Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

11 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat dan Harus Dicoba

berbagai makanan yang lezat, ramah diet, dan harus kamu coba

Makanan bukan hanya sumber energi, tetapi juga merupakan fondasi untuk mencapai dan menjaga berat badan yang seimbang. Dalam menjalani diet sehat, pemilihan makanan yang tepat akan memainkan peran krusial agar diet yang dijalani tak hanya mengurangi berat badan saja tetapi juga memastikan bahwa nutrisi tubuh tetap terjaga.

Kali ini, Yummy App akan memberikan rekomendasi beberapa makanan diet sehat yang dapat Sobat Yummy coba. Yuk simak beberapa makanan rendah kalori untuk diet namun tetap kaya akan nutrisi berikut ini.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Diet Seminggu Turun 10 Kg yang Tepat

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Ikan

ilustrasi salmon (unsplash.com/ca creative)

Seafood termasuk ikan merupakan salah satu sumber utama iodine yang berfungsi untuk metabolisme dan memelihara fungsi thyroid. Ikan sendiri juga kaya akan protein yang berkualitas tinggi. Salah satu ikan yang disarankan adalah ikan salmon karena memiliki omega-3 dan asam lemak yang dapat membuat Sobat Yummy kenyang lebih lama.

2. Dada ayam

ilustrasi dada ayam panggang (pexels.com/alleksana)

Dada ayam tanpa kulit adalah menu makanan yang sangat disarankan bagi orang-orang yang sedang diet. Memasukkan dada ayam ke dalam menu makanan dapat membantu menurunkan berat badan karena dada ayam mengandung protein dan nutrisi yang tinggi namun rendah kalori. Asupan protein seimbang ketika berdiet sangat penting untuk menurunkan berat badan secara efektif

3. Kentang

ilustrasi kentang rebus (unsplash.com/Jaye Haych)

Kentang ataupun umbi-umbian memiliki beragam kandungan yang sangat baik untuk mengoptimalkan menu diet sehat. Dalam skala yang disebut Satiety Index (Indeks Rasa Kenyang) yang mengukur seberapa mengenyangkan makanan yang berbeda, kentang rebus mendapat skor tertinggi dari semua makanan yang diuji.

Oleh karenanya, Sobat Yummy dapat mengonsumsi kentang rebus untuk dijadikan pengganti karbohidrat dari nasi putih. Jangan lupa untuk mendinginkan kentang yang sudah direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, karena dengan mendinginkan kentang rebus akan tercipta resistant starch yakni sejenis serat yang akan membantu penurunan berat badan.

4. Edamame

ilustrasi edamame (pexels.com/cottonbrostudio)

Edamame merupakan kacang kedelai muda yang masih berbentuk polong. Makanan satu ini mengandung kalori yang sangat rendah sehingga sangat tepat untuk dijadikan makanan pendamping saat diet. Selain itu, edamame menyediakan asupan nutrisi seperti protein, zat besi, mineral, dan kalsium. Sobat Yummy dapat langsung memakannya dengan direbus dan diberi seasoning, atau dapat juga dimasukkan ke dalam salad.

5. Telur

ilustrasi telur ayam dengan kuning telurnya (freepik.com/4045)

Telur mengandung protein tinggi sekaligus lemak baik yang akan menjaga nutrisi Sobat Yummy ketika diet. Selain itu, telur sangat fleksibel untuk dikreasi dalam berbagai menu diet.

Beberapa studi mengatakan bahwa mengonsumsi makanan berserat dan berprotein tinggi seperti telur akan membuat seseorang merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama. Oleh karenanya, disarankan untuk menambahkan telur ke dalam makanan yang Sobat Yummy konsumsi ketika sedang berdiet.

6. Roti gandum

ilustrasi potongan roti gandum (freepik.com/jcomp)

Rendah kalori dan menjadi salah satu sumber serat, roti gandum dapat menjadi pilihan Sobat Yummy saat diet. Sangat disarankan untuk mengonsumsi roti gandum utuh dibandingkan roti gandum refined karena gandum utuh menawarkan lebih banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral.

