Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

20 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

Berbagai oleh-oleh dengan citas rasa manis hingga asin

Balikpapan merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan. Kota ini mendapat label sebagai Kota Minyak. Hal ini karena Balikpapan punya kilang minyak dengan kapasitas yang besar. Tak ayal jika kota yang berusia 126 tahun ini disebut sebagai kota maju, karena banyaknya industri yang sedang beroperasi di sana.

Selain maju di sektor minyak, keunggulan lain dari kota ini adalah Balikpapan juga memiliki berbagai daya tarik mulai dari budaya, tempat wisata, hingga kuliner khasnya yang cocok dijadikan oleh-oleh wajib dibawa pulang. Jika Sobat Yummy berencana berlibur ke Balikpapan, Yummy App telah merangkum daftar oleh-oleh khas Balikpapan sebagai rekomendasi kamu. Let’s check!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Bingka Kentang

ilustrasi bingka kentang khas Balikpapan (instagram.com/sistershomemadeshop)

Oleh-oleh khas Balikpapan yang wajib banget kamu bawa pulang, yakni bingka kentang. Makanan tradisional ini termasuk salah satu kue basah dengan tekstur lembut, dan yang menjadi highlight dari kue bingka ini adalah bahan dasar kentangnya.

Bingka kentang Balikpapan memiliki bentuk seperti bunga yang sudah menjadi ciri khasnya. Oleh-oleh satu ini hadir dengan berbagai varian rasa selain original. Sobat Yummy juga bisa membawa pulang bingka kentang dengan rasa keju, cokelat, hingga pandan.

2. Bakpia

Bakpia memang sudah menjadi oleh-oleh merakyat yang ada di setiap daerah, termasuk Balikpapan. Eits, tapi bakpia khas Balikpapan ini beda, loh, dari bakpia lainnya.

Jajanan ini memiliki bentuk bulatan yang lebih besar, dan memiliki cita rasa yang cenderung lebih gurih, alih-alih manis seperti bakpia pada umumnya. So, jika Sobat Yummy penasaran untuk mencicipi cita rasa gurih dari bakpia khas Balikpapan, oleh-oleh ini bisa masuk ke list yang wajib kamu beli.

3. Roti Mantau

ilustrasi roti mantau khas Balikpapan (instagram.com/gulagembira)

Jajanan satu ini menjadi oleh-oleh khas Balikpapan yang tidak afdol jika tidak dibawa pulang. Roti mantau merupakan roti dengan adonan lembut yang digoreng dan memiliki berbagai macam filling, seperti cincangan daging sapi atau kambing.

Penyajian roti mantau lengkap dengan saus cocolan dengan rasa balado atau lada hitam. Tapi kamu maunya makan manis? Tenang, roti mantau tidak hanya tersedia dengan filling asin, tapi oleh-oleh satu ini juga hadir dengan rasa coklat, krim, dan lainnya. Cara membuat roti mantau juga tidak sulit, kok. Kamu bisa intip resepnya di Yummy App!

4. Keripik Iron

Punya nama yang unik, tapi keripik khas Balikpapan satu ini bukan benar-benar terbuat dari besi seperti harfiahnya dalam Bahasa Inggris, ya. Keripik iron terbuat dari singkong, dengan diberi rasa seperti pedas manis, original asin, hingga balado. Keripik renyah gurih ini sangat cocok menjadi teman camilanmu dengan secangkir teh.

5. Brownies Batubara

ilustrasi brownies batubara khas Balikpapan (instagram.com/rumahkuebrowniesstalkuda)

Satu lagi oleh-oleh yang memiliki nama unik. Brownies batubara bukan secara nyata batubara yang dibuat menjadi brownies, ya, Sobat Yummy.

Kue ini memiliki tampilan berwarna hitam pekat dengan ditaburi banyak serpihan cokelat, sehingga tampilannya mirip seperti batubara. Brownies batubara memiliki cita rasa yang manis legit dan sedikit pahit dari cokelat asli, yang dijamin nagih jika kamu cicipi.

6. Abon Kepiting

Beralih ke olahan seafood khas Balikpapan. Abon kepiting cukup terkenal di Balikpapan dan tak jarang pelancong harus memilih abon kepiting sebagai oleh-oleh.

Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga tahan lama sehingga sangat praktis. Abon kepiting terbuat dari 100 persen daging kepiting asli yang dimasak dengan bumbu khas Balikpapan. Sobat Yummy wajib beli dan cicipi abon lezat satu ini!

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Palembang, Wajib Diborong Semua!

7. Rempeyek Kepiting

ilustrasi rempeyek kepiting khas Balikpapan (instagram.com/kampoengtimoer.id)

Balikpapan punya olahan kepiting lainnya yang tidak kalah unik, yakni rempeyek kepiting. Secara umum rempeyek memiliki bentuk yang lebih tipis, lebar, dan bertoping kacang-kacangan, udang, maupung teri.

Tapi, Balikpapan punya rempeyek yang bentuknya lebih mini seperti kerupuk iris goreng yang terbuat dari campuran tepung dan daging kepiting. Tekstur camilan satu ini luar biasa kriuk dengan cita rasa gurih dan manis dari daging kepiting yang fresh.

8. Pisang Gapit

Berkunjung ke Balikpapan, kamu wajib cicipi pisang gapit. Camilan satu ini merupakan pisang yang dibakar dengan teknik unik, yakni digapit atau dijepit pada sela-sela kayu.

Pisang gapit disajikan lengkap dengan siraman saus manis campuran gula merah dan santan, kemudian diberi irisan nangka. Sensasi cita rasa kuliner satu ini dapat manjakan lidahmu!

9. Kerupuk Amplang

ilustrasi amplang khas Balikpapan (instagram.com/galeri.citarasa)

Sobat Yummy harus tahu, kerupuk amplang menjadi oleh-oleh paling populer yang pasti laris, loh! Tidak lengkap jika kamu ke Balikpapan tapi tidak membawa pulang amplang.

Kerupuk ini terbuat dari campuran ikan tenggiri, tapioka, dan rempah-rempah. Kerupuk amplang memiliki cita rasa gurih, renyah, cocok sebagai pendamping makan ataupun camilan teman nonton acara TV kesukaanmu.

10. Mandai Crispy

Mandai crispy merupakan jajanan klasik jagoan daerah Balikpapan. Kuliner satu ini merupakan olahan kulit buah cempedak yang digoreng tepung hingga krispi.

Mandai crispy menjadi favorit warga Balikpapan karena rasanya mirip ayam crispy. Oleh-oleh ini hadir dengan berbagai rasa milenial yang lezat, seperti balado, keju, dan sebagainya.

11. Onde-onde Ubi Ungi

ilustrasi onde ubi ungu (instagram.com/rumahkuebrowniesstalkuda)

Jika onde-onde pada umunya memiliki isian kacang hijau, berbeda dengan onde-onde khas Balikpapan satu ini. Kue tradisional ini diisi dengan ubi ungu tumbuk yang manis, dengan taburan wijen yang melimpah diatasnya.

Onde-onde khas Balikpapan yang unik ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang nikmat. Terlebih lagi sangat cocok untuk teman minum kopi.

12. Kue Ilat Sapi

Oleh-oleh satu ini memiliki nama yang unik. Tapi, bukan berarti kue ini terbuat dari lidah sapi. Hanya saja bentuknya yang lonjong dengan warna cokelat dan tebal, mirip lidah sapi.

Kue ilat sapi terbuat dari tepung dan gula merah, serta memiliki cita rasa manis legit. Kue ini biasanya diberi taburan wijen diatasnya, ataupun gula bubuk.

13. Bolu Gulung Jenebora

ilustrasi bolu gulung jenebora (instagram.com/gulungjenebora)

Gulung Jenebora merupakan sebuah outlet oleh-oleh khas Balikpapan, yang memiliki beberapa cabang salah satunya di Bandara Balikpapan. Pusat oleh-oleh ini memiliki menu bolu gulung andalan yang lezat.

Bolu gulung Jenebora memiliki berbagai varian rasa greentea, durian, hingga nanas. Sobat Yummy tidak melewatkan kuliner satu ini, yang cocok sebagai camilan manis teman minum teh.

