Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Cara Makan Mie Panjang Umur dan Maknanya

Ketahui cara makan mie panjang umur dan maknanya

Dalam budaya Imlek, menjaga kesehatan dan umur panjang menjadi nilai penting. Salah satu tradisi yang turut merawat kesejahteraan ini adalah dengan mengonsumsi mie panjang umur khas Imlek. 

Bagaimana sebenarnya cara makan mie panjang umur ini sesuai dengan tradisi imlek dan maknanya? Berikut penjelasannya!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Cara Makan Mie Panjang Umur dan Maknanya

ilustrasi mie umur panjang (youtube.com/netentertaimentnews)

Hidangan mie panjang umur seringkali disajikan dalam momen istimewa seperti perayaan Tahun Baru Imlek, pernikahan, atau pesta ulang tahun. Tradisionalnya, mie ini memiliki bentuk lebih panjang daripada mie biasa dan tidak dipotong. 

Tujuannya adalah untuk melambangkan umur panjang dan kesehatan. Biasanya dihidangkan dengan i fu mie atau yi mein dan daging kepiting dalam sup. Dalam budaya Cina, mie dianggap sebagai simbol umur panjang, dan karenanya, mie panjang umur selalu hadir dalam perayaan ulang tahun dan Imlek. 

Dikenal juga sebagai Siu Mie, katanya makan mie ini saat Imlek membawa harapan untuk umur panjang, kebahagiaan, dan keberuntungan di tahun baru. Maka dari itu cara makan mie panjang umur diusahakan jangan sampai terpotong!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Imlek dan Kalori Di Dalamnya, Awas Kebanyakan

ilustrasi mie umur panjang (youtube.com/seleranusantara)

Baca Juga: 12 Makanan Khas Imlek yang Wajib Ada dan Maknanya

Tidak hanya cara makan mie panjang umur yang memiliki makna rejeki tidak terputus, mie ini juga mie yang panjang menjadi simbol usia, sehingga saat menikmati siu mie saat perayaan Imlek, diharapkan mendapatkan umur yang panjang. 

Sajian mie panjang umur sering menjadi bagian dari santap malam menjelang pergantian tahun. Sebelum menyantapnya, sering diucapkan doa dan harapan untuk tahun yang lebih baik. Uniknya, cara makan mie panjang umur mie ini dimakan utuh tanpa digigit, dan agar tidak putus, biasanya dimakan dengan sumpit. Isiannya kaya dengan sawi, kol, jamur, udang, kerang, dan cumi, membuatnya berbeda dari mie goreng biasa.

Dengan menggali lebih dalam ke dalam budaya cara makan mie panjang umur khas Imlek, kita dapat mengapresiasi kearifan nenek moyang dalam menjaga kesehatan dan umur panjang. Selamat tahun baru Imlek, dan jangan lupa install Yummy App agar bisa mengetahui berbagai informasi kuliner yang cocok untuk tahun baru Imlek!

Baca Juga: 10 Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan, Simbol Kebahagian Imlek

Bagikan: