Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

10 Buah Berserat Tinggi dan Manfaatnya, Wajib Ada di Kulkas

Daftar buah dengan kandungan serat yang tinggi

Kamu pasti sudah tahu kalau mengkonsumsi buah-buahan ditujukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Tapi, tahukah kamu? Setiap buah-buahan memiliki fungsi yang berbeda tergantung dengan kandungan zat yang dimilikinya.

Salah satu kandungan zat yang ada pada beberapa buah-buahan adalah serat. Sebelum mengetahui buah berserat tinggi, ketahui lebih dulu manfaat serat bagi tubuh.

Setelah mengetahui fungsinya, Yummy App akan menyebutkan beberapa macam buah berserat tinggi yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan manfaat di atas.

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Buah bit

ilustrasi buah bit (pexels.com/evabronzini)

Buah bit memang terkenal sebagai buah yang berlimpah manfaat bagi tubuh. Buah bit merupakan buah berserat tinggi yang bermanfaat untuk membantu memperlancar pencernaan dan berbagai manfaat lainnya.

Terdapat sekitar 3 gram serat pada setiap 100 gram buah bit. Kamu bisa mengkonsumsi langsung buah bit, ataupun diolah dulu menjadi jus yang menyegarkan.

2. Jeruk

ilustrasi buah jeruk (pixabay.com/1195798)

Selain dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C, jeruk juga nyatanya merupakan salah satu buah berserat tinggi. Kamu bisa memperoleh 3 gram serat dari 1 buah jeruk yang memiliki ukuran sedang.

Jeruk bisa membantu untuk meningkatkan imun, menjaga daya tahan tubuh, serta memperlancar pencernaan. Namun, rasa buah jeruk yang asam, membuatnya tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi bagi para penderita maag hingga GERD.

Baca Juga: 10 Buah yang Mengandung Vitamin C Tertinggi

3. Apel

ilustrasi buah apel (pexels.com/javierbalseiro)

Buah apel termasuk dalam buah berserat tinggi yang bisa kamu konsumsi untuk memperoleh berbagai manfaat seperti mencegah sembelit dan membantu pencernaan agar lebih lancar.

Kamu bisa memperoleh 4,5 gram serat dari satu buah apel dengan ukuran yang sedang. Mengkonsumsi apel juga bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti dimakan langsung, dibuat jus, atau pun smoothies.

4. Pir

ilustrasi buah pir (pexels.com/martadzedyshko)

Buah pir memiliki kandungan serat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah yang sudah disebutkan sebelumnya. Pada satu buah pir ukuran sedang, terkandung 5,5 gram serat di dalamnya. Tidak disangka, bukan?

Ternyata buah yang cukup renyah, sedikit asam, dan manis ini mempunyai kandungan serat tinggi yang dibutuhkan tubuh. Sama seperti buah apel, buah pir juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Buah pir akan lebih enak jika dikonsumsi langsung.

5. Kiwi

ilustrasi buah kiwi (pexels.com/photomixcompany)

Buah kiwi juga mampu mengatasi sembelit karena termasuk ke dalam kategori buah serat tinggi. Pada 1 buah kiwi terdapat sekitar 3 gram serat yang berguna bagi tubuh. Selain itu, buah kiwi juga memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin C, K, dan juga E.

Rasanya yang manis dan sedikit asam membuat buah ini enak untuk dikonsumsi secara langsung atau dipadukan dengan buah-buahan lain dalam menu salad buah.

6. Mangga

ilustrasi jenis mangga alpukat (instagram.com/bibit.buah_berkualitas)

Buah mangga juga menjadi buah yang cukup populer di kalangan masyarakat. Buah yang satu ini sering kali diolah menjadi berbagai minuman dan makanan yang lezat.

Satu buah mangga diperkirakan mengandung 2 gram serat. Ada pula berbagai zat dan senyawa lainnya yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuh dan memperlancar pencernaan.

7. Alpukat

ilustrasi buah alpukat (pexels.com/readymade)

Buah berserat tinggi yang selanjutnya adalah alpukat. Jika buah pir mengandung 5,5 gram serat yang cukup tinggi dari buah lainnya, kandungan serat pada buah alpukat lebih tinggi lagi.

Pada 1 buah alpukat, kandungan serat yang ada di dalamnya mencapai 6,7 gram. Buah alpukat memang dikenal sebagai buah yang dapat membantu dalam melancarkan pencernaan dan menyehatkan tubuh.

8. Pepaya

ilustrasi buah pepaya (pexels.com/allekasana)

Banyak orang yang percaya untuk mengkonsumsi buah pepaya ketika sedang mengalami sembelit. Hal tersebut tentu bukan mitos belaka, karena buah pepaya mengandung 5 gram serat di dalamnya yang tentu dapat memperlancar pencernaan terutama ketika sembelit. Selain tinggi serat, buah pepaya juga kaya akan air yang bekerja sama dalam mengatasi penyakit susah buang air besar.

9. Markisa

ilustrasi buah markisa (pexels.com/anylane)

Pada satu buah markisa terkandung 2 gram serat yang bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh manusia, seperti melancarkan pencernaan dan meningkatkan imun tubuh. Rasa manis dan asamnya sangat menyegarkan, dan cocok dinikmati saat siang hari ketika panas terik melanda. Buah markisa bisa kamu makan langsung atau dinikmati sebagai infused water.

10. Jambu biji

ilustrasi jambu biji (pexels.com/abdulsameer)

Setiap 100 gram jambu biji, mempunyai kandungan 2,5 gram serat untuk memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Selain itu, jambu biji juga termasuk buah yang mengandung vitamin A dan vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jambu biji juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta aman dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung indeks glikemik yang rendah seperti dalam jurnal National Center for Biotechnology Information.


Kamu bisa memilih buah berserat tinggi mana yang kamu sukai untuk dikonsumsi setiap hari, supaya kebutuhan serat terpenuhi!

Yuk, download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru dengan mudah.

Baca Juga: 12 Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Pencernaan

Bagikan: