5 Makanan Khas Bontang yang Enak dan Wajib Kamu Coba

Bontang punya makanan khas yang unik dan enak

5 Makanan Khas Bontang yang Enak dan Wajib Kamu Coba

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Bontang merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur. Bontang Mangrove Park menjadi tempat yang cukup populer di Kalimantan Timur, dengan lahan hutan mangrovenya yang cukup luas. Selain itu, masih banyak objek wisata lain yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan seperti halnya, Pulau Segajah dan Bukit Biru.

Bukan hanya objek wisata saja, Bontang juga punya makanan khas yang unik dan wajib untuk dicoba. Rasanya akan sangat kurang jika berwisata ke Kota Bontang tanpa mencoba makanan khas Bontang yang menggiurkan. 

Berikut ini, ada beberapa makanan khas Bontang yang perlu kamu ketahui. Simak hanya di Yummy App, ya!

1. Baronang bakar

ikan baronang bakar makanan khas bontang
ilustrasi ikan baronang bakar (instagram.com/seefresh.seafood)

Ikan baronang bakar menjadi salah satu makanan khas Bontang yang cukup populer di kalangan wisatawan. Bahan utama dari makanan yang satu ini adalah ikan baronang yang biasanya hidup di laut Bontang.

Ikan baronang diolah dengan cara dibakar, membuat ikan baronang jadi punya rasa yang amat menggiurkan. Ditambahkan olesan bumbu rempah yang berasal dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan cabai, semakin menambah cita rasa dari ikan baronang bakar.

Ikan baronang bakar biasanya akan diolesi dengan minyak khas Bontang, yang tentu menjadi pembeda dari olahan ikan bakar lainnya. Rasanya jadi semakin gurih dan nikmat jika kamu menyantap ikan baronang bakar bersama dengan sepiring nasi hangat dan sambal sesuai selera.

2. Gammi bawis

gammi bawis makanan khas bontang
ilustrasi gammi bawis (instagram.com/thia_khodizahh)

Makanan khas Bontang yang juga terkenal dan paling diminati oleh para wisatawan lainnya, adalah gammi bawis. Bahan utamanya sudah pasti merupakan ikan bawis yang hanya hidup di perairan laut Kalimantan saja. Karena itu, jika kamu datang ke Bontang, kamu bisa menikmati sajian ikan bawis segar yang langsung ditangkap di perairan Bontang.

Biasanya ikan bawis ini tidak hanya sendirian saja, loh. Dalam penyajiannya terdapat udang, cumi, dan juga kerang. Pengolahan ikan bawis akan dicampur dengan bumbu seperti terasi, tomat, bawang merah yang diberikan gula dan garam untuk penambah rasa. Uniknya, bukan disajikan di piring, gammi bawis malah disajikan langsung di atas cobek selagi hangat.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Banjarmasin yang Unik dan Bikin Nagih!

3. Keripik bawis

keripik bawis makanan khas bontang
ilustrasi keripik bawis (instagram.com/gallery.pama)

Masih berbicara tentang ikan bawis, Bontang punya makanan khas lain yang dibuat dari ikan segar tersebut untuk dijadikan cemilan seperti keripik bawis. Rasa dari keripik gamis ini gurih dan lezat, bahkan bisa dicoba untuk dijadikan teman makan bersama nasi.

Keripik bawis juga jadi cemilan yang banyak digemari oleh para wisatawan. Tak heran, karena ikan bawis punya rasa yang lezat, dan hanya dapat ditemukan di Kalimantan. Jadi para wisatawan pun tak ingin melewatkan kenikmatan makanan khas Bontang ini.

4. Sambal gammi

sambal gami makanan khas bontang
ilustrasi sambal gami (instagram.com/sambalgamiidamanmu)

Saat kamu berkunjung ke Bontang, hampir tidak mungkin kamu tidak menemukan sambal gammi. Hal tersebut dikarenakan, sambal gammi biasanya tersedia di berbagai tempat makan, sebagai sambal favorit Bontang.

Sambal gammi terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, kaldu, minyak goreng, gula, dan juga garam. Biasanya sambal gammi akan dicampurkan dengan seafood seperti udang dan cumi. 

Rasanya yang gurih dan juga pedas sekaligus, membuat sambal gammi juga banyak disukai oleh masyarakat lokal hingga para wisatawan.

5. Lontong ces

lontong ces makanan khas bontang
ilustrasi lontong ces (instagram.com/chikookuliner)

Bontang juga ternyata punya lontong khasnya yang dinamakan dengan lontong ces. Makanan khas Bontang ini rata-rata menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Namun tidak berlaku pada sajian lontong ces yang bahan utamanya adalah nasi yang dibuat menjadi lontong, dengan campuran sayuran dan bumbu khas Bontangnya.

Menyimak sederet makanan khas Bontang saja sudah cukup meningkatkan nafsu makan, ya. Rasanya ingin segera mencoba semua makanan khas Bontang sekaligus dalam satu hari.

Makanan khas Bontang yang cukup unik, bisa memberikan pengalaman baru bagi kamu dalam dunia kuliner. Jadi, jangan lupa untuk mencoba makanan khasnya ketika kamu berkunjung ke Bontang, ya!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Samarinda Wajib Coba dan Jadi Oleh-Oleh

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Eni Ainie

Eni Ainie

Gami Ikan Baronang

Gami Ikan Baronang

(5.0)

5 langkah

1.5 rb

Artikel Lainnya di kuliner