​8 Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi dan Sehat

berbagai makanan yang kaya kandungan zinc

​8 Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi dan Sehat

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Zinc merupakan kandungan yang sangat penting bagi tubuh, khususnya untuk memelihara kulit tetap sehat dan menjaga sistem imun. Zinc sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan anak-anak hingga dewasa, dan dibutuhkan juga untuk ibu hamil.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa zinc cenderung lebih baik diserap dari sumber makanan hewani daripada nabati, sehingga para vegetarian dan vegan, atau orang-orang yang menjalani diet terbatas jangka panjang lebih berkemungkinan mengalami kekurangan zinc. Kekurangan zinc dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat, penyakit diare, impotensi, rambut rontok, gangguan nafsu makan, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Apa itu Zinc?

Zinc adalah mineral yang penting bagi kelancaran fungsi tubuh termasuk pada sistem imun, penyembuhan luka, sensitivitas indra perasa dan penciuman, serta fungsi thyroid. Zinc tidak dapat disimpan di dalam tubuh sehingga Sobat Yummy harus dapat memenuhi kebutuhan zinc setiap harinya. The National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan konsumsi antara 8 sampai 12 miligram zinc per hari.

Berikut ini Yummy App sajikan beberapa makanan yang mengandung zinc yang dapat Sobat Yummy pilih.

Baca Juga: 20 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Manfaatnya bagi Tubuh

1. Kerang

olahan kerang hijau
ilustrasi kerang hijau (instagram.com/myfoodstops)

Kebanyakan kerang memiliki kalori rendah tetapi tinggi akan kandungan zinc. Makanan yang mengandung zinc ini memiliki 61 mg zinc dalam setiap 100 gram tiram. Kerang jenis lain juga mengandung zinc meski tidak sebanyak tiram, seperti kerang hijau yang memenuhi 15% DV (Daily Value) untuk laki-laki dan 20% DV untuk perempuan dalam 100 gram penyajian.

2. Daging Sapi

daging sapi
ilustrasi daging sapi (pixabay.com/ralf)

Daging merupakan salah satu sumber utama jika Sobat Yummy sedang memerlukan zinc. Makanan yang mengandung zinc ini memiliki 11 mg zinc dalam 100 gram daging sapi yang mampu memenuhi 44% DV bagi laki-laki dan 60% DV bagi perempuan.

3. Paha ayam

ilustrasi ayam panggang (freepik.com/jcomp)
ilustrasi ayam panggang (freepik.com/jcomp)

Terdapat 2 mg zinc dalam 100 gram paha ayam yang mampu memenuhi sekitar 19% DV. Sedangkan paha ayam tanpa kulit adalah sumber zinc yang sangat baik dengan mengandung sebanyak 25% DV.

4. Yogurt rendah lemak

Selain kaya akan probiotik, yogurt juga termasuk salah satu makanan yang mengandung zinc, di mana dalam 100 gram yogurt rendah lemak terdapat 1 mg zinc atau dapat memenuhi sekitar 9% Daily Value.

5. Rolled oats

semangkuk rolled oats
Ilustrasi rolled oat (pixabay.com/Karyna Panchenko)

Segala jenis biji-bijian adalah pilihan makanan lain yang bagus untuk sumber zinc, tetapi rolled oats merupakan pilihan terbaik. Rolled oats sendiri lebih mudah dicerna, sehingga Sobat Yummy dapat mendapatkan lebih banyak zinc yang yang terkandung di dalamnya. Satu porsi 100 gram rolled oats mentah memiliki sekitar 2,35 mg zinc.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
ilustrasi kacang (pixabay.com/ExplorerBob)

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan kacang pinus memiliki kandungan zinc yang cukup banyak. Seperti kacang mete yang dalam 28 gram menyediakan 15% DV (Daily Value) bagi laki-laki dan 21% bagi perempuan. Selain itu, kacang-kacangan mampu mengurangi resiko penyakit berat seperti kanker dan penyakit hati.

7. Telur

Tahukah Sobat Yummy, bahwa telur termasuk salah satu makanan yang mengandung zinc. Telur menyediakan jumlah zinc standar yang dapat memenuhi kebutuhan harian Sobat Yummy. Satu buah telur berukuran besar mengandung sekitar 5% DV (Daily Value) bagi laki-laki dan 7% DV bagi perempuan. Telur juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti protein, lemak baik, dan vitamin B.

8. Olahan Susu

ilustrasi produk olahan susu paling terkenal
ilustrasi produk olahan susu paling terkenal (freepik.com/Freepik)

Makanan yang mengandung zinc terakhir dari Yummy App kali ini adalah olahan susu. Olahan susu seperti keju memiliki kandungan bioavailable zinc yang tinggi. Contohnya, 28 gram keju cheddar bisa memenuhi 10% DV (Daily Value) laki-laki dan 13% DV perempuan. Tak hanya keju, 244 gram susu dapat memenuhi 9% DV untuk laki-laki dan 13% DV untuk perempuan.

Baca Juga: ​15 Makanan yang Mengandung Vitamin B, Baik untuk Metabolisme

Sebagian besar orang akan mendapatkan cukup zinc dengan makan-makanan yang sehat dan seimbang. Kebanyakan pria dewasa membutuhkan 14 miligram zinc per hari, sedangkan kebanyakan wanita membutuhkan 8 mg per hari. Tetapi bagi beberapa orang seperti orang tua, orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan, orang dengan kondisi saluran pencernaan tertentu, dan orang yang sedang hamil atau menyusui dapat membutuhkan lebih banyak zinc daripada yang lainnya.

Nah, jika Sobat Yummy bingung mengenai kreasi menu apa saja dari pilihan makanan di atas, yuk segera unduh Yummy App dan temukan berbagai macam resep sesuai selera kalian.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya di nutrisi