Baca Juga: Cara Diet Air Putih yang Aman dan Tepat

7. Kacang-kacangan

ilustrasi kacang almond (pexels.com/Kafeel Ahmed)

Bagi Sobat Yummy yang ingin mengonsumsi kacang-kacangan tapi khawatir akan kalori dan lemak, tak perlu khawatir lagi sebab beberapa penelitian membuktikan bahwa meski kacang memiliki konsentrasi lemak dan kalori yang tinggi tetapi tubuh tidak serta merta menyerap seluruh kandungan tersebut. Tubuh hanya akan menyerap sebagian dan sisanya akan tetap berada di dinding serat kacang ketika dicerna.

NLM (National Library of Medicine) mengatakan bahwa meskipun fakta nutrisi pada kemasan kacang semacam almond mungkin menunjukkan bahwa porsi 1 ons (28 gram) mengandung 160-170 kalori, tubuh hanya menyerap sekitar 129 kalori.

8. Brown rice

Ilustrasi brown rice (pixabay.com/EzBom)

Brown rice atau beras cokelat mengandung serat yang lebih tinggi dibanding nasi putih. Brown rice juga memiliki kadar glycemic index (GI) yang rendah. Dengan begitu, tubuh akan mencerna lebih lambat sehingga dapat menekan rasa lapar.

Hal yang perlu diperhatikan adalah apabila Sobat Yummy rutin mengonsumsi brown rice maka kalian juga harus mengimbangi asupan nutrisi lainnya seperti zat besi. Sebab, phytic acid dalam brown rice dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dan iron dari makanan.

9. Yogurt

ilustrasi yogurt rendah lemak dan stroberi (unsplash.com/Anshu A)

Yogurt dikenal mempunyai manfaat segudang bagi kesehatan tubuh. Menurut berbagai penelitian memasukkan yogurt ke dalam menu makanan secara teratur dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak, mempercepat metabolisme, dan membantu menurunkan berat badan berkat kandungan protein dan probiotik dari makanan super ini.

10. Bayam

ilustrasi bayam (unsplash.com/micheile henders)

Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi sayuran ketika Sobat Yummy sedang diet. Bayam menjadi salah satu sayuran yang Yummy App rekomendasikan karena mudah ditemukan dan kalorinya yang sangat rendah. 30 gram bayam mentah hanya mengandung 7 kalori dan ketika dimasak bayam memiliki kurang lebih 41 kalori. Tak hanya itu, bayam juga menyediakan protein, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin A, dan potasium untuk menjaga kesehatan badan selama diet.

11. Buah-buahan

tips memilih buah segar (freepik.com/freepik)

Meski sebagian buah mempunyai kadar gula yang tinggi, perlu dicatat bahwa gula yang dimaksud merupakan gula alami yang kaya akan nutrisi. Yummy App merekomendasikan buah alpukat, apel, dan berries (stroberi dan bluberi) untuk ditambahkan dalam menu diet Sobat Yummy.

Alpukat memiliki kandungan lemak baik dan tinggi serat yang bisa menekan rasa lapar. Sedangkan apel kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, serta banyak vitamin yang akan menjaga asupan nutrisi Sobat Yummy.

Baca Juga: 10 Sayuran untuk Diet yang Sehat, Rendah Kalori

Itulah rekomendasi makanan untuk diet sehat dari Yummy App. Pada beberapa penelitian sendiri terdapat sebagian ahli yang menyarankan high fiber diet karena mampu mengurangi lemak dalam tubuh lebih cepat, yakni dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti chia seed, whole grain (biji-bijian utuh), dan kacang-kacangan. 

Namun, perlu diingat juga bahwa keberhasilan diet tak hanya dipengaruhi oleh makanan saja tetapi juga didukung oleh gaya hidup sehat, termasuk berolahraga dan memenuhi asupan air dalam tubuh. Ingin tahu informasi penting terkait diet lainnya? Yuk segera unduh Yummy App.

Bagikan: