Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

10 Manfaat Buah Plum dan Kandungan Gizi di Dalamnya

Buah plum ternyata juga bisa mencegah anemia, lho!

Siapa sangka buah yang hanya memiliki diameter sekitar 5 sampai 6 sentimeter ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah yang bentuknya hampir sama dengan apel ini bukanlah tanaman yang berasal dari Indonesia, melainkan buah ini berasal dari Negeri Tirai Bambu atau yang biasa disebut dengan China. Meskipun buah ini bukan berasal dari negeri sendiri tetapi saat ini banyak masyarakat yang menjual buah ini di Indonesia.

Buah ini sendiri merupakan satu keluarga dengan buah persik dan aprikot. Selain warnanya yang menarik buah ini juga memiliki rasa yang tak kalah lezat. Dibalik bentuknya yang menarik buah plum juga mengandung beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan seperti vitamin A, magnesium, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, mineral, fenol serta beberapa kandungan lainnya.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut merupakan manfaat buah plum dan kandungannya yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Kandungan Gizi Buah Plum

Ilustrasi buah plum (pixabay.com/Nungning20)

Kandungan gizi yang dimiliki oleh buah plum ini ternyata cukup banyak, lho. Sebenarnyabuah Plum kering memiliki kandungan yang sama dengan buah Plum segar akan tetepi perbedaanya ada di kandungan gula, dimana gula di buah kering lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah Plum segar. Dalam 100 gram buah plum segar mengandung beberapa kandungan, seperti:

Buah plum ini juga memiliki kandungan lain, yang tentunya tidak kalah dengan kandungan yang sudah disebutkan. Seperti:

Manfaat Buah Plum

Ilustrasi buah plum (freepik.com/Kanra Aydinov)

Buah kecil ini ternyata memilki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan, lho. Meskipun jarang ditemukan di Indonesia, buah ini bisa mencegah bahkan menyembuhkan beberapa penyakit, seperti:

1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Buah yang berasal dari China ini juga baik untuk kesehatan jantung, lho. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan serat, kalium dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah serta kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Dikutip dari Besthealthmag satu butir buah plum segar mengandung 113 mg potasium dan mineral yang dapat membantu dalam mengelola darah tinggi dan menguragi risiko stroke.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bedasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Florida State dan Oklahoma State , dimana mereka menguji dua kelompok wanita yang sudah mengalami pascamenopause selama 12 bulan. 

Kelompok pertama memakan 100 gram atau 10 buah plum  per hari dan kelompok kedua memakan 100 gram apel kering. Disaat yang saam mereka juga diminta untuk mengonsumsi suplemen kalsium dan juga vitamin D.

Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa kelompok wanita pertama yang memakan buah plum mengalami kepadatan mineral tulang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok wanita kedua.

3. Mencegah Anemia

Meskipun ukurannya kecil dan berbentuk seperti apel, buah ini ternyata memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang bisa meningkatkan produksi hemoglobin pada tubuh. Kandungan magnesium yang tinggi juga bisa meningkatkan stimulasi sel darah merah sehingga dapat mengatur transportasi oksigen dalam tubuh yang mengakibatkan bisa sebagai buah yang dapat mencegah penyakit Anemia.

5. Menyuburkan akar rambut

Siapa sangka buah mini ini berguna untuk menyuburkan rambut?

Dengan mengonsumsi buah plum bisa membuatkan rambut kamu subur, lho. Hal ini dikarenakan buah plum bisa mengurangi produksi hormon kortisol yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Dengan mengonsumsi buah plum kamu bisa memaksimalkan sirkulasi darah pada kuliat kepala sheingga dapat membantu dalam pertumbuhan rambut.

6. Menjaga fungsi otak

Buah plem memiliki kandungan antioksidan, anthocyanin dan quercetin yang tentunya sangat baik untuk kesehatan otak. Terdapat penelitian yang dilakukan oleh Health Research Harvard Univeristy yang menjelaskan bahwa kandunagn antioksidan yang ada pada buah plum dapat memperlambat perkembangan penyakit alzheimer atau yang biasa disebut dengan gangguan otak yang menyebabkan kemampuan untuk berbicara, berfikir dan mengigat mengalami penurunan.

7. Mengurangi risiko diabetes

Buah plum ini juga ternyata bisa digunakan untuk mengurangi kadar gula darah pada tubuh, dan meningkatkan produksi adiponektin yang biasanya berfungsi sebagai yang membantu mengatur kadar gula darah. Mengonsumsi buah ini memang sangat baik untuk orang yang memiliki penyakit diabates dan kencing manis dalam proses pengobatannya.

8. Menjaga kesehatan janin

Buah plum adalah buah yang mengandung serat yang tidak larut dalam air atau yang biasa disebut dengan Selulosa. Kandungan nutrisi yang ada di buah plum memiliki banyak sekali nutrisi baik yang cocok untuk ibu hamil. Seperti, meningkatkan jumlah ari dalam tinja, mengatasi sembelit saat hamil, sebagai sumber energi untuk ibu hamil, dan dapat meningkatkan sistem kekebalah lagi.

9. Mencegah penyakit kanker

Pigmen biru kemerahan yang menjadi salah satu ciri khas bentuk dari buah plum. Kandungan yang ada di dalam buah plum ini dapat menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan dan dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

10. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya buah plum mengandung vitamin A, dimana vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan terutama mata. Hal ini tentunya akan menjadi baik, jika dikonsumsi dengan baik pada penderita sakit mata.

Jika kalian memiliki saran dan kritian yang ada di CMS. Perusahaan ini kini memiki income yang banyak karena telah memberikan kosnya ke tempat lain.

Kalian ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya?Kalian bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Bagikan: