​6 Ciri-ciri Air Putih yang Aman Diminum dan Sehat

ciri-ciri air putih yang aman diminum dan sehat bagi tubuh

​6 Ciri-ciri Air Putih yang Aman Diminum dan Sehat

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Bagi manusia, air adalah hal mendasar yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup. Menurut WHO (World Health Organization), air bersih dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik, mulai dari konsumsi hingga sanitasi. K

esehatan tubuh manusia pun juga bergantung kepada seberapa berkualitas air minum yang dikonsumsi setiap harinya. Oleh karena itu, air putih yang aman diminum harus merupakan air bersih yang telah memenuhi beberapa standar. Nah, berikut Yummy App rangkumkan apa saja ciri-ciri air putih yang aman diminum.

Baca Juga: Minum Air Putih Sehari Berapa Liter?

1. Tidak berwarna

minum air putih untuk diet
ilustrasi minum air putih (pexels.com/arniewatkins)

Ciri-ciri air putih yang aman diminum pertama yang harus dimiliki adalah tidak berwarna atau transparan. Ciri ini menjadi salah satu tanda penting bahwa air tersebut aman untuk diminum.

Apabila air putih yang Sobat Yummy temui keruh, berwarna kuning, oranye, atau bahkan cokelat maka dapat disimpulkan bahwa air putih tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

2. Tidak berbau

Ciri-ciri air putih yang aman diminum kedua dan layak dikonsumsi adalah yang tidak berbau. Sedangkan air yang berbau amis atau asam biasanya mengandung zat seperti barium yang ditemukan di sumber air yang terkontaminasi sampah manufaktur.

3. Tidak lengket setelah terkena kulit

Apabila Sobat Yummy tidak yakin dengan air putih yang akan diminum, Sobat Yummy dapat coba menyentuhnya. Jika air putih tersebut tidak lengket maka kemungkinan air tersebut merupakan air bersih dan memenuhi salah satu standar air minum.

4. Memiliki rasa tawar

Jangan meminum air yang memiliki rasa asin ataupun metallic ketika dicicipi. Air putih yang layak diminum sudah seharusnya tidak memiliki rasa atau tawar.

Jika Sobat Yummy menemukan ar putih yang memiliki rasa maka terdapat kemungkinan air minum tersebut memiliki pH yang rendah atau telah terkontaminasi zat-zat seperti besi, zinc, hingga tembaga di saluran air.

Namun, perlu diketahui juga bahwa pada beberapa kasus, air minum yang mempunyai rasa tidak semuanya tak layak dikonsumsi.

Terkadang air putih khususnya air kemasan mempunyai sedikit rasa karena air menyerap karbondioksida lalu mengubahnya menjadi asam karbonat yang membentuk bikarbonat dan karbonat. Proses tersebut membuat pH air turun sedikit yang juga mengakibatkan adanya sedikit perubahan rasa.

5. Memiliki pH netral dan tidak ada bakteria

Ciri-ciri air putih yang aman diminum kelima adalah memiliki pH netral dan tidak ditemukan adanya bakteri atau mikroorganisme berbahaya.

Ciri ini merupakan salah satu persyaratan kimia yang biasa digunakan untuk mengukur air. Pada air mineral sendiri, kadar atau kandungan pH pada air dapat dijadikan tolak ukur sifat air, mulai dari basa, asam atau normal. Air yang aman untuk digunakan berada pada pH 7, tetapi sebagian juga mengatakan bahwa air dengan pH 6.5 atau 8.5 masih aman digunakan.

Sobat Yummy juga dapat merebus air minum hingga mendidih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk memastikan bahwa air tersebut dapat dikonsumsi.

6. Tidak ada kotoran dan endapan

Ciri-ciri air putih yang aman diminum terakhir adalah air putih adalah tidak ada kotoran ataupun endapan. Endapan di dalam air dapat disebabkan karena kotoran yang tertinggal ketika air tersebut dialirkan dalam saluran. Oleh karena itu, sebagian besar menggunakan filter air di rumah untuk menyaring air dari debu, pasir, tanah, dan kotoran lainnya.

Baca Juga: Manfaat Air Minum pH Tinggi, Atasi Tungkak Lambung hingga Antioksidan

Itulah beberapa ciri-ciri air putih yang aman diminum. Mengonsumsi air putih yang layak sesuai dengan ciri-ciri di atas tentu akan berdampak baik juga. Jangan sampai air putih yang Sobat Yummy minum sehari-hari malah membawa zat-zat berbahaya yang dapat berakibat buruk bagi tubuh. Nah, untuk melihat tips dan informasi penting lainnya, yuk unduh Yummy App segera.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya di nutrisi