Baca Juga: Cara Membuat Roti Pisang Goreng dan Bolu Kukus Pisang, Dijamin Lezat! 

14. Cake Pisang Buah Naga Jenebora

Masih berkunjung di pusat oleh-oleh Jenebora? Kamu harus sekalian borong cake pisang buah naganya, deh!

Tidak hanya bolu gulung, cake satu ini juga menjadi andalan, dengan rasa perpaduan antara pisang dan buah naga menciptakan cita rasa yang unik, serta legit. Satu loyang cake unik khas Balikpapan ini dibandrol hanya Rp47.000,- saja.

15. Kue Salak

ilustrasi kue salak khas Balikpapan (instagram.com/berita.bojonegoro)

Daya tarik Balikpapan seakan tiada habisnya. Kali ini ada inovasi unik yang menciptakan suatu makanan manis yang lezat.

Kue salak meng-highlight buah salak yang manis pada pembuatannya, dan diberi irisan buah salak segar di atas kue. Sobat Yummy haru tahu, oleh-oleh ini pernah menjadi juara pertama pada Festival Penganan Khas Balikpapan, loh! Jadi tidak perlu diragukan lagi, bagaimana nikmatnya rasa Kue Salak Balikpapan.

16. Dodol Salak

Bosan dengan rasa dodol yang itu-itu saja? Jika kamu ke Balikpapan kamu harus bawa pulang dodol salak. Rasa yang unik perpaduan manisnya gula merah dan santan dengan legitnya salak segar, yang dijamin tidak membosankan.

17. Sambal Ulek Salak

ilustrasi sambal salak khas Balikpapan (instagram.com/cakesalak)

Masih seputar olahan salak, Balikpapan punya sambal unik yang terbuat dari salak. Sambal ini berbahan dasar dari daging buah salak segar. Sobat Yummy harus mencoba dan merasakan sendiri keunikan dan lezatnya sambal ulek salak, yang dapat menemani aktivitas makanmu.

18. Mie Desa

Balikpapan punya inovasi mie yang unik dengan bahan dasar yang alami dan sehat, seperti sawi, wortel, ubi ungu, buah naga, hingga bayam. Sehingga warna dari Mie Desa sangat colorful. Kamu bisa menjadikan kuliner frozen satu ini sebagai oleh-oleh yang harus dibawa pulang.

19. Kerupuk Ikan Pepija

ilustrasi kerupuk ikan pepija khas Balikpapan (kampoengtimoer.co.id/kampoengtimoer)

Oleh-oleh berikutnya yang harus kamu bawa pulang, yakni kerupuk ikan pepija. Camilan ini berbahan dasar ikan pepija yang dikeringkan dan diberi bumbu dengan rempah-rempah khas Kalimantan, kemudian digoreng garing hingga kriuk. Kerupuk ini hadir dengan rasa original dan balado.

20. Roti Gembong

Roti gembong sebenarnya bukan khas asli dari Balikpapan. Oleh-oleh ini berasal dari Kutai Kartanegara. Tapi seiring berjalannya waktu, roti gembong menyebar dan banyak ditemukan di daerah-daerah terdekat dari kota asalnya, seperti Balikpapan. Sekarang kamu bisa menemukan banyak outlet oleh-oleh di Balikpapan yang menyediakan menu roti gembong.

Roti ini disebut gembong karena bentuknya yang gembong atau besar menggelembung. Jajanan ini tersedia dengan berbagai varian rasa coklat, keju, mocca, hingga butter cream. Sobat Yummy jangan lupa membawa pulang roti gembong dari Balikpapan, roti ini sangat cocok menjadi teman ngopi cantik, loh!

So, apakah kalian sudah menentukan oleh-oleh mana saja yang akan kamu bawa pulang dari Balikpapan? Semua rekomendasi diatas terlihat sangat enak dang bikin ngiler. Mulai dari cita rasa asin hingga manis, Sobat Yummy bisa memilih oleh-oleh khas Balikpapan yang menjadi favoritmu.

Baca Juga: 12 Makanan Khas Lampung dengan Rasa Unik dan Menggiurkan 

Bagikan: