Yuk, Catat! Cara Agar Alpukat Cepat Matang dan Tidak Busuk

Ikuti beberapa cara ini, jika mau alpukat matang merata!

Yuk, Catat! Cara Agar Alpukat Cepat Matang dan Tidak Busuk

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Mengimajinasikan es alpukat yang lewat di beranda sosmed memang membuat ngiler, ya. Jadi kamu memutuskan untuk membeli buah alpukat sendiri.

Tapi, buah yang terlanjur dibeli ternyata belum matang sempurna. Eits! Jangan kecewa dulu, Sobat Yummy. Coba simak artikel dari Yummy App kali ini, mengenai cara agar alpukat cepat matang dan tidak busuk. Let’s get to the list!

1. Simpan alpukat pada tempat yang hangat

cara agar alpukat cepat matang dan tidak busuk
ilustrasi alpukat matang (pixabay.com/tookapic)

Cara agar alpukat cepat matang, yakni simpan di tempat yang hangat. Tempat yang hangat akan menstimulasi buah cepat memproduksi gas etilen.

Sobat Yummy harus tahu, nih! Dinyatakan dalam Prosiding SEMNAS Bio 2021, gas etilen merupakan hormon aktif pada suatu tanaman, yang bertanggung jawab terhadap proses pematangan buah. Buah yang disimpan pada ruang dengan suhu yang lebih hangat, cenderung akan lebih cepat matang dibandingkan, disimpan dilemari es.

Sobat Yummy bisa menyimpah buah alpukat di dekat benda yang mengeluarkan suhu hangat, seperti di belakang kulkas ataupun penanak nasi.

Cek kematangan buah dengan menekan daging buah secara pelan. Jika sudah lunak, maka alpukat telah matang. Biasanya dengan cara ini memakan waktu 2–4 hari.

Tapi ingat! Buah alpukat yang telah matang, jangan diletakkan di tempat hangat lagi, agar buah awet dan tidak cepat busuk.

2. Dibungkus tisu dan lakban

tisu
ilustrasi tisu (unsplash.com/rafly alfaridzy)

Cara yang satu ini pernah populer pada masanya. Hingga mungkin cara ini sudah diketahui oleh mayoritas penggemar alpukat.

Setelah alpukat sudah dicuci bersih, Sobat Yummy bisa memotong sedikit bagian ujung atau moncong alpukat. Kemudian tutup bagian yang terbuka dengan tisu, dan rekatkan dengan lakban.

Cara ini membutuhkan waktu 3–4 hari untuk matang sempurna. Cek kematangan dengan menggoyangkan buah alpukat. Jika terdengar bunyi guncangan dari biji, maka alpukat sudah matang.

3. Simpan alpukat dengan mangga atau pisang

pisang matang
ilustrasi mangga dan pisang (unsplash.com/alice young)

Jika ingin buah alpukatmu cepat matang, Sobat Yummy bisa menyimpannya bersama dengan buah-buahan jenis klimaterik, seperti mangga atau pisang.

Buah klimaterik seperti yang dijelaskan pada laman Innovation IPB, merupakan buah dengan lonjakan produksi gas etilen yang meningkat saat panen. Maka dari itu, proses kematangan lebih cepat. Buah yang termasuk dalam jenis ini, yakni mangga, pisang, melon, dan lainnya.

In fact, alpukat juga merupakan buah klimaterik. Sehingga, jika alpukat diletakkan berdampingan dengan buah klimaterik lainnya, produksi gas etilen akan semakin meningkat dan mengelilingi buah. Tingkat kematangan pun diperoleh lebih cepat. Cara ini membutuhkan waktu 1–2 hari, untuk alpukat matang sempurna.

Baca Juga: Anti Gagal! Inilah 5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus

4. Memendam alpukat dalam beras

beras
ilustrasi beras untuk memendam alpukat (unsplash.com/pierre bamin)

Mungkin ini merupakan cara yang everybody knows, karena sering kali diterapkan bahkan tidak pada alpukat saja, mematangkan buah lainnya juga kerap menggunakan cara ini.

Sobat Yummy hanya perlu memendam alpukat pada beras hingga terkubur sempurna, hal ini akan memerangkap gas etilen. Biasanya cara pemendaman ini memerlukan waktu 2–3 hari.

5. Membungkus alpukat dengan koran

koran
ilustrasi koran untuk membungkus alpukat (unsplash.com/absolutvision)

Cara lain agar alpukatmu cepat matang, yakni membungkusnya dengan kertas koran. Cara membungkus alpukat ini, mampu memerangkap gas etilen yang terproduksi dalam buah agar tetap mengelilingi buah hingga tingkat kematangan tercapai. Estimasi waktu hingga alpukat matang, sekitar 3 hari.

6. Membungkus alpukat dengan plastic wrap

plastic wrap
ilustrasi plastic wrap untuk membungkus alpukat (pinterest.com/familyhandyman.com)

Bagaimana cara menyimpan alpukat jika sudah terlanjur dibuka, tapi mengetahui fakta bahwa buah belum matang? Tenang, Sobat Yummy. Jika kasusnya seperti itu, ada caranya, kok, agar alpukat tetap mencapai kematangan dan tetap bersih.

Kamu bisa gabungkan kembali belahan alpukat yang sudah dipotong, kemudian lapisi buah dengan plastic wrap. Agar tetap higienis, simpan alpukat yang terplastik pada lemari es. Metode ini dapat memerangkap gas etilen, akan tetapi waktu yang dibutuhkan untuk matang lebih lambat, karena disimpan dalam lemari es.

Perlu diingat Sobat Yummy, alpukat yang termasuk dalam jenis buah klimaterik memang cepat matang tapi juga cepat busuk. Maka dari itu, saat buah sudah mencapai kematangan kamu bisa langsung taruh alpukat pada lemari es, agar lebih tahan lama. Jadi, mau menggunakan cara yang mana?

Baca Juga: Bingung Pilih Melon? Yuk, Ikuti 7 Tips Cara Memilih Melon yang Manis!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Diana Nurjanah

Diana Nurjanah

Avocado Corn Honey Juice

Avocado Corn Honey Juice

(5.0)

7 langkah

242

Artikel Lainnya di tips