Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Manfaat Toge untuk Pria: Bantu Meningkatkan Kesuburan!

Termasuk bantu cegah kanker prostat

Toge merupakan sayuran berukuran kecil memanjang yang dikenal sebagai kecambah dari biji kacang kedelai. Toge sering dijadikan makanan untuk disantap bersama keluarga yang seringkali diolah dengan cara ditumis.

Walaupun ukurannya kecil, toge memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh, terutama bagi pria. Kalau begitu, langsung saja, yuk, simak manfaat toge untuk pria di bawah ini.

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Meningkatkan kesuburan pada pria

ilustrasi pria bugar (pexels.com/andreapiacquadio)

Toge tak hanya punya kenikmatan saat dikonsumsi saja, namun banyak manfaat toge untuk pria yang salah satunya adalah meningkatkan kesuburan. Kamu mungkin sering mendengar beberapa orang tua sering kali menyarankan anak laki-lakinya untuk memperbanyak makan toge untuk kesuburan ternyata bukanlah mitos belaka.

Dalam Jurnal Ilmiah Biologi mengatakan bahwa tauge mengandung banyak vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Vitamin E menjadi antioksidan yang berperan untuk menjaga sperma agar tidak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Menjaga kesehatan jantung

ilustrasi kesehatan jantung (unsplash.com/ali hajiluyi)

Kandungan toge lainnya yang bisa memberikan manfaat untuk tubuh adalah omega-3. Kandungan omega-3 dipercaya dapat melawan lemak jahat penyebab kolesterol yang apabila jumlahnya berlebih, dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner hingga stroke. 

Karena itu omega-3 pada toge dapat membantu mengurangi jumlah lemak jahat dalam tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

ilustrasi pria dengan imunitas yang bagus (pexels.com/oliversjostrom)

Toge mengandung vitamin C dan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin A yang terkandung dalam toge bisa membantu untuk menjaga kekebalan tubuh.

Sedangkan vitamin C berperan dalam melawan virus, infeksi, dan beberapa penyakit yang menyerang tubuh, sehingga perlahan kamu dapat pulih. Jadi vitamin A dan vitamin C pada toge saling bekerja sama dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

4. Mencegah kebotakan

ilustrasi pria yang mengalami kebotakan (pixabay.com/kalhh)

Kebotakan sering kali terjadi pada pria, dan tentu hal tersebut dapat mengganggu dan merusak penampilan.

Vitamin A yang terkandung dalam toge dapat membantu untuk mencegah terjadinya kebotakan pada pria. Karena folikel rambut dapat terangsang oleh vitamin A, sehingga rambut dapat tumbuh dan terhindar dari kebotakan.

5. Mengurangi resiko terkena kanker prostat

ilustrasi sel kanker (unsplash.com/nantionalcancerinstitute)

Kanker prostat sering kali dialami oleh pria yang biasanya ditandai dengan sulitnya buang air kecil. Salah satu penyebab kanker kelenjar prostat pada pria adalah kurangnya antioksidan dalam tubuh.

Karena itu, pria dianjurkan untuk mengkonsumsi toge yang mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Sehingga mengurangi resiko para pria terkena kanker prostat.

Antioksidan pada toge juga dipercaya dapat mengurangi resiko pria terkena kanker testis dan kanker penis yang sebenarnya jarang terjadi. Tapi tetap lebih bagus jika melakukan pencegahan sejak dini.

6. Mencegah disfungsi ereksi

ilustrasi pria yang mengalami disfungsi ereksi (pexels.com/andreapiacquadio)

Disfungsi ereksi menjadi penyakit yang mungkin paling dihindari oleh para pria. Pasalnya, disfungsi ereksi membuat pria hanya dapat ereksi dalam waktu yang singkat, atau bahkan kesulitan untuk ereksi.

Disfungsi ereksi bisa disebabkan salah satunya oleh peredaran darah di penis yang kurang lancar, sehingga penis tidak mendapatkan darah yang cukup.

Karena itulah para pria dianjurkan makan toge dengan kandungan B3 di dalamnya yang berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, disfungsi ereksi dapat dicegah segera sebelum terjadi.

Manfaat toge untuk pria ternyata sangat banyak dan bagus untuk kesehatannya. Namun kamu juga tetap perlu memperhatikan jumlah toge yang kamu konsumsi, karena jika terlalu banyak juga dikhawatirkan dapat menyebabkan efek yang kurang baik bagi tubuh. Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, kan? 

Toge juga perlu dicuci dan dimasak hingga matang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, untuk menghilangkan kotoran dan mematikan bakteri yang terdapat dalam toge. Ayo mulai konsumsi toge secara rutin dan secukupnya, untuk kesehatan tubuhkamu!

Baca Juga: 10 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Vitamin Otak hingga Antikanker!

Bagikan: