​Jadwal Minum Air Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

rekomendasi jadwal minum air putih yang baik untuk kesehatan

​Jadwal Minum Air Putih yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Tubuh manusia membutuhkan cairan untuk dapat beraktivitas secara normal dalam kesehariannya. Apabila seseorang mengalami dehidrasi maka akan berakibat negatif terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu, bukan hanya pola makan saja yang perlu diperhatikan tetapi juga seberapa banyak Sobat Yummy minum air putih setiap harinya.

Baca Juga: 8 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Berapa Banyak Air Putih dalam Sehari?

Jika melansir Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), orang dewasa setidaknya mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas berukuran 230 ml per hari. Namun, asupan cairan tubuh tak hanya berasal dari konsumsi air putih saja, tetapi dapat juga diperoleh dari makanan seperti buah semangka. Oleh karenanya, minum 8 gelas sehari bukanlah ketentuan mutlak tetapi dapat disesuaikan juga dengan kadar aktivitas dan pola makan Sobat Yummy.

Jadwal Minum Air Putih Terbaik

segelas air putih
Ilustrasi air putih (pexels.com/Lisa Fotios)

Menjadwalkan konsumsi air putih dapat membawa manfaat bagi Sobat Yummy, salah satunya adalah membangun kebiasaan baik bagi tubuh dan memperkirakan apakah asupan air putih sudah memenuhi standar yang disarankan atau belum. Nah, Yummy App telah menyusun rekomendasi jadwal minum air putih yang baik dari berbagai pakar yakni sebagai berikut:

  • Di pagi hari setelah bangun tidur

Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan air selama berjam-jam sehingga ketika bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk minum air putih. Sobat Yummy dapat meminum 1 gelas air putih untuk mengisi ulang persediaan cairan di tubuh.

  • Sebelum dan setelah sarapan

Sarapan memiliki manfaat yang penting bagi tubuh, selain memasok bahan energi, sarapan juga dapat memengaruhi suasana hati sepanjang hari. Minum air putih sebelum dan sesudah sarapan akan membantu menyegarkan sekaligus menghidrasi tubuh agar Sobat Yummy dapat lebih produktif saat bekerja.

  • Sebelum dan setelah berolahraga

Memelihara ketahanan fisik dan jasmani dengan berolahraga tentu merupakan hal yang penting. Minum air putih sebelum olahraga akan membantu persediaan cairan dalam tubuh, sedangkan minum air sesudah berolahraga sekitar 1 hingga 2 gelas akan membantu mengganti cairan tubuh yang digunakan ketika berolahraga.

  • Sebelum dan setelah makan siang

Beberapa sumber mengatakan bahwa meminum air putih ketika makan berlangsung dapat melemahkan kinerja cairan pencernaan. Nah, Sobat Yummy dapat menyiasatinya dengan meminum air putih beberapa saat sebelum dan sesudah makan sebanyak 1 hingga 2 gelas.

  • Menjelang sore hari

Menjelang sore hari adalah waktu-waktu di mana tubuh sudah mulai merasa lelah dan tidak fokus. Kehilangan fokus dan sakit kepala dapat disebabkan karena kekurangan air putih. Oleh karena itu, Sobat Yummy dapat meminum segelas air putih menjelang sore hari atau ketika sedang merasa lelah.

  • Sebelum dan sesudah makan malam

Pada malam hari pun, Sobat Yummy harus tetap mengisi cairan tubuh dengan minum air putih untuk mengembalikan cairan yang hilang setelah lelah beraktivitas seharian. Sobat Yummy dapat meminum segelas atau dua gelas air putih pada beberapa saat sebelum serta sesudah makan malam.

  • Sebelum tidur

Tahukah Sobat Yummy bahwa persediaan cairan yang cukup di dalam tubuh akan meningkatkan kualitas tidur? Disarankan meminum air putih sebelum tidur karena selain meningkatkan kualitas tidur tetapi juga menyimpan persediaan cairan selama tidur.

Baca Juga: Ketahui Jumlah Kalori Air Putih dan Manfaatnya bagi Tubuh!

Selain dari waktu-waktu di atas, Sobat Yummy juga dihimbau untuk minum air putih lebih banyak ketika sakit. Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, air putih juga akan membantu cairan tubuh tetap seimbang khususnya pada beberapa penyakit seperti demam. Ingin tahu lebih banyak informasi mengenai manfaat air putih, yuk unduh Yummy App segera.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya di nutrisi