6 Teknik Menggoreng Makanan yang Benar dan Wajib Tahu!

Ternyata kegiatan menggoreng saja ada tekniknya, lho!

6 Teknik Menggoreng Makanan yang Benar dan Wajib Tahu!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Menggoreng merupakan proses memasak paling umum di scene perdapuran. Sobat Yummy juga sudah pasti tidak asing dan pernah melakukan kegiatan menggoreng di dapur kesayangan.

Menggoreng yakni merendam makanan pada minyak panas hingga matang. Bahan dan alat wajib dari kegiatan tersebut adalah minyak goreng dan wajan atau pan.

Tapi, apakah Sobat Yummy sudah tahu? Ternyata menggoreng tidak hanya sekadar merendam makanan dalam minyak panas saja. Melainkan ada beberapa teknik menggoreng sesuai dengan tujuan dan kebutuhan.

Ingin tahu lebih detail agar lebih pede di dapur? Maka kamu wajib simak artikel Yummy App kali ini. Let’s straight to the point!

1. Deep fry

teknik menggoreng makanan yang benar
ilustrasi deep fry (unsplash.com/wine dharma)

Salah satu teknik menggoreng paling banyak dilakukan di dapur. Proses deep fry yakni menggoreng bahan pangan menggunakan minyak dengan volume paling banyak. Sehingga bahan pangan terendam sempurna ke dalam minyak panas, dengan suhu biasanya 150–190 derajat Celsius.

Teknik deep fry membuat makanan lebih cepat matang secara merata, akan tetapi juga membuat minyak banyak yang meresap ke pori-pori makanan. Deep fry cocok untuk makanan seperti nugget, kentang, tempura, donat, dan gorengan lainnya. Tekstur yang dihasilkan dari proses deep fry akan membuat makanan lebih renyah.

2. Shallow fry

teknik menggoreng makanan yang benar
ilustrasi shallow fry (unsplash.com/daria nepriakhina)

Jika deep fry merupakan teknik menggoreng dengan minyak yang banyak untuk merendam makanan secara sempurna, maka shallow fry merupakan teknik menggoreng dengan volume minyak goreng yang lebih sedikit. Sehingga makanan yang terendam hanya setengah atau seperempat dari minyak goreng. Shallow fry umumnya digunakan untuk menggoreng ikan, ayam, dan tonkatsu.

3. Pan fry

teknik menggoreng makanan yang benar
ilustrasi pan fry (unsplash.com/nathan dumlao)

Masih teknik turunan dari deep fry dan shallow fry. Hampir mirip dengan keduanya, pan fry merupakan teknik menggoreng dengan lebih sedikit minyak dari pada shallow fry, bahkan deep fry.

Minyak yang digunakan dari teknik pan fry kurang lebih 1–3 sendok makan, hanya sebagai pelumas pan saja. Karena lebih sedikit minyak, maka penggorengan dengan teknik ini dikenal lebih sehat.

Umumnya digunakan dalam mematangkan pancake, telur goreng, bacon hingga steak. Dalam teknik pan fry, waktu penggorengan bergantung pada ketebalan dari makanan.

Baca Juga: Shallow Frying, Teknik Menggoreng Cepat dengan Minim Minyak 

4. Saute

teknik menggoreng makanan yang benar
ilustrasi saute (unsplash.com/andrew george)

Kadar minyak pada teknik sauteing sama dengan pan fry. Bedanya, teknik ini yakni menggoreng dengan metode menumis dengan bahan yang potongannya lebih kecil. Teknik saute biasanya sudah sangat familiar bagi para ibu-ibu rumah tangga yang terbiasa membuat masakan lezat di dapur.

Beberapa masakan di Indonesia, terlebih yang berkuah, umumnya menggunakan teknik menggoreng saute terlebih dahulu untuk mematangkan dan membuat harum bumbu, sebelum ditambahkan kuah kaldu. Saute juga cocok untuk masakan cah, atau masakan tumis lainnya.

5. Stir fry

teknik menggoreng makanan yang benar
ilustrasi stir fry (unsplash.com/clem onojeghuo)

Stir fry hampir sama dengan saute, yang merujuk pada kegiatan menumis. Bedanya teknik ini menggunakan minyak yang lebih banyak sedikit dari saute. Stir fry awal mula berasal dari dapur Tiongkok, dan sangat akrab menggunakan wajan besar atau dinamakan wok.

Biasanya teknik ini kerap digunakan di rumah makan Chinese food. Tidak hanya sekedar menumis, pada proses stir fry lebih banyak mengaduk-aduk bahan pangan yang digoreng.

6. Air fry

teknik menggoreng makanan yang benar
ilustrasi air fry (epicurious.com)

Teknik menggoreng yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Pasalnya, teknik air frying merupakan proses menggoreng tanpa minyak melainkan dengan udara panas. Teknik ini bisa dilakukan dengan alat yang sedang viral, yakni air fryer.

Menggoreng dengan teknik air frying juga dianggap paling sehat dari yang yang lain. Karena dilakukan tanpa sumber lemak, dengan hasil sama persis seperti makanan yang habis digoreng dengan minyak biasa.

Sekarang Sobat Yummy sudah paham dengan keenam teknik dalam menggoreng, kan? Teknik ini dibagi sesuai kebutuhan dan jenis masakan. Terapkan teknik-teknik menggoreng diatas agar kamu bisa pamer ke calon mertua, karena telah expert dalam teknik permasakan!

Yuk, download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru setiap hari dengan mudah.

Baca Juga: Pemula Wajib Tahu! Ini Cara Menggunakan Air Fryer yang Benar!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Diana Nurjanah

Diana Nurjanah

Kakiage Renyah

Kakiage Renyah

(5.0)

25 mnt

168

JKT48

JKT48

Steak

Steak

(4.6)

7 langkah

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3

+4

Artikel Lainnya di tips