7 Langkah Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar dan Bebas Pestisida

Simak langkah-langkah mencuci buah dan sayur yang benar

7 Langkah Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar dan Bebas Pestisida

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Buah dan sayur telah menjadi sumber nutrisi yang penting bagi tubuh. Namun, Sobat Yummy perlu memperhatikan juga perihal kebersihan sayur dan buah-buahan yang akan dikonsumsi. Semakin bersih buah dan sayur yang dikonsumsi, maka akan semakin kecil juga risiko penyakit akibat makanan.

Mencuci dengan benar merupakan tahap yang tak boleh dilewatkan untuk menjaga diri dari kontaminasi bakteri, sisa kotoran, hingga sisa zat kimia seperti pestisida yang terkadang masih menempel pada buah-buahan dan sayuran. Oleh karenanya, Yummy App akan menjelaskan 7 langkah mencuci buah dan sayur dari Dinas Kesehatan NTB yang harus Sobat Yummy ketahui agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Buah Segar, Manis, dan Layak Konsumsi

1. Pisahkan Buah dan Sayur yang Perlu Dicuci

1. Pisahkan Buah dan Sayur yang Perlu Dicuci
ilustrasi memisahkan sayur dan buah yang perlu dicuci (pexels.com/picjumbo.com)

Pertama-tama, pisahkan buah-buahan dan sayuran yang butuh dicuci. Hal ini dilakukan agar paparan kotoran dan zat kimia yang tersisa di buah dan sayur tidak tercampur ke makanan lain.

Sebelum mencuci, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu serta pastikan kebersihan alat masak.

2. Cuci dengan Air Mengalir

mencuci buah
Ilustrasi mencuci menggunakan air mengalir (pexels.com/Askar Abayev)

Sebaiknya cuci buah dan sayur menggunakan air mengalir agar kotoran dapat langusng larut dan terbuang. Tidak dianjurkan untuk mencuci di dalam suatu wadah karena dapat menyebabkan kotoran menempel kembali. 

3. Gunakan Sabun Khusus atau Baking Soda Jika Perlu

Perbedaan Baking Soda, Baking Powder dan Soda Kue
ilustrasi baking soda (freepik.com/freepik)

Sobat Yummy dapat menggunakan sabun khusus untuk memebantu melarutkan zat kimia seperti pestisida yang menempel pada buah dan sayur. Disarankan menggunakan produk organik yang lebih aman bagi tubuh dan lingkungan.

Jika dirasa perlu, gunakan juga soda kue atau baking soda karena dipercaya sangat efektif untuk menghilangkan zat-zat kimia. Sobat Yummy dapat menambahkan satu sendok teh soda kue ke dalam wadah berisi air lalu rendam bersama buah atau sayur selama 12 hingga 15 menit sebelum dibilas menggunakan air mengalir.

4. Gunakan Sikat

menyikat kentang
Ilusrasi menyikat kentang agar bersih (wikihow.com)

Bersihkan seluruh bagian dan permukaan, Sobat Yummy dapat menggunakan bantuan sikat lembut khususnya untuk sayur atau buah semacam kentang, singkong, serta labu siam. Disarankan untuk menggosoknya dengan dialiri air sehingga kotoran dapat langsung terangkat.

5. Bilas hingga Bersih

membilas buah
Ilustrasi membilas buah hingga bersih (pexels.com/RDNE Stock project)

Jangan lupa untuk membilas buah dan sayur hingga bersih dan tidak ada sisa sabun atau kotoran yang tersisa. Bilas sambil digosok perlahan dengan tangan.

6. Keringkan dan Perhatikan Cara Penyimpanan

menyimpan sayuran
ilustrasi menyimpan sayuran (pexels.com/Stanislav Kondratiev)

Setelah mencuci buah dengan bersih, jangan lupa untuk segera mengeringkan atau mengolah kembali buah dan sayur yang ada. Perlu diperhatikan mengenai cara menyimpan buah dan sayur karena ada beberapa jenis buah dan sayur yang lebih baik disimpan di udara terbuka dan ada juga yang lebih baik disimpan di dalam kulkas.

7. Potong Bagian yang Rusak

memotong sayuran
ilustrasi memotong bagian sayuran yang rusak (pexels.com/Ron Lach)

Apabila Sobat Yummy menemui buah atau sayuran yang memiliki bagian rusak, kalian dapat memotong bagian tersebut untuk memastikan tidak adanya ulat atau organisme lainnya. Potong menggunakan pisau yang bersih.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas, Bisa Tetap Segar Kok!

Itulah beberapa langkah mencuci buah dan sayur yang benar. Mulai dari memisahkan buah dan sayur yang perlu dicuci, menggunakan air mengalir, menyikat bagian yang kotor, membilas, mengeringkan, hingga memotong bagian yang rusak.

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai tips seperti di atas, yuk segera unduh Yummy App dan temukan berbagai informasi yang tentunya berguna untuk Sobat Yummy.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya di tips