Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Kode Botol Plastik Ini Perlu Diperhatikan!

Botol plastik bisa berbahaya jika digunakan terus-menerus

Kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah terlepas dari penggunaan plastik. Salah satu produk dari plastik yang banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari adalah botol minum.

Dibandingkan membawa botol dari bahan lain, kebanyakan orang memilih untuk membawa botol minum plastik yang mungkin dirasa lebih ringan dan mudah.

Namun, kamu tahu gak kalau ternyata ada beberapa botol plastik yang tidak boleh digunakan secara berulang? Bahkan ada beberapa botol plastik yang hanya boleh digunakan dalam sekali pakai.

Hal tersebut biasanya sudah bisa kamu ketahui dari kode botol plastik terdapat di permukaan bawahnya. Mari simak lebih lanjut mengenai kode botol plastik, sebagai tanda aman atau tidak amannya sebuah botol plastik digunakan secara berulang.

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Tanda Segitiga pada Botol

ilustrasi tanda segitiga pada botol (instagram.com/virginadinda)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, setiap botol plastik pasti memiliki kode botol yang perlu kamu perhatikan. Kode botol plastik tersebut berbentuk segitiga yang diikuti dengan angka di dalamnya, maupun tulisan yang ada di bawah gambar segitiga. Gambar segitiga ini menandakan bahwa botol plastik dapat didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Namun kode angka dan tulisan pada botol tidak bisa diabaikan begitu saja, kode tersebut justru memberikan informasi penting yang tidak boleh kamu lewatkan.

Salah satu kode botol plastik dengan lambang segitiga, angka 1, dan tulisan PET/PETE yang harus kamu pahami. Botol dengan kode PET/PETE biasanya merupakan botol transparan yang terbuat dari bahan polyethylene terephthalate. Botol plastik ini termasuk botol yang aman digunakan untuk minuman, hanya saja tidak boleh digunakan secara berulang.

Jika digunakan berulang, bahan PET bisa larut dalam air dan dapat membahayakan kesehatan tubuh kamu, hingga memicu penyakit kanker. Jadi, kamu jangan menggunakan botol plastik dengan kode PET secara berulang untuk digunakan sebagai tempat minum, ya. 

Ternyata bukan hanya PET saja, tetapi ada juga kode angka 3 dan PVC yang bahkan tidak boleh digunakan sebagai botol minuman ataupun kemasan makanan karena mengandung racun yang tinggi. Jadi kamu perlu mewaspadai jika menemukan tempat minum yang bertuliskan PVC atau V, karena sebenarnya bahan tersebut sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Tetapi tidak semua kode botol plastik menandakan hal yang berbahaya, loh. Ada juga kode botol yang menandakan kalau botol tersebut aman digunakan secara berulang seperti di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Kode Produksi Barang dan Kegunaannya 

Kode Botol Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali

1. HDPE atau PEHD

ilustrasi kode botol HDPE (instagram.com/vrginaradin)

Kode HDPE ini merupakan jenis botol plastik yang terbuat dari high density polyethylene. Biasanya botol plastik dengan kode HDPE digunakan pada galon air mineral, botol sampo, botol deterjen, dan juga botol sabun. Biasanya kode HDPE ini diikuti dengan angka 2 yang menandakan bahwa botol plastik dapat digunakan secara berulang, dengan memperhatikan kebersihan dari botol.

2. PP (Polypropylene)

ilustrasi kode botol PP (instagram.com/vrginaradin)

Kode botol plastik aman digunakan secara berulang selanjutnya adakah kode angka 5 dan PP yang berarti terbuat dari polypropylene. Bahan ini cukup kuat dalam menahan panas dan tidak seberbahaya bahan lainnya.

Biasanya PP digunakan sebagai botol minuman, botol susu, bungkus makanan, tempat margarin, dan juga botol sirup. Botol dengan kode PP aman dan boleh digunakan secara berulang untuk minuman ataupun membungkus makanan.

Sayangnya, botol ini sulit didaur ulang, sehingga alangkah lebih baik jika penggunaannya dibatasi.

Kini kamu sudah lebih paham, kan, terkait kode botol plastik. Pastikan kamu tidak menggunakan botol sekali pakai secara berulang, supaya tidak membahayakan kesehatan tubuh. Bukan hanya perlu memperhatikan pola makan, kamu juga harus peduli dengan peralatan yang kamu gunakan untuk makan dan minum, ya!

Baca Juga: Arti 3 Kode Logo Rumah Makan Sederhana

Bagikan: