Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

5 Minuman Penghilang Mual Saat Hamil, Atasi Morning Sickness

Mual saat hamil dapat diatasi dengan minuman ini

Kehamilan merupakan anugerah yang diharapkan oleh banyak orang yang ingin memiliki buah hati setelah menikah. Tentu melewati masa kehamilan ternyata tidak semudah itu, karena kehamilan bisa menyebabkan perubahan hormonal, fisik, hingga psikis. 

Gejala awal yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil pertama kali adalah rasa mual dan ingin muntah yang terkadang tak tertahankan. Hal tersebut bisa menyebabkan psikis terganggu jika tidak ditangani dengan benar.

Jika mual tiba, kamu bisa mengkonsumsi minuman penghilang mual saat hamil yang dibuat dari bahan-bahan herbal sehingga aman bagi ibu hamil. 

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Teh Peppermint

ilustrasi peppermint tea (unsplash.com/massimorinaldi)

Saat mengalami mual pada kehamilan trimester 1 dan trimester 2, teh peppermint bisa kamu minum untuk membantu meredakan mual. Rasa dan aroma dari teh peppermint mampu menenangkan rasa mual. Kandungan antispasmodiknya juga berperan dalam meredakan perut yang kembung dan juga muntah-muntah.

Teh peppermint menjadi salah satu teh yang aman dikonsumsi saat hamil dan paling sering digunakan untuk obat herbal.

Selain diminum, hanya dengan menghirup aroma dari teh peppermint kamu juga sudah bisa mendapatkan ketenangan dan kenyamanan. Hal ini dijelaskan dalam jurnal Nutrition Center for Biotechnology Information yang khusus membahas teh herbal yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil.

2. Air Jahe

ilustrasi minuman jahe (pexels.com/cupofcouple)

Jahe memang sudah sering digunakan untuk mencegah dan membantu mengatasi beberapa penyakit seperti radang tenggorokan. Selain itu, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi minuman penghilang mual saat hamil yang aman dan ampuh.

Hanya saja, penggunaan jahe tidak boleh terlalu banyak dan perlu dibatasi per harinya, agar tidak mengganggu masa kehamilan. Menurut Nutrition Center for Biotechnology Information, penggunaan jahe untuk ibu hamil tidak boleh melebihi 4 gram sehari, dan dianjurkan untuk mengkonsumsi 1000 miligram saja per hari.

Baca Juga: 7 Asupan Nutrisi dan Makanan yang Baik untuk Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

3. Saffron

ilustrasi saffron (pexels.com/victoriabowers)

Saffron juga dipercaya sebagai minuman yang bisa membantu dalam proses penyembuhan beberapa penyakit. Salah satu peran saffron lainnya adalah dapat berperan menjadi minuman penghilang mual saat hamil.

Namun, penggunaan air saffron memerlukan resep dokter karena ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi saffron lebih dari 5 gram per harinya. Hal ini dikarenakan, konsumsi saffron yang berlebih bisa memicu kontraksi bahkan parahnya keguguran.

Tapi kamu tidak perlu terlalu khawatir, ya, karena penggunaan saffron sesuai dosis tidak akan membahayakan kamu dan janin, malah memberikan manfaat seperti meredakan mual dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Air Kelapa

ilustrasi kelapa yang siap untuk dikonsumsi (pexels.com/linakivaka)

Selanjutnya ada air kelapa yang juga bisa bermanfaat sebagai minuman penghilang mual saat hamil. Air kelapa yang biasanya diminum untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang ini, ternyata juga bisa menghilangkan mual saat hamil karena dapat menjaga pH tubuh yang dapat mengurangi rasa mual dan menjaga keasaman lambung agar tetap dibatas normal. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa yang sudah melalui proses sterilisasi agar lebih terjaga kebersihannya.

Pastikan kamu mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, agar tidak mempengaruhi kesehatan kamu dan janin.

5. Air Lemon

ilustrasi air lemon (pexels.com/Julia Zolotova)

Air lemon bisa dijadikan minuman untuk penghilang mual saat hamil. Jika bisa, konsumsi air lemon alami yang belum dicampurkan bahan kimia apapun agar lebih terjamin keamanannya. Vitamin C yang terkandung dalam lemon juga membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar ibu hamil lebih terjaga kesehatannya. Pastikan kamu mengkonsumsi air lemon secukupnya dan tidak berlebihan, ya.

Itu dia 5 minuman penghilang mual saat hamil yang bisa kamu konsumsi supaya tidak kelelahan karena muntah pada masa-masa kehamilan trimester awal. Konsumsi minuman di atas dengan takaran yang secukupnya saja untuk menjaga kesehatan janin.

Jika mual dan muntah kamu tidak kunjung reda walaupun sudah mengkonsumsi minuman penghilang mual saat hamil, pastikan kamu langsung mengunjungi dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.


Semoga kamu dapat melewati masa kehamilan dan bertemu dengan si buah hati dalam keadaan sehat, ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: 10 Makanan untuk Ibu Hamil Muda, Bantu Atasi Morning Sickness

Bagikan: