Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Minum Air Putih Sehari Berapa Liter?

Penuhi kebutuhan cairanmu dengan minum air putih

Air menjadi salah satu sumber daya dari alam yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Manusia tidak dapat terlepas dari yang namanya air, karena digunakan baik ketika memasak, untuk membersihkan diri, dan banyak aktivitas manusia yang selalu berdampingan dengan air.

Tak hanya untuk kebutuhan eksternal saja, tubuh manusia juga membutuhkan air untuk kebutuhan cairan setiap harinya. Air putih merupakan air yang biasa digunakan untuk manusia memenuhi cairan dalam tubuh.

Namun, sudah tahukah kamu sebenarnya berapa banyak air putih yang diperlukan oleh manusia? Pada artikel kali ini, Yummy App akan membahas terkait minum air sehari berapa liter.

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Kebutuhan air putih harian yang diperlukan

ilustrasi perempuan minum segelas air putih (freepik.com/pressfoto)

Sebenarnya, kebutuhan akan cairan setiap orang tidaklah sama. Anak kecil dengan orang dewasa juga mempunyai takaran minum yang berbeda. Berikut ini hal-hal yang dapat membedakan kebutuhan air tiap orang.

Setelah mengetahui alasan perbedaan takaran minum air putih sehari, ini dia penjelasan lebih lengkap terkait takaran minum air putih sehari secara umum, menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG).

  1. Pada anak usia sekitar 7 hingga 9 tahun, kebutuhan air per harinya sekitar 1900 mL.
  2. Sedangkan pada anak usia 10 hingga 12 tahun, diperlukan sekitar 1800 mL untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya.
  3. Untuk orang yang sudah memasuki usia dewasa, kebutuhan air yang diperlukan sekitar 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas berukuran 230 mL.
  4. Pada ibu yang sedang hamil, kebutuhan cairannya mencapai 2,4 liter per harinya.
  5. Untuk ibu yang sedang aktif menyusui, kebutuhan air putih yang diperlukan lebih banyak sekitar 3,1 liter dalam sehari.

Tips minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi

Bagi kamu yang belum terbiasa rutin minum air putih, ikuti tips berikut, yuk!

Sekarang Sobat Yummy sudah tahu, kan, berapa takaran minum air putih sehari yang dibutuhkan manusia. Tapi, cairan juga tak hanya diperoleh dari air putih saja, loh. Kamu juga bisa memperoleh cairan dari makanan yang dikonsumsi.

Walaupun diperlukan tubuh, kamu juga tidak boleh mengkonsumsi air putih secara berlebihan. Sebab sesuatu yang berlebihan selalu memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Yuk, mulai rutin minum air putih sehari sesuai kebutuhan!

Baca Juga: 8 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Bagikan: