9 Comfort Food Orang Indonesia, Enak dan Mudah Didapatkan

Bisa bikin nyaman dan perut juga kenyang

9 Comfort Food Orang Indonesia, Enak dan Mudah Didapatkan

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Sebutan comfort food mungkin masih terdengar asing di beberapa telinga Sobat Yummy. Namun, secara sadar maupun tidak sadar, kamu pasti sudah sering mengkonsumsinya selama ini. Lalu, apa itu comfort food?

Comfort food merupakan makanan yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan menghilangkan rasa gelisah bagi yang mengkonsumsinya. Biasanya comfort food banyak dicari orang-orang ketika sedang merasa pusing, stress, gelisah, ataupun saat merasa sedang tidak baik-baik saja.

Setiap negara tentu memiliki comfort food-nya masing-masing, seperti Italia yang menjadikan pizza sebagai comfort food di negaranya. Kira-kira apa saja, ya, comfort food bagi orang Indonesia? Kali ini, Yummy App akan menguraikan beberapa makanan yang termasuk dalam kategori comfort food di Indonesia. 

1. Bakso

ilustrasi bakso aci
ilustrasi bakso aci (pexels.com/Meggy Kadam Aryanto)

Banyak dari kamu pasti langsung setuju kalau bakso merupakan comfort food bagi orang Indonesia. Bakso merupakan olahan makanan yang dibuat dari tepung tapioka, yang dicampur daging dan terkadang diberi isian telur.

Biasanya, bakso disajikan dengan kuah bening yang dapat menyegarkan kembali pikiran yang sedang mumet. Apalagi jika kamu menambahkan sambal dan saus yang memberikan sensasi pedas, membuat bakso akan semakin terasa nikmat.

Saat ini, bakso aci juga menjadi makanan yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Berbeda dari bakso pada umumnya, bakso aci terbuat dari tepung aci dan tepung terigu, yang disajikan bersama dengan pilus cikur, cuanki lidah, dan siomay kering. 

2. Mie ayam

mie ayam comfort food
ilustrasi mie ayam (pixabay.com/tresiahoban3)

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, mie ayam jadi salah satu makanan comfort food yang sering dicari oleh masyarakat Indonesia.

Seperti namanya, mie yang satu ini disajikan dengan ayam yang sudah dimasak dan dipotong-potong kecil dengan tambahan sayuran hijau seperti sawi dan juga pangsit.

Mie ayam akan sangat enak jika dinikmati di siang hari saat panas. Menambahkan sambal dan saus pada mie ayam juga dapat meningkatkan cita rasa yang sedap di lidah.

3. Sate

sate kambing
ilustrasi sate kambing (flickr.com/alycewidjajanyeholt)

Sate merupakan olahan daging yang ditusuk dan dimasak dengan cara dibakar. Sate biasa disajikan dengan bumbu kacang yang rasanya asin, manis, dan terkadang pedas. Namun, pada beberapa sajian sate juga ada yang menggunakan saus kecap dengan campuran cabai dan bawang, dan di Padang, sate disajikan dengan bumbu khas Padang. 

Biasanya sate yang banyak diminati orang Indonesia adalah sate daging sapi, sate ayam, dan sate daging kambing.

4. Mie instan

mie instan comfort food
ilustrasi mie instan (unsplash.com/micheleblackwell)

Mie instan merupakan makanan yang tak pernah lekang oleh waktu. Walaupun semakin banyak makanan yang unik dan lezat, mie instan tetap selalu menjadi pilihan banyak orang untuk disantap di mana pun dan kapan pun, terutama saat cuaca dingin.

Entah mengapa, bumbu dari mie instan sangat lezat sampai-sampai membuat ketagihan. Penyajian mie instan juga bisa dicampurkan dengan berbagai macam topping, mulai dari pilus hingga ditambahkan lauk lain seperti telur dan udang.

Tapi, kamu perlu ingat kalau mie instan tidak boleh terlalu sering dikonsumsi, untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: 10 Resep Kue Tradisional Indonesia, Pas untuk Teman Ngeteh Cantik!

5. Nasi goreng

resep nasi goreng indonesia
ilustrasi nasi goreng indonesia (unsplash.com/agus susanto)

Nasi goreng jadi comfort food yang paling sering dicari-cari dan biasanya dinikmati saat malam hari. Nasi goreng termasuk ke dalam makanan yang rasanya cocok dan mudah diterima oleh indra pengecap.

Banyak topping yang bisa dicampurkan ke dalam nasi goreng untuk menambah kelezatannya. Saat sedang jauh dari kampung halaman, mengkonsumsi nasi goreng bisa mengobati rasa rindu terhadap rumah.

6. Martabak manis

cara membuat adonan martabak manis mengembang
ilustrasi martabak (instagram.com/martabakpecenongan78)

Beralih ke makanan manis, Indonesia punya martabak manis yang termasuk dalam kategori comfort food. Martabak manis banyak dijual di pinggiran jalan, mulai dari sore hingga malam hari.

Memang mengkonsumsi martabak manis ini paling tepat saat malam hari selagi hangat. Varian rasa dari martabak ini juga cukup banyak, mulai dari rasa keju, cokelat, cokelat kacang, hingga ketan hitam.

7. Martabak telur

martabak telur comfort food
ilustrasi martabak telur (yummy.co.id/yummyapp)

Ada juga comfort food Indonesia yaitu martabak telur yang rasanya berkebalikan dengan martabak manis. Martabak telur punya rasa yang asin, dan biasanya disantap bersama saus cuka.

Telur yang digunakan mulai dari telur ayam hingga telur bebek. Biasanya martabak yang dibuat dari telur bebek punya rasa yang lebih gurih dan lezat.

8. Soto

soto ayam menu makanan sehari-hari
ilustrasi soto ayam (instagram.com/mus.cook)

Soto merupakan makanan yang disajikan dengan kuah lezat dan hangat yang bisa memberikan kenyamanan bagi siapa pun yang mengkonsumsinya. Biasanya soto diisi dengan daging kambing, daging ayam, ataupun daging sapi.

Rasa kuahnya yang asin, gurih, dan segar, bisa mengembalikan mood kamu menjadi lebih baik. Soto ayam enak dinikmati saat siang untuk menyegarkan pikiran, ataupun malam hari untuk menghangatkan tubuh.

9. Bubur ayam

bubur ayam bejo spesial kosambi
ilustrasi Bubur Ayam Bejo Spesial Kosambi (googlemaps.com/elsazimet)

Biasa disantap saat pagi hari, bubur ayam memang menjadi comfort food untuk meningkatkan mood sebelum memulai hari. Selain disantap untuk sarapan, bubur juga biasanya dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit, karena teksturnya yang lembut dan mudah dikunyah.

Nah, kamu termasuk tim bubur diaduk atau tim bubur gak diaduk, nih, Sobat Yummy?

Menyantap 9 comfort food di atas bisa membuat kamu merasa nyaman dan terkadang menghilangkan sedikit penat di kepala. Semua makanan comfort food bisa kamu temukan dengan mudah di pinggiran jalan ataupun di berbagai tempat makan.

Dari banyaknya comfort food Indonesia, mana yang termasuk makanan favorit kamu, nih?

Baca Juga: 20 Makanan Manis Indonesia yang Wajib Kamu Coba 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Agie Rianda

Agie Rianda

Mie Instan Viral

Mie Instan Viral

(5.0)

7 mnt

265

Artikel Lainnya di kuliner