Jangan Panik Dulu, Ini 5 Cara Ampuh Siasati Makanan yang Terlalu Asin!

Makanan terlalu asin masih bisa diselamatkan, lho!

Jangan Panik Dulu, Ini 5 Cara Ampuh Siasati Makanan yang Terlalu Asin!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Momen menyebalkan di dapur adalah saat kamu sudah effort memasak makanan kesukaanmu untuk sarapan hari ini, eh, tapi kamu tidak sengaja menuang garam terlalu banyak. Sehingga makanan jadi terlalu asin, deh! Mubazir jika harus dibuang, tapi jika dimakan rasanya lidah bisa kelu.

Jangan dibuang dulu, Sobat Yummy harus baca cara mengatasi makanan yang terlalu asin ini! Dijamin makanan yang kamu buat akan kembali pulih.

1. Tambahkan bahan perasa manis

Menyiasati makanan yang terlalu asin, salah satunya yakni dengan menambahkan gula ataupun bahan pemanis lainnya seperti madu, dan sirup jagung. Hal ini karena, rasa manis terbukti dapat menyeimbangkan rasa asin pada suatu makanan.

Caranya, tambahkan sedikit demi sedikit gula pada masakan yang masih berada di atas kompor panas. Sembari cicip dan koreksi hingga kamu mendapatkan rasa yang pas.

2. Tambahkan air atau kaldu

menambahkan air pada masakan yang terlalu asin
ilustrasi menambahkan air (unsplash.com/Joe Pregadio)

Jika Sobat Yummy memasak makanan yang berkuah, cara jitu mengurangi rasa asinnya yakni dengan menambahkan air ataupun kaldu. Siasat ini mampu menyamarkan rasa yang terlalu asin pada makanan. Jika kamu memilih menggunakan kaldu, pastikan kaldu tawar dan tidak mengandung sodium, ya.

3. Tambahkan krim atau susu

Seperti menambahkan air, menambahkan krim atau susu bisa menjadi cara ampuh berikutnya jika makanan yang kamu masak perlu rasa creamy. Tapi, Sobat Yummy harus memastikan krim atau susu yang ditambahkan memiliki rasa tawar, agar kegunaannya sebagai penyamar rasa asin dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Skimmed Milk, Low Fat Milk, dan Full Cream Milk

4. Membilas dengan air

mencuci bahan makanan dengan air
ilustrasi mencuci bahan makanan dengan air (unsplash.com/Davide Ragusta)

Membilas bahan makanan yang dimasak dengan air, bisa menjadi cara menyiasati kelebihan garam. Misal, Sobat Yummy sedang memasakan sayuran, ataupun daging yang dipanggang, tiriskan sebentar lalu bilas dengan air hingga kadar garam ikut mengalir dengan air. Setelah itu, bahan makanan tersebut dapat dimasak kembali.

5. Membuat takaran 2 kali lipat

Trik ampuh berikutnya adalah menambah takaran masakan. Sobat Yummy bisa menambahkan bahan makanannya lagi seperti sayuran, ataupun daging, jika berkuah kamu juga bisa melebihkan kuahnya.

Siasat ini dapat mengurangi rasa asin, dan kembali ke rasa awal. Kemudian jika rasa masih kurang pas, kamu bisa koreksi dengan hati-hati.

Nah, makanan yang kamu buat sekarang sudah tidak asin lagi dengan mencoba trik-trik diatas. Selalu hati-hati saat koreksi rasa, ya!

Baca Juga: Cara Membersihkan Cumi Asin dan Mengolahnya Jadi Makanan Lezat

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nita95

Nita95

Nasi Goreng Sambal Terasi

Nasi Goreng Sambal Terasi

(5.0)

10 mnt

198

Artikel Lainnya di tips