Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Oleh-oleh Khas Palembang, Wajib Diborong Semua!

Oleh-oleh untuk keluarga di rumah biar bukan cuma pempek

Pasti tidak seru jika hanya berpergian lalu pulang dengan tangan kosong setelah berwisata dari daerah Palembang. Sebab sudah menjadi hal yang biasa jika berpergian jauh, maka saat pulang kita akan membawakan oleh-oleh khas dari daerahnya. 

Nah, jika kamu sedang bingung memikirkan untuk membawa oleh-oleh apa dari Palembang, Yummy App akan merekomendasikan oleh-oleh khas Palembang yang sangat nikmat. Yuk, langsung simak biar oleh-olehnya gak cuma pempek saja!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Pempek

potret pempek (pexels.com/Jamaludin Muh)

Oleh-oleh khas Palembang pertama yang wajib kamu beli dan bawa pulang adalah pempek Palembang. Walaupun di berbagai daerah sudah banyak pedagang kaki lima yang menjual pempek, namun tidak dapat menggantikan rasa dari pempek Palembang asli. Dijamin, keluarga di rumah akan sangat senang apabila kamu bawakan pempek sebagai oleh-oleh.

2. Kemplang

ilustrasi kemplang palembang (instagram.com/camilanplg)

Tentu saja di Palembang tidak hanya ada pempek saja, masih ada banyak ragam oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke rumah, seperti kemplang. Kemplang merupakan kerupuk yang berbahan dasar ikan belida ataupun ikan tenggiri, dengan bentuknya yang bulat, pipih, ataupun lonjong. Oleh-oleh khas Palembang yang ini pasti langsung disantap habis oleh keluarga di rumah, karena rasanya yang sangat lezat.

3. Lempok Durian

ilustrasi lempok durian (instagram.com/dunialoka.id)

Bukan hanya menjadi makanan khas Pekanbaru, lempok durian juga merupakan oleh-oleh khas Palembang yang bisa kamu pilih untuk dimakan bersama keluarga di rumah. Lempok durian merupakan makanan sejenis dodol, yang dibuat dengan durian juga gula aren. Rasanya sudah pasti nikmat, dan disukai oleh berbagai kalangan, terutama pecinta manis dan buah durian.

4. Engkak Ketan

ilustrasi engkak ketan (instagram.com/tatiwidharti)

Sekilas memang terlihat seperti kue lapis legit, namun ternyata ini adalah engkak ketan yang merupakan oleh-oleh khas Palembang. Engkak ketan sendiri terbuat dari ketan sebagai bahan utamanya.

Dahulu engkak ketan hanya tersedia saat ada kegiatan tertentu, seperti Hari Raya Idulfitri dan hajatan. Namun saat ini engkak ketan sudah banyak diproduksi dan dikonsumsi oleh masyarakat.

5. Tekwan

potret tekwan (pexels.com/Jamaludin Muh)

Sering disebut sebagai bakso khas Palembang, tekwan ini dibuat dengan bahan utama ikan dan tepung tapioka. Tekwan disajikan dengan kuah yang gurih, ditambah bahan pelengkap seperti bihun dan bawang goreng. Kini tekwan sudah tersedia dalam kemasan frozen, sehingga kamu bisa membawa tekwan pulang ke rumah sebagai oleh-oleh.

6. Sambal Lingkung

ilustrasi sambal lingkung (instagram.com/khakakidz)

Jika sambal yang sering kamu konsumsi terbuat dari cabai dan bawang, sambal lingkung mempunyai bahan dasar yang berbeda, yaitu terbuat dari ikan tenggiri ataupun ikan tongkol. Sambal lingkung bisa disantap bersama dengan nasi ataupun roti, karena teksturnya yang kering seperti abon.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Palembang yang Rasanya Lemak Nian! 

7. Tempoyak

ilustrasi tempoyak (instagram.com/afni.nr9525)

Para pecinta pedas akan bersorak kegirangan, karena Palembang punya tempoyak yang rasanya cukup pedas. Berbahan dasar dari durian yang difermentasi, tempoyak sukses menjadi oleh-oleh khas Palembang yang lezat. Tempoyak juga bisa dimasak dengan campuran udang ataupun ayam.

