8 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh

8 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Mengkonsumsi air putih setiap harinya tentu sudah menjadi hal yang memang harus dilakukan, karena tubuh manusia kurang lebihnya terdiri dari cairan. Perlu kamu ketahui juga, bahwa manfaat air putih tidak hanya untuk melepas dahaga. Lebih dari itu, ada beragam manfaat air putih lainnya yang lebih banyak dibandingkan dengan minuman lain. 

Sebelum mengetahui manfaat air putih bagi tubuh, ketahui dulu ciri-ciri air yang aman untuk dikonsumsi, ya!

  • Karena air akan diserap oleh tubuh, pastikan kamu mengkonsumsi air minum yang tidak memiliki bau menyengat dan juga tidak berwarna (keruh hingga cokelat pekat atau hitam).
  • Air yang aman dikonsumsi juga biasanya hambar dan tidak memiliki rasa.
  • Air tidak tercemar zat beracun ataupun mengandung bakteri.
  • Jernih dan tidak terdapat kotoran-kotoran yang bisa berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Karena sudah tahu ciri air yang aman untuk diminum, yuk, kita cari tahu apa saja manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.

1. Tubuh terhindar dari dehidrasi

minum air putih mencegah dehidrasi
ilustrasi minum air putih mencegah dehidrasi (pexels.com/gustavofring)

Salah satu manfaat air putih tentunya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dengan terpenuhinya cairan tubuh, tentunya kamu akan terhindar dari permasalahan dehidrasi.

Dehidrasi sendiri merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan cairan, yang disebabkan oleh kurangnya asupan air putih. Dehidrasi dapat memicu permasalahan lain, seperti mulut menjadi kering, sulit buang air besar, elastisitas kulit berkurang, urin jadi terlihat lebih gelap, dan kepala menjadi pusing. Jadi minumlah air putih secukupnya sesuai kebutuhan tubuh akan cairan.

2. Menjaga kesehatan kulit

kulit sehat
ilustrasi kulit sehat (pexels.com/ronlach)

Salah satu manfaat air putih adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi air putih dapat menjaga kulit agar tetap lembab dan terhidrasi dengan baik. Karena itulah, kulit akan terjaga kesehatan dan elastisitasnya.

Biasanya bagi orang-orang yang kekurangan minum air putih, kulitnya akan terlihat lebih kusam dan juga kering. Tak hanya kulit, minum air putih juga mampu menghidrasi bibir dan menjaga kelembabannya.

Baca Juga: Manfaat Air Minum pH Tinggi, Atasi Tungkak Lambung hingga Antioksidan

3. Mengurangi risiko batu ginjal

batu ginjal
ilustrasi orang terkena batu ginjal (pexels.com/sorashimazaki)

Manfaat air putih lainnya adalah untuk mencegah batu ginjal. Batu ginjal sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat endapan mineral yang mengeras pada ginjal.

Asupan air putih yang cukup dapat menghindari penyakit batu ginjal. Hal ini karena air berperan dalam melarutkan mineral dan sisa-sisa metabolisme lainnya agar tidak menumpuk dan mengeras di dalam ginjal.

4. Membantu konsentrasi

konsentrasi kerja
ilustrasi konsentrasi kerja (pexels.com/ivansamkov)

Tahukah kamu bahwa salah satu manfaat air putih adalah dapat membantu konsentrasi. Kekurangan cairan juga bisa mempengaruhi fungsi otak seperti menghilangkan fokus dan mengurangi konsentrasi.

Manfaat minum air putih yang juga bisa kamu rasakan adalah mengembalikan dan menjaga konsentrasi, supaya dapat kembali berpikir dengan fokus, dan pekerjaan atau tugas dapat terselesaikan dengan baik.

5. Mengontrol tekanan darah

ilustrasi pencegahan tekanan darah tinggi
ilustrasi cek tekanan darah (iStockphoto.com)

Sebagian besar cairan darah pada manusia terdiri dari cairan. Air dapat membantu mengontrol tekanan darah agar bertahan dalam batas normal, tidak lebih tinggi atau lebih rendah.

Jika kamu kekurangan cairan, hal ini bisa berdampak pada tidak seimbangnya elektrolit darah yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi lebih rendah dari seharusnya.

6. Berat badan turun

ilustrasi penurunan berat badan karena diet
ilustrasi penurunan berat badan karena diet (freepik.com/freepik)

Siapa sangka kalau manfaat air putih juga dapat menurunkan berat badan? Ya, ternyata air putih dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh yang mempermudah dalam proses pembakaran lemak dan pembuangan sisa metabolisme lainnya, baik melalui urin ataupun keringat.

Selain itu, akan lebih baik jika kamu minum air putih terlebih dahulu sebelum mulai makan, supaya kamu dapat merasa kenyang lebih cepat.

7. Menambah stamina tubuh

ilustrasi peningkatan stamina
ilustrasi peningkatan stamina (freepik.com/freepik?

Tak hanya makanan yang mengandung kalori saja yang bisa memberikan energi pada tubuh. Salah satu manfaat air putih lainnya adalah untuk menambah stamina tubuh.

Minum air putih yang cukup juga bisa meningkatkan semangat dan stamina tubuh agar tidak merasa lemas ketika melakukan banyak aktivitas di luar rumah.

8. Pencernaan jadi lebih sehat

pencernaan lancar
ilustrasi pencernaan lancar (freepik.com/wayhomestudio)

Manfaat air putih lainnya adalah untuk melancarkan pencernaan, supaya lebih mudah untuk buang air besar dan membuang seluruh sisa-sisa makanan yang tidak diperlukan tubuh melalui tinja. 


Banyak sekali, kan, manfaat air putih yang bisa kamu peroleh ketika mengkonsumsinya dalam porsi yang cukup. Biasakanlah untuk minum air putih saat bangun tidur, ketika beraktivitas, dan juga sesaat sebelum tidur supaya cairan tubuh terpenuhi dengan baik.

Yuk, mulai rutin konsumsi air putih untuk dapat rasakan manfaatnya!

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Es Teh Hijau Lemon Mint

Es Teh Hijau Lemon Mint

(5.0)

6 langkah

1.1 rb

Lingz

Lingz

Air Jahe Kacang Hijau

Air Jahe Kacang Hijau

(5.0)

5 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi