Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

6 Manfaat Salad Buah bagi Kesehatan Tubuh

Camilan sehat, nikmat, dan segar untuk sehari-hari

Salad buah merupakan makanan yang di dalamnya terdiri dari beragam buah yang dicampur dengan mayones, yoghurt, dan keju untuk menambah kelezatannya. Salad buah bisa dinikmati sebagai cemilan sehat dan cukup mengenyangkan. 

Dikatakan sebagai cemilan sehat, karena salad buah ini memang punya beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Hal ini dijelaskan pada penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Pengabdian Masyarakat, bahwa buah dalam salad kaya akan nutrisi, vitamin, kandungan gizi, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Supaya kamu lebih semangat lagi untuk memilih makanan sehat seperti salad buah, mari ketahui apa saja manfaat salad buah yang bisa kamu peroleh.

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Melancarkan pencernaan

ilustrasi pencernaan (pixabay.com/derneumann)

Manfaat salad buah yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Seperti yang Sobat Yummy ketahui, buah mengandung banyak serat terutama pada buah alpukat, jeruk, pir, dan juga pepaya.

Buah-buah tersebut sering kali ada dalam menu salad buah, sehingga ketika kamu mengkonsumsinya secara rutin, dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Yoghurt yang dicampurkan dalam salad buah juga berperan dalam memperlancar saluran pencernaan.

2. Mengontrol berat badan

ilustrasi menimbang berat badan (pexels.com/ketutsubiyanto)

Mengkonsumsi salad buah ternyata juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih cepat, serta tidak mudah merasa lapar. Dengan begitu, secara sadar maupun tidak, kamu perlahan akan mengurangi porsi makan-makanan jadi lebih sedikit dibanding dengan saat kamu tidak mengkonsumsi salad buah.

Selain itu, buah tidak mengandung kalori yang banyak seperti makanan berat, terutama junk food atau makanan instan. Jadi, salad buah cukup memiliki peran dalam mengontrol berat badan, dengan catatan yoghurt yang digunakan adalah yoghurt plain tanpa tambahan gula.

3. Menjaga daya tahan tubuh

ilustrasi pria dengan imunitas yang bagus (pexels.com/oliversjostrom)

Seperti yang diketahui bahwa buah tidak hanya mengandung serat saja. Jika salad buah yang kamu konsumsi merupakan buah yang kaya vitamin C, imunitas tubuh kamu akan meningkat.

Imunitas yang meningkat tentu akan memberikan dampak baik bagi tubuh karena dapat mencegah tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Tubuh yang sehat akan membuat kamu lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas setiap harinya.

Baca Juga: 10 Buah Berserat Tinggi dan Manfaatnya, Wajib Ada di Kulkas

4. Menjaga kesehatan kulit

ilustrasi kulit sehat (pexels.com/ronlach)

Manfaat salad buah lainnya yang bisa kamu peroleh ialah kesehatan kulit yang terjaga dengan baik. Karena beberapa buah seperti zaitun dan alpukat mengandung vitamin E yang berperan dalam membuat kulit menjadi lebih lembut dan bersinar.

Hal ini dikarenakan vitamin E dapat mendukung pembentukan kolagen secara alami di dalam tubuh. Mengkonsumsi salad buah secara rutin akan membuat kulit kamu semakin bagus dari ke hari.

5. Menjaga kesehatan jantung

ilustrasi kesehatan jantung (unsplash.com/ali hajiluyi)

Mengkonsumsi salad buah yang berisikan buah beri dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa antosianin dalam buah beri dan beberapa buah lainnya memegang peran penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Buah yang rendah kalori juga akan mengurangi resiko kolesterol yang seringkali menjadi pemicu penyakit jantung.

6. Menjaga kesehatan mata

ilustrasi mata sehat (pexels.com/minan)

Adapun manfaat salad buah yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Buah-buahan yang mengandung vitamin A, menjadi buah yang berperan untuk mata yang sehat.

Vitamin A juga bisa berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa memperoleh vitamin A dari buah mangga dan juga buah semangka, yang biasanya ada pada salad buah.

Itu dia manfaat salad buah yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Pada nyatanya, tidak semua makanan sehat rasanya tidak enak, kok, salad buah punya rasa yang sangat lezat untuk dinikmati. Jadi kamu bisa hidup sehat sambil mengkonsumsi makanan yang lezat. Salad buah merupakan cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menikmati buah-buahan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pastikan campurkan salad dengan yoghurt plain yang tidak mengandung gula tambahan. Karena gula bisa membuat berat badan semakin mudah untuk naik. Jangan lupa untuk berolahraga juga agar tubuh selalu sehat!

Yuk, download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru dengan mudah

Baca Juga: 10 Jenis Dressing Salad Paling Populer yang Lezat 

Bagikan: