Pipiltin Buka Pabrik Cokelat Baru untuk Menceritakan Kisah Petani 

Bertujuan untuk Membantu Petani Cocoa di Bogor.

Pipiltin Buka Pabrik Cokelat Baru untuk Menceritakan Kisah Petani 

penulis:

Fakhri Putra Anggara

Bagikan:

Hai Sobat Yummy, Pipiltin Cocoa baru saja membuka pabrik coklat terbarunya loh, pada tanggal 25 Juli 2024 di Parung, Bogor. Dengan dibukanya pabrik baru ini, Pipiltin berharap dapat memperluas dan memperbesar produksi produk coklat mereka yang bervariasi.

Sobat Yummy pastinya sudah tau nih dengan Pipiltin Cocoa, sebuah brand Coklat lokal yang memproduksi produk olahan coklat yang bervariatif. Pipiltin Cocoa sendiri menggunakan biji cocoa hasil dari petani lokal yang tersebar dari berbagai pulau seperti Kalimantan Timur dan Papua Barat. Biji cocoa yang dipakai oleh Pipiltin Cocoa ini adalah pilihan - pilihan terbaik dari hasil petani bangsa, karena hasil dari biji cocoa ini sudah memenangkan medali emas dan silver untuk Indonesia loh.


Acara peresmian pabrik Pipiltin Cocoa ini juga diikuti dengan diskusi panel yang mengangkat topik Penguatan Rantai Pasok Fine Flavor Cocoa dalam Perkembangan Pasar dari Biji hingga Cokelat Batangan. Diskusi ini dipimpin oleh Ibu Gita Syahrani dari Koalisi Ekonomi Membumi (KEM) selaku moderator dan turut dihadiri oleh para partner mulai dari lembaga pemerintah yang diwakili oleh Bapak Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia, Ibu Ni Made Ayu Marthini selaku Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prof. Dr. Charlie Danny Heatubun, S.Hut, M.Si, FLS selaku Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Papua Barat, Bapak Andanu Prasetyo selaku Founder dari Toko Kopi Tuku, Ibu Agung Widiastuti selaku Direktur Yayasan Kalimajari, dan beberapa perwakilan dari para partner lainnya. 


Dalam diskusi ini beberapa point dibawa untuk membahas masa depan dunia coklat. Point - point yang dibahas seperti membenahi rantai pasok untuk para petani,  program factorysharing untuk memfasilitasi UMKM dengan teknologi terdepan, hilirisasi dan juga permasalahan lahan untuk menanam tanaman cocoa. Koordinasi antara pemerintah, petani, dan masyarakat merupakan hal yang penting agar cerita mengenai coklat ini dapat terdengar hingga skala international.

Sangat menarik kan? Yuk Sobat Yummy, langsung aja cobain produk-produk dari Pipiltin Cocoa dan support para petani cocoa lokal!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya di event