dulu ada di negara Malaysia, lalu meluas ke Singapura, dan ditemukan juga di Indonesia. Semakin majunya zaman, kopitiam juga kini sudah ada banyak di berbagai negara dengan konsep tradisionalnya.

Menu kopitiam selalu identik dan tidak pernah lepas dari kwetiau, roti panggang, hingga nasi lemak khas Malaysia. Itu merupakan sejarah singkat dari kopitiam yang perlu kamu ketahui. Sekarang waktunya mengetahui perbedaan antara kopitiam dengan kedai kopi modern.

Baca Juga: 9 Jenis Kopi Terpopuler yang Wajib Kamu Cicipi, Khas Semua!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Perbedaan Kopitiam dengan Kedai Kopi

ilustrasi kopitiam (pexels.com/Afta Putta Gunawan)

1. Barista

Setiap kedai kopi pasti memiliki pembuat kopi atau yang lebih dikenal dengan sebutan barista. Biasanya pada kedai kopi modern, barista ini merupakan seseorang yang sudah terlatih bahkan bersertifikat dalam membuat kopi. Pastinya barista di kedai kopi modern sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Sedangkan pada kopitiam, pembuat kopinya adalah pemilik dari kedai kopi tersebut yang sudah secara turun temurun dan terlatih dalam pembuatan kopi tradisional.

2. Suasana kedai

Berbeda dengan kedai kopi modern pada zaman sekarang, kopitiam memiliki konsep kedai tradisional yang mempunyai tampilan Melayu, China, hingga Tionghoa. Suasana yang dihadirkan dalam kopitiam sangat tenang dan nyaman, seperti berada di rumah nenek. Sedangkan kedai kopi saat ini lebih banyak menggunakan konsep ala industrialis hingga kedai kopi ala Korea.

3. Peralatan

Kopitiam menggunakan alat pembuat kopi yang juga masih tradisional seperti teko besar yang di dalamnya terdapat saringan. Pembuatan kopi benar-benar menggunakan peralatan yang sederhana, tidak seperti saat ini yang sudah menggunakan steamer dan berbagai alat pendukung lainnya.

4. Susu yang digunakan

Bukan hanya peralatannya saja yang berbeda, susu yang digunakan pada kopitiam dan kedai kopi modern juga tidak sama. Kedai kopi modern saat ini menggunakan susu UHT dalam pembuatan kopi, sedangkan kopitiam menggunakan susu evaporasi. Walaupun menggunakan susu yang berbeda, kopi dari kedua kedai tersebut tetap enak untuk dinikmati dengan rasa khasnya masing-masing.

5. Menu makanan

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, kalau menu makanan di kopitiam terdiri dari roti panggang, nasi lemak, dan juga kwetiau. Tentu terlihat jelas kan perbedaannya dengan kedai kopi modern yang menyediakan makanan dari khas Western seperti kentang goreng, sandwich, dan masih banyak lagi.

6. Nama kopi

Kopitiam memiliki nama-nama kopi yang unik seperti contohnya kopi o dan kopi peng. Kopi o merupakan kopi hitam yang tidak diberi campuran gula dan kopi peng merupakan es kopi. Untuk kamu yang belum pernah berkunjung ke kopitiam, kamu harus berani menanyakan setiap menu yang kurang dimengerti, ya. 

Nama-nama kopi di kopitiam benar-benar tidak sama dengan nama kopi di kedai modern seperti coffee latte, caramel macchiato, cappucino, dan juga moccachino.

Mau kopitiam ataupun kedai kopi modern, keduanya mempunyai khasnya masing-masing yang bisa menarik perhatian kamu. Jika kamu belum pernah ke kopitiam, cobalah untuk sesekali berkunjung.

Kedai kopitiam di Indonesia ada salah satunya di Kepulauan Riau, pas banget, kan, sambil berwisata untuk menikmati keindahan alam Riau, kamu juga bisa menikmati kenyamanan kopitiam tradisional di sana. Pasti akan sangat menyenangkan, ya!

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika 

Bagikan: