Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

10 Jenis Sosis Paling Enak dan Populer di Dunia 

Bervariasi jenis sosis yang paling enak di dunia

Jenis sosis sangat beragam dan memiliki ciri khas masing-masing. Ada sosis yang terbuat dari daging sapi, ayam, atau babi. Beberapa jenis sosis juga memiliki tambahan bahan seperti keju, sayuran, atau rempah-rempah. 

Selain itu, ada juga sosis yang diolah dengan cara diasap atau dipanggang. Artikel ini akan membahas berbagai jenis sosis dan ciri khasnya, jadi Sobat Yummy jangan sampai kelewatan untuk menyimak apa saja jenis sosis terbaik yang ada di dunia, berikut ulasannya!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Jenis Sosis Bratwurst

ilustrasi sosis (pexels.com/mateuszdach)

Jenis sosis pertama berasal dari Jerman. Bratwurst cukup terkenal di Indonesia dan dapat dengan mudah ditemukan di supermarket. Sosis ini telah ada sejak tahun 1313 dan memiliki 40 jenis bratwurst khas Jerman.

Nama "bratwurst" berasal dari bahasa Jerman kuno yang berarti daging cincang halus "brat" dan sosis "wurst". Sosis populer asal Jerman ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau ditumis dengan berbagai bumbu seperti merica, ketumbar, dan jintan.

Baca Juga: 6 Resep Sosis Bakar Lezat dan Mudah Dibuat

2. Jenis Sosis Frankfurter

Jenis sosis frankfurter yang cukup populer di Indonesia dijual dengan harga mulai dari Rp 25.000 per 250 gram. Jenis sosis ini berasal dari Jerman dan memiliki tekstur yang lebih lembut daripada sosis bratwurst. Sosis frankfurter tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari yang mini hingga yang jumbo, dan ukuran jumbo biasanya disajikan sebagai isian hotdog.

3. Jenis Sosis Wiener

ilustrasi sosis (pexels.com/photomixcompany)

Jenis sosis wiener ini juga termasuk sosis dengan tekstur lembut dan rasa yang sederhana. Proses pembuatannya menggunakan metode pengasapan yang membuat citarasa asapnya menjadi dominan

Jenis Sosis Bockwurst

Jenis sosis bockwurst memiliki tekstur lembut yang mirip dengan frankfurter, namun memiliki bumbu rempah yang lebih kuat, seperti daun marjoram, daun bawang, peterseli, dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merk Sosis yang Enak dan Harganya ala Yummy App

5. Jenis Sosis Cocktail

ilustrasi sosis (pexels.com/gergo)

Jenis sosis cocktail memiliki tekstur yang mirip dengan sosis frankfurter, namun potongannya kecil. Ukuran mini yang merupakan ciri khas sosis koktail membuatnya bisa langsung dimakan dalam satu suap.

6. Sausage Breakfast

Sausage breakfast cukup terkenal di Amerika Serikat dan sering disajikan untuk menu sarapan yang praktis. Sausage breakfast tidak hanya disajikan memanjang seperti sosis pada umumnya, tetapi juga dibentuk pipih seperti daging giling isian burger. Jenis sosis sausage breakfast sering disajikan dengan sirup maple dan bacon yang sudah diawetkan sebagai pelengkap.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Daging Ayam Berkualitas dan Segar

7. Italian Sausage

ilustrasi sosis (pexels.com/ronlach)

Sosis Italia telah ada sejak zaman Romawi kuno. Jenis sosis ini memiliki rasa manis dan pedas yang ringan karena salah satu bahan utamanya adalah adas. Sosis ini biasanya terbuat dari daging babi atau sapi yang dihancurkan dan dicampur dengan adas, lalu dibentuk seperti sosis pada umumnya. Sosis Italia biasanya dipanggang dengan berbagai bumbu untuk memaksimalkan rasanya.

8. Jenis Sosis Keilbasa

Kielbasa, jenis sosis yang terbuat dari daging babi, biasanya ditemukan di dapur orang Polandia. Namun, ada juga yang membuatnya dari daging sapi, domba, atau unggas. Kielbasa umumnya dimasak dengan cara diasap dengan kayu bakar dan dinikmati dengan asinan kubis dan apel dalam hidangan tradisional khas Polandia.

Baca Juga: Apa Itu Lemak? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bahayanya Lemak

9. Jenis Sosis Chorizo

ilustrasi sosis (pexels.com/luisquintero)

Chorizo adalah jenis sosis yang berasal dari Spanyol dan Meksiko. Di Meksiko, chorizo biasanya terbuat dari daging babi giling segar, tetapi ada juga yang dibuat dari daging sapi, ayam, atau kalkun. Sosis ini umumnya dijual dalam keadaan sudah matang dan telah diberi bumbu seperti bubuk cabai dan bawang putih. Chorizo cocok untuk ditumis dengan berbagai bumbu dan sayuran sebagai pelengkap.

10. Jenis Sosis Andouille

Andouille sausage adalah jenis sosis yang berasal dari Perancis. Terbuat dari daging giling yang sudah dibumbui dengan bawang putih, paprika, bawang bombay, dan tambahan wine. Cara masak dari sosis andouille umumnya diasap dan diberi tambahan aneka bumbu lainnya untuk memaksimalkan rasa.

Baca Juga: Jenis-jenis Pisau Ini Wajib Kamu Ketahui, Permudah Proses Memasak!

Setelah membahas berbagai jenis sosis, mulai dari sosis Italia hingga sosis Jerman, pastinya mulut kamu sudah ngiler, kan? Jadi, jangan tunda lagi! Segera install Yummy App untuk menemukan resep-resep menggugah selera dengan berbagai jenis sosis dan hidangan yummy lainnya.

Bagikan: