6 Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simple dan Mudah Dibuat

Rasa lezat dan asupan nutrisi terpenuhi dengan 6 menu ini!

6 Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simple dan Mudah Dibuat

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Meningkatkan kesehatan tubuh tidak hanya dengan rutin berolahraga, Sobat Yummy juga perlu perhatikan asupan makanan yang masuk pada tubuh. Pengonsumsian makanan yang sehat disarankan untuk memperhatikan 4 sehat 5 sempurna sekali makan.

Gagasan tersebut memiliki konsep antara lain, makanan pokok, ragam lauk pauk, sayur, buah, dan susu. Konsep 4 sehat 5 sempurna memiliki gizi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh meliputi makro dan mikro nutrien, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral.

Jika Sobat Yummy bingung dengan menu yang pas, cukup simak artikel dari Yummy App kali ini mengenai contoh makanan 4 sehat 5 sempurna yang simple, dan pasti ada di kulkasmu. Yuk, cari tahu apa aja!

1. Nasi, Ayam Goreng, Plecing Kangkung, dan Milshake Pisang

resep ayam goreng
ilustrasi ayam goreng (unsplash.com/streets of food)

Pada menu ini, nasi sebagai sumber karbohidrat. Dalam satu penyajian, idealnya takaran nasi untuk orang dewasa yakni 100 gram atau 1 centong nasi.

Protein pada ide menu ini, berasal dari ayam goreng. Jika bosan dengan ayam goreng biasa, Sobat Yummy bisa menambahkan bumbu kalasan ataupun bumbu ketumbar agar ayam goreng lebih spesial.

Tambahkan plecing kangkung, yakni sayur kangkung yang ditumis dengan bawang putih. Masakan simple tapi memiliki nutrisi yang tinggi.

Tapi untuk pemasakkan kangkung, perlu diperhatikan untuk tidak terlalu matang, sehingga nutrisi pada kangkung tidak hilang. Dan untuk penyempurna menu, kamu bisa membuat milkshake pisang jika bosan dengan susu yang itu-itu saja.

2. Sandwich Telur, Melon, dan Susu

menu 4 sehat 5 sempurna simple
ilustrasi sandwich telur (pixabay.com/tortic84)

Sandwich telur dalam contoh makanan 4 sehat 5 sempurna yang simple ini merupakan menu lengkap yang mencakup gizi karbohidrat, protein, dan juga vitamin serta mineral, jika Sobat Yummy menambahkan sayuran seperti selada air, ataupun tomat di dalamnya. Serta melon dapat melengkapi vitamin dan mineral tambahan dalam menu. Penyempurna yakni dari gizi susu.

3. Spaghetti Aglio Olio dengan Udang, Brokoli Rebus, Milkshake Jeruk

menu 4 sehat 5 sempurna simple spaghetti aglio olio
ilustrasi spaghetti aglio olio (unsplash.com/youjeen cho)

Contoh 4 sehat 5 sempurna bisa dari menu asal Italia, seperti spaghetti aglio olio. Pembuatan kuliner pasta ini juga simple, hanya modal bawang putih.

Sobat Yummy juga bisa tambahkan udang dalam menu tersebut, agar tidak hanya menghadirkan gizi karbohidrat, tapi juga protein. Udang juga mengandung gizi lain yang tak kalah penting, seperti kalsium, fosfor, zinc, antioksidan, dan sejumalah asam lemak omega-3, serta omega-6.

Kelengkapan vitamin dan mineral didapat dari brokoli rebus, atau Sobat Yummy bisa langsung menambahkan brokoli pada menu spaghetti aglio olio. Kemudian penyempurna menu, coba buat susu yang di-blend dengan jeruk yang kaya akan asam lemak serta tinggi vitamin C.

Baca Juga: Piring Isi Menu 4 Sehat 5 Sempurna untuk Anak

4. Nasi, Sup Telur Puyuh, Pepaya, Susu Cokelat

menu 4 sehat 5 sempurna simple sup telur puyuh
ilustrasi sup telur puyuh (instagam.com/chun_efri)

Karbohidrat di dapat dari nasi, sedangkan sumber protein dari sup telur puyuh. Sobat Yummy bisa menambahkan sejumlah sayuran seperti buncis, wortel, jagung manis, dan tomat untuk menambah asupan vitamin dan mineral. Serta buah pepaya untuk asupan serat dan tambahan vitamin.

Sobat Yummy harus tahu, nih! Selain jeruk, vitamin C yang tinggi juga ada pada pepaya, lho! Selain itu buah ini juga mengandung folat yang menurut Halodoc memiliki manfaat keren, seperti meningkatkan daya ingat hingga mencegah anemia. Jika Sobat Yummy bosan dengan susu plain, untuk penyempurna menu kamu bisa minum susu rasa cokelat.

5. Nasi Uduk, Tahu Tempe Bacem, Lalapan Kubis Timun Tomat, Semangka, Susu

menu 4 sehat 5 sempurna simple tahu tempe bacem
ilustrasi tahu tempe bacem (instagram.com/tintin.kitchen_)

Selain karbohidrat, nasi uduk yang memiliki cita rasa gurih ini juga mengandung sejumlah gizi lemak dan protein. Untuk lauk pauk, Sobat Yummy bisa tambahkan tahu tempe bacem untuk melengkapi gizi protein.

Terlebih tahu dan tempe merupakan superfood yang tinggi kalsium dan fosfor sehingga sehat untuk tulang dan gigi. Selain itu, tahu tempe dapat meningkatkan kesehatan jantung an pencernaan.

Kemudian untuk vitamin dan mineral didapatkan dari aneka lalapan, seperti beberapa lembar kubis, potongan timun, dan tomat, serta buah semangka. Penyempurna nutrisi dari susu.

6. Nasi Merah, Buncis Cah Daging, Milkshake Kurma

menu 4 sehat 5 sempurna simple buncis cah daging
ilustrasi buncis cah daging (instagram.com/yummy.idn)

Nasi merah kaya akan nutrisi, tidak hanya karbohidrat. Nasi jenis ini memilki serat, zat besi, protein, kalsium, fosfor, lemak, dan lainnya.

Dikutip dari Klikdokter, nasi merah juga tinggi akan antioksidan. Bahkan tidak bikin gendut karena mengandung sedikit kalori dan tinggi serat sehingga pencernaan lebih lancar.

Pada menu 4 sehat 5 sempurna ini, protein didapat dari buncis cah daging, terlebih adanya buncis pada masakan tersebut sehingga menambah gizi vitamin dan mineral. Sebagai penyempurna bisa ditutup dengan segelas milkshake kurma.

Sobat Yummy bisa memblender beberapa buah kurma yang sudah dipisah bijinya dengan susu sapi atau susu oat. Kurma dikenal dengan segudang khasiatnya. Buah mungil ini tinggi akan vitamin B dan K, serta nutrisi lainnya yang berperan dalam kesehatan pencernaan hingga kekebalan tubuh.

So, itu lah beberapa contoh ide menu 4 sehat 5 sempurna yang simple dan bisa kamu buat sendiri dirumah. Variasi menu lezat tapi asupan nutrisi lengkap juga terpenuhi. So, sarapan hari ini mau menu yang mana?

Baca Juga: Tumpeng Gizi Seimbang menurut Kemkes RI, Apa Saja?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Buncis Cah Daging

Buncis Cah Daging

(4.6)

30 mnt

recooks-0
Andi Wiwik Ahriani

Andi Wiwik Ahriani

Spaghetti Aglio Olio simple

Spaghetti Aglio Olio simple

(5.0)

5 langkah

633

Artikel Lainnya di nutrisi