8. Roti Koing

ilustrasi roti koing (instagram.com/issac__ahmed)

Roti koing khas Palembang juga bisa menjadi pilihan untuk dibawa ke rumah sebagai oleh-oleh. Walaupun rasanya memang tawar, namun roti koing bisa dijadikan teman sambil kamu minum kopi ataupun teh di pagi hari.

9. Malbi

ilustrasi malbi (instagram.com/dapurbucik)

Malbi merupakan makanan Palembang yang berbahan dasar daging sapi. Biasanya malbi disediakan dalam bentuk kemasan kaleng, supaya bisa dibawa para wisatawan yang berkunjung ke Palembang. Jadi, kamu juga tidak bingung jika ingin membawa malbi yang mempunyai rasa seperti rendang ini ke rumah, sebagai oleh-oleh.

10. Kue Maksuba

ilustrasi kue maksuba (instagram.com/pempekmama)

Kue maksuba merupakan kue lapis legit versi Palembang. Mempunyai rasa yang manis dan legit, kue maksuba cukup banyak digemari oleh wisatawan, dan paling dicari untuk dijadikan oleh-oleh.

Kue maksuba ini mempunyai bahan dasar telur bebek, mentega, dan susu kental manis. Sehingga kamu sudah pasti bisa membayangkan betapa lezatnya kue maksuba.

11. Bolu Kojo

ilustrasi bolu kojo (instagram.com/sry.andriani)

Gak afdal rasanya jika kamu tidak membeli bolu kojo sebagai oleh-oleh. Bolu kojo khas Palembang ini terbuat dari pandan, dan memiliki tekstur yang lembut, serta rasa manis, membuat bolu kojo ini terasa sangat enak untuk dinikmati.

Bolu kojo wajib kamu bawa pulang. Supaya bukan hanya kamu saja yang tahu betapa enaknya oleh-oleh khas Palembang yang satu ini.

12. Kue Delapan Jam

ilustrasi kue delapan jam (instagram.com/mslittlekitchen)

Namanya yang unik, memang mencerminkan proses pembuatan dari kue ini yang memakan waktu hingga delapan jam. Cukup lama, ya?

Namun, kalimat proses tidak akan mengkhianati hasil itu berlaku pada kue delapan jam ini, yang rasanya memang enak. Bahan dasarnya hampir sama dengan kue maksuba, hanya saja cara pembuatannya saja yang berbeda.

13. Ikan Salai

ilustrasi ikan salai (instagram.com/palfoodpalembang)

Oleh-oleh khas Palembang yang harus dibeli berikutnya adalah ikan salai. Ikan salai seringkali dibuat menggunakan ikan tenggiri, yang dibuatnya dengan cara pengasapan, sehingga wangi dan rasanya lebih khas.

Ikan salai ini terbilang cukup awet dan bisa dibawa pulang ke rumah. Tapi sebaiknya olah ikan salai secepat mungkin, agar tidak basi dan terbuang.

14. Bawang Goreng Pedas

ilustrasi bawang goreng (instagram.com/kj_pastels)

Untuk beberapa orang, rasanya akan sangat kurang jika makan tanpa bahan pelengkap seperti bawang goreng. Nah, Palembang punya bawang goreng khas dengan rasa pedas, yang bisa dimakan di rumah dengan berbagai hidangan makanan untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

15. Laksan

ilustrasi laksan (instagram.com/pempek.selamat)

Jika kamu bosan dengan pempek Palembang, kamu bisa menggantinya dengan laksan yang juga hampir mirip dengan pempek. Perbedaan laksan dan pempek ada pada bagian kuahnya. Pada laksan kuahnya lebih kental dan gurih karena menggunakan santan pedas.

Dengan beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Palembang dari Yummy App tersebut, semoga Sobat Yummy jadi gak bingung lagi harus membawa oleh-oleh apa untuk dibagi bersama keluarga di rumah. Yuk, langsung saja borong semua oleh-oleh khas Palembangnya!

Baca Juga: 13 Makanan khas Pekanbaru yang Bikin Ketagihan!

Bagikan: