​10 Buah yang Bagus untuk Kulit Sehat dan Indah Alami

bermacam buah yang bagus untuk kulit sehat dan indah

​10 Buah yang Bagus untuk Kulit Sehat dan Indah Alami

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Menjaga kulit agar tetap sehat bukanlah hal yang gampang. Selain dari penggunaan produk-produk kecantikan, kulit akan menjadi lebih glowing apabila dibarengi dengan asupan nutrisi dari makanan yang Sobat Yummy konsumsi tiap harinya.

Jika membicarakan mengenai sumber nutrisi, buah-buahan menjadi salah satu yang utama. Mulai dari vitamin, air, hingga antioksidan dapat Sobat Yummy peroleh dengan mengonsumsi buah secara rutin. Yuk, simak beberapa buah yang bagus untuk kulit kamu sehingga dapat membantu kulit menjadi lebih indah alami.

1. Jeruk

ilustrasi buah jeruk (pexels.com/jessicalewis)
ilustrasi buah jeruk (pexels.com/jessicalewis)

Dalam daftar pertama buah yang bagus untuk kulit pertama dari Yummy App kali ini adalah buah jeruk. Vitamin C merupakan salah satu syarat wajib bagi Sobat Yummy yang menginginkan kulit segar dan terlihat cerah.

Menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C, jeruk dikenal bisa memberikan kelenturan pada kulit dan mencegah penuaan. Sobat Yummy dapat memakan setengah buah jeruk setiap hari dengan dimakan secara langsung atau dapat juga diolah kembali menjadi jus ataupun salad.

Baca Juga: 15 Macam-Macam Jeruk di Dunia dan Cirinya

2. Pepaya

ilustrasi buah pepaya (pexels.com/anylane)
ilustrasi buah pepaya (pexels.com/anylane)

Dalam daftar kedua buah yang bagus untuk kulit dari Yummy App kali ini adalah buah pepaya. Buah bernama latin carica papaya ini terbukti dapat melembabkan dan membantu kulit terhidrasi karena kaya akan vitamin A, C, dan B.

Selain itu, pepaya dipercaya bisa membuat kulit wajah lebih bersih serta mempercepat penyembuhan bekas luka. Sobat Yummy dapat mengonsumsi buah pepaya sebagai sarapan atau dapat juga menjadikannya masker dengan menghaluskan daging buahnya.

3. Timun

Irisan buah timun
ilustrasi buah timun (pixabay.com/No-longer-here)

Timun merupakan buah yang kaya akan air dan antioksidan, karena itulah timun dapat menghidrasi sekaligus melembabkan kulit.

Efek cooling dari irisan timun juga dapat menenangkan kulit lho. Dengan memakan timun secara rutin, Sobat Yummy juga akan mendapatkan asupan vitamin C dan vitamin K yang mampu mencerahkan kulit dari dalam.

Baca Juga: ​10 Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

4. Semangka

semangka buah untuk tipes
ilustrasi semangka (pixabay.com/Vivacia)

Dalam daftar selanjutnya buah yang sehat untuk kulit pertama dari Yummy App kali ini adalah buah semangka. Semangka yang dikenal akan daging buahnya yang kaya akan air ternyata tak hanya bisa melembabkan kulit tetapi juga bisa membuat kulit Sobat Yummy bersinar.

Kombinasi vitamin A, B, dan C di dalamnya akan meningkatkan kekenyalan kulit, membantu meratakan tekstur, mencegah kerusakan kulit, dan mengurangi inflamasi.

Baca Juga: 10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

5. Apel

jus apel untuk atasi sembelit
ilustrasi apel (unsplash.com/shelley pauls)

Tahukah Sobat Yummy, apel termasuk salah satu buah yang sehat untuk kulit Sobat Yummy. Mengonsumsi apel setiap sarapan dapat mencegah penuaan pada kulit karena apel sangat kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E.

Tak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, kulit apel juga memiliki antioksidan, potasium, magnesium, serta serat yang mampu melindungi kulit Sobat Yummy.

Baca Juga: Kalori Apel, Kandungan Gizi dan Manfaat Apel

6. Mangga

Buah mangga yang telah dipotong
Ilustrasi buah mangga (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Karena tingginya vitamin (A, E, C, K), flavonoids, xanthophylls, dan beta-carotene, banyak studi menyebutkan mangga sebagai buah yang bagus untuk kulit, karena dapat membuat kulit menjadi sehat dan bersinar. Buah yang kerap dijadikan jus ini juga dapat mengurangi kerutan dan bekas jerawat.

7. Alpukat

Alpukat makanan rendah karbo
ilustrasi alpukat (unsplash.com/hayatt zw)

Alpukat memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit dan mencegah kerusakan. Alpukat juga mengandung serat pangan (dietary fiber), vitamin (A, C, K, B3, dan B6), lutein serta zeaxanthin yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akan sinar UV.

Baca Juga: 10 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

8. Pisang

berapa jumlah kalori pisang
ilustrasi pisang (unsplash.com/Eiliv Aceron)

Buah pisang termasuk salah satu buah yang paling mudah didaptakan, selain itu juga, ternyata buah pisang termasuk salah satu buah yang bagus untuk kulit Sobat Yummy.

Pisang menjadi salah satu sumber vitamin A dan potasium, di mana kedua kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab.

Tak hanya itu, dengan memakan pisang secara rutin maka Sobat Yummy akan mendapatkan asupan folat dan mineral serta serat pangan yang bagus untuk pencernaan dan kesehatan kulit.

9. Tomat

ilustrasi tomat (freepik.com/grmarc)
ilustrasi tomat (freepik.com/grmarc)

Buah lezat satu ini mengandung banyak sekali lycopene dan antioksidan yang mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Natural acid buah tomat juga mengatur pengeluaran produksi sebum yang menjadikan buah ini cocok untuk Sobat Yummy yang mempunyai tipe kulit berminyak.

10. Stroberi

ilustrasi buah stroberi (pexels.com/ivannakykla)
ilustrasi buah stroberi (pexels.com/ivannakykla)

Dalam daftar terakhir buah yang bagus untuk kulit dari Yummy App kali ini adalah buah stroberi. Selain mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai olahan makanan, stroberi mempunyai segudang manfaat untuk kulit lho.

Kandungan alpha-hydroxy dan salicylic acid yang ada pada stroberi membuatnya dapat digunakan sebagai chemical exfoliators yang mampu mengangkat kotoran pada kulit. Salicylic acid sendiri bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan antibakteri yang menekan gejala jerawat dan komedo di wajah.

Baca Juga: 6 Manfaat Salad Buah bagi Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa buah yang bagus untuk kulit sehat dan indah alami. Perlu dicatat bahwa terdapat faktor lain juga yang mempengaruhi kesehatan kulit, seperti jam tidur, olahraga, dan asupan makanan sehari-hari. Agar Sobat Yummy tidak bingung dalam mencari kebutuhan makanan tiap harinya, yuk segera unduh Yummy App.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya di nutrisi