4 Manfaat Air Minum pH Tinggi untuk Kesehatan Tubuh

Air minum pH tinggi merupakan air dengan sifat lebih basa

4 Manfaat Air Minum pH Tinggi untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Air minum pada umumnya memiliki pH normal atau berkisar pada angka pH 7. Tapi tahukah Sobat Yummy, bahwa meminum air dengan pH lebih tinggi yang cukup digadang-gadang memiliki manfaat lebih tinggi dibandingkan dengan air minum netral.

Untuk tahu lebih detail manfaat air minum pH tinggi, kamu perlu tahu terlebih dahulu, apa, sih, sebenarnya air minum pH tinggi itu? Yuk, simak terus artikel ini.

Apa itu air minum pH tinggi?

pH yakni singkatan dari Potential Hydrogen. Dikutip dari Alodokter, pH merupakan istilah dari derajat keasaman sebagai indikator asam basa dalam air. Air dikatakan memiliki sifat asam jika pH-nya rendah dibawah angka 7, sedangkan air pH tinggi memiliki sifat lebih basa dengan angka pH diatas 7, serta air minum netral berada tepat atau mendekati di pH 7.

Air minum pH tinggi disebut juga air alkali. Air jenis ini umumnya air minum netral yang diolah terlebih dahulu untuk mencapai derajat keasaman pH 8 atau lebih.

Sobat Yummy harus tahu, karena tingginya pH ini, memunculkan sejumlah manfaat yang tinggi bagi tubuh jika diminum secara cukup. Mari simak bersama manfaat air minum pH tinggi, let’s get down!

Manfaat air minum pH tinggi

1. Menyeimbangkan pH tubuh

manfaat air minum pH tinggi
ilustrasi air minum pH tinggi menyeimbangkan pH tubuh (pixabay.com/congerdesign)

Penyebab tingkat keasaman tubuh meningkat biasanya karena stres, pola makan, hingga lingkungan. Hal ini dapat menimalisir kadar oksigen dalam darah yang mengakibatkan sel-sel dalam tubuh cepat mati. Sehingga akan memicu penuaan lebih cepat.

Berdasarkan pernyataan dari jurnal terbitan Farmaka, air minum pH tinggi perlahan dapat menaikkan pH pada sel dan jaringan tubuh. Maka dari itu, kadar asam berlebih dapat ternetralisir dan tubuh kembali netral.

2. Mengatasi masalah asam lambung

Air minum pH tinggi sangat baik diminum oleh seseorang dengan masalah tukak lambung. Masalah lambung biasanya disebabkan oleh konsentrasi enzim pepsin dan asam lambung yang berlebih. Akibatnya dinding lambung akan terkikis dan menimbulkan nyeri di ulu hati, hingga sesak napas.

Dikutip dari Halodoc, air minum pH tinggi dapat menetralkan asam berlebih pada lambung hingga menonaktifkan kelebihan pepsin. Sehingga lambung kembali netral dan dapat bekerja dengan baik untuk memecah molekul makanan yang masuk.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

manfaat air minum pH tinggi
ilustrasi air minum pH tinggi untuk kesehatan tulang (pixabay.com/sabinemondestin)

Dalam studi terbitan Journal of Nutrition, telah dibuktikan bahwa, air alkali memiliki tinggi kadar kalsium dan bikarbonat. Keduanya mampu meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang, sehingga mencegah dari hilangnya massa pada tulang. Maka air minum pH tinggi ini sangat baik diminum oleh penderita osteoporosis.

4. Antioksidan super

Dalam studi oleh Shafira dkk (2019), disebutkan bahwa air minum pH tinggi merupakan antioksidan aktif. Air jenis ini mampu memberi elektron kepada radikal oksigen aktif bebas yang telah sampai di tubuh, sehingga dapat menahan proses oksidasi jaringan oleh radikal bebas tersebut.

Air alkali juga mengurangi kadar keasaman berlebih pada darah, hal tersebut dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Itulah beberapa manfaat yang akan didapat jika kamu minum air alkali yang tinggi pH. Tapi tetap ingat untuk meminum air dengan cukup dan tidak berlebihan.

Sebab, air minum pH tinggi jika dikonsumsi berlebihan akan menghadirkan efek samping yang malah menurunkan kesehatan. Kondisi tersebut dapat memunculkan kondisi alkalosis, yang menyebabkan beberapa gejala seperti, kesemutan, mual, muntah, hingga tremor.

Kelebihan konsentrasi cairan alkali di dalam tubuh, juga menyebabkan turunnya kadar asam lambung. Jika terus menerus akan menyebabkan penurunan kinerja asam lambung dalam membunuh patogen yang ikut masuk melalui makanan. So, tetap bijak dalam meminumnya!

Baca Juga: 10 Minuman Sehat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Towel Cake

Towel Cake

(5.0)

60 mnt

5.7 rb

Artikel Lainnya di nutrisi