Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Mille Crepes, Hidangan Dessert yang Mendunia!

Hidangan dessert yang berlapis-lapis

Para penggemar dessert pasti ada di barisan paling depan, nih, ketika ada menu baru di resto ataupun berbagai tempat makan lainnya. Mungkin kamu juga sudah mencoba mille crepes, dessert manis yang sempat viral di media sosial.

Varian rasa mille crepes kini semakin beragam, dari mulai red velvet, fruit, cokelat vanika, oreo, dan green tea yang banyak diminati anak muda jaman sekarang. Nah, supaya kamu bisa lebih mengenal apa itu mille crepes dan berasal dari manakah mille crepes, kamu bisa scroll terus artikel Yummy App ini sampai habis, ya!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Apa Itu Mille Crepes?

Jika kamu belum pernah mencoba mille crepes, akan lebih baik kamu mengenal apa itu mille crepes terlebih dahulu. Mille crepes merupakan tumpukan beberapa lapis crepes tipis yang diolesi krim pada setiap lapisannya.

Sesuai dengan jenisnya yang merupakan kue, rasa manis mendominasi dessert yang satu ini. Jadi, bagi kamu yang memang gemar dengan makanan manis, mille crepes bisa kamu masukkan ke dalam daftar kue favorit di tahun ini.

Mille crepes biasanya dibuat dengan 18 hingga 22 lapisan crepe tipis, yang membuatnya berbeda dengan kue-kue pada umumnya.

Asal Mula Mille Crepes

ilustrasi mille crepe (dok. SideChef)

Seperti croissant, banyak yang mengira kue berlapis crepes dengan sentuhan olesan krim di setiap lapisannya ini berasal dari Prancis. Namun ternyata mille crepes bukan berasal dari Prancis, loh.

Sebenarnya, mille crepes pertama kali dibuat pada tahun 1985 oleh koki asal Jepang yang bernama Emy Wada, walaupun memang saat ini mille crepes menjadi sajian khas Prancis. Pada masanya, Emy Wada menjual mille crepes di restonya sendiri yang bernama Paper Moon Cafes yang terletak di Tokyo.

Nama mille crepes sendiri berasal dari kata “mille-feuilles” yang memiliki arti a thousand leave. Namanya tentu sesuai dengan sajian mille crepes yang memang dibuat berlapis-lapis, mencapai 20 lapisan.

Kamu tentu tidak perlu merasa tertipu dengan kalimat ‘a thousand leave’, ya. Karena itu hanyalah sebuah hiperbola untuk membuat mille crepes terlihat semakin menarik.

Sajian mille crepes bisa kamu nikmati langsung di kafe yang menjual kue tersebut, ataupun dinikmati di rumah untuk bersantai sambil menonton film.

Resep dan Cara Membuat Choco Mille Crepes

Setelah tahu apa itu mille crepes dan asal-usulnya, sekarang kamu juga perlu tahu nih resep dan cara membuat mille crepes yang bisa  dipraktikkan sendiri di rumah. Yummy App akan membagikan resep dan cara buat choco mille crepes yang enak, langsung simak di bawah ini Sobat Yummy.

Bahan utama:

Bahan adonan cream:

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu dan cokelat bubuk dalam satu wadah, lalu aduk.
  2. Tambahkan susu cair, aduk sampai adonan mencair.
  3. Setelah itu, masukkan telur dan mentega cair, dan aduk kembali sampai seluruh bahan tercampur rata.
  4. Jika sudah rata, cetak adonan crepes di atas teflon satu persatu dan lakukan sampai adonan habis.
  5. Selanjutnya, siapkan whipping cream bubuk, dan kocok sampai menjadi kaku. Lalu tambahkan cokelat batang yang sudah dilelehkan. Aduk hingga rata.
  6. Susun lapisan crepes dan olesi dengan krim hingga menjadi beberapa lapisan sampai kedua adonan habis.
  7. Hias mille crepes sesuai dengan selera, dan masukkan ke dalam kulkas selama beberapa menit, agar lebih enak saat dikonsumsi.
  8. Choco mille crepes pun siap kamu santap sambil bersantai.

Dari penjelasan di atas, kamu pasti jadi semakin tertarik dengan mille crepes, kan? Yuk, Sobat Yummy kita coba buat camilan ini di rumah!

Baca Juga: Cara Membuat Tres Leches, Kue Khas Asal Meksiko

Bagikan: