20 Makanan Khas Sunda yang Terkenal Enak dan Lezat

Salah satunya kue bandros yang gurih dan wangi

20 Makanan Khas Sunda yang Terkenal Enak dan Lezat

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sobat Yummy, makanan khas Sunda memiliki cita rasa yang unik dan khas. Makanan ini terkenal dengan sensasi pedas, gurih, dan manisnya yang lezat. Ditambah lagi dengan berbagai bumbu Sunda yang menggugah selera.

Nah, bagi Sobat Yummy yang ingin menikmati kelezatan kuliner khas Sunda, berikut adalah daftar 20 makanan khas Sunda yang terkenal enak dan lezat. Selamat mencoba!

1. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah makanan khas Sunda yang terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk. Biasanya, di dalam nasi timbel terdapat ikan asin, ayam suwir, tahu, tempe, dan sambal. Rasanya yang gurih dan aromanya yang harum membuat nasi timbel menjadi makanan yang sangat digemari di Sunda.

2. Pepes

pepes tahu khas Sunda
ilustrasi pepes tahu khas Sunda (flickr.com/vmchan)

Pepes merupakan makanan tradisional Sunda yang terbuat dari ikan, daging, atau tahu putih yang dibungkus dalam daun pisang dan dibakar. Bumbu yang digunakan biasanya terdiri dari rempah-rempah dan daun jeruk. Pepes memiliki cita rasa yang unik dan khas karena dagingnya yang lembut dan bumbunya yang meresap sempurna.

3. Karedok

Karedok adalah salah satu makanan khas Sunda yang terbuat dari sayuran mentah yang dicampur dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Karedok biasanya terdiri dari sayuran seperti kangkung, kacang panjang, buncis, dan mentimun. Rasanya yang segar dan gurih membuat Karedok menjadi hidangan pembuka yang nikmat.

4. Sate Maranggi

sate maranggi
ilustrasi sate maranggi (yummy.co.id/Wid's Kitchen)

Sate maranggi merupakan satu-satunya sate khas Sunda yang menggunakan bumbu bawang merah iris. Daging sate yang digunakan biasanya adalah daging sapi pilihan yang dipanggang dengan bumbu khusus. Rasanya yang gurih dan unik membuat sate maranggi menjadi favorit para pecinta sate.

5. Batagor

Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng. Makanan ini terdiri dari baso ikan yang dibalut dengan kulit tahu, kemudian digoreng dan disajikan dengan bumbu kacang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat Batagor menjadi camilan favorit di Sunda.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Jawa Timur yang Lezat dan Populer

6. Nasi Liwet

nasi liwet khas sunda
ilustrasi nasi liwet (flickr.com/Anty)

Nasi liwet adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Nasi ini biasanya disajikan dengan aneka lauk seperti ayam goreng, tempe orek, tahu goreng, dan sayur asem. Rasanya yang lezat dan aromanya yang harum membuat nasi liwet menjadi makanan yang sedap.

7. Sayur Asem

Sayur asem adalah sup sayuran khas Sunda yang memiliki rasa asam segar. Sayuran yang biasanya digunakan antara lain kacang panjang, melinjo, labu siam, daun melinjo, dan buncis. Ditambah dengan bumbu khas Sunda seperti asam jawa, daun salam, dan gula merah, sayur asem menjadi hidangan yang sangat nikmat.

8. Soto Bandung

soto bandung makanan khas sunda
ilustrasi soto bandung (yummy.co.id/Lisa Ferani)

Soto bandung adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari daging sapi yang direbus dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan kaldu yang kaya rasa. Soto ini biasanya disajikan dengan tambahan daun seledri, daun bawang, dan kentang rebus. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat soto bandung menjadi menu favorit di Sunda.

9. Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan ini terbuat dari tepung kanji yang digoreng hingga renyah. Cireng biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan saus pedas. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat cireng menjadi camilan khas Sunda yang disukai banyak orang.

10. Colenak

colenak khas Sunda
ilustrasi colenak khas Sunda (flickr.com/adiguna)

Colenak adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari ketan yang dipanggang dengan bumbu gula kelapa. Biasanya, colenak disajikan dengan parutan kelapa dan diguyur dengan kuah gula merah. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuat colenak menjadi makanan penutup yang lezat.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Melegenda dan Enak

11. Laksa Sunda

Laksa sunda adalah hidangan mie khas Sunda yang disajikan dengan kuah kental berbahan dasar kelapa sawit. Mie ini biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, telur rebus, dan tauge. Kuahnya yang gurih dan mie yang kenyal menjadikan laksa sunda sebagai makanan populer di daerah Jawa Barat.

12. Mie Ayam Pangsit

mie ayam pangsit makanan khas sunda
ilustrasi mie ayam pangsit (yummy.co.id/Laila Fitria)

Mie ayam pangsit adalah mie yang disajikan dengan irisan daging ayam suwir, pangsit, dan sayuran seperti sawi dan daun bawang. Mie ayam pangsit ini disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih. Rasanya yang lezat dan tekstur mie yang kenyal membuat mie ayam pangsit menjadi hidangan yang nikmat.

13. Combro

Combro adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari singkong yang diisi dengan bahan pelengkap seperti oncom, daun bawang, dan cabai rawit. Biasanya, combro digoreng hingga matang dan disajikan dengan sambal kacang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat combro menjadi camilan yang enak.

14. Sagon

sagon khas Sunda
ilustrasi sagon khas Sunda (flickr.com/wahyudobo)

Sagon khas Sunda adalah permen kelapa yang biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti kelapa parut, gula kelapa, dan tepung ketan. Sagon memiliki rasa manis dan aroma khas kelapa.

Pembuatan sagon melibatkan pencampuran kelapa parut dengan gula kelapa hingga menjadi adonan yang padat. Adonan kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil dan biasanya dilapisi dengan tepung ketan agar tidak lengket.

Setelah itu, sagon dikukus atau dipanggang hingga matang. Teksturnya bisa lembut atau kenyal tergantung pada resep dan cara pembuatannya. 

15. Kue Ape

Kue ape adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung beras yang difermentasi dengan ragi dan dipanggang dalam cetakan kue khusus. Kue ini memiliki tekstur lembut dan aroma yang harum. Rasanya yang manis membuat kue ape menjadi camilan yang cocok disantap di sore hari.

Baca Juga: Resep Kue Pancong Lumer Enak yang Mudah Dibuat

16. Tahu Gejrot

tahu gejrot oleh oleh khas sunda
ilustrasi tahu gejrot (flickr.com/bonkhz)

Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon yang juga populer di Sunda. Makanan ini terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan saus sambal khas yang pedas dan asam. Rasanya yang pedas dan segar membuat tahu gejrot menjadi camilan yang sedap dan menggugah selera.

17. Surabi

Surabi adalah makanan khas Sunda yang mirip dengan pancake. Makanan ini terbuat dari adonan tepung beras yang dibakar dalam cetakan khusus. Surabi biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat Surabi menjadi makanan penutup yang enak.

18. Soto Betawi

soto betawi
ilustrasi soto betawi (dok. Yummy App/Elsa Agustina)

Soto betawi adalah hidangan sop daging sapi yang terkenal di Jakarta, tetapi juga populer di Sunda. Soto ini biasanya disajikan dengan daging sapi, tetelan, babat, atau jerohan lainnya. Kuahnya yang kaya rasa dan tambahan bawang goreng serta emping melengkapi cita rasa soto betawi yang lezat.

19. Cilok

Cilok adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari adonan aci yang dibentuk bulat dan direbus. Cilok biasanya disajikan dengan saus kacang yang gurih dan pedas. Rasanya yang unik dan teksturnya yang kenyal membuat cilok menjadi camilan yang digemari banyak orang di Sunda.

20. Kue Bandros

kue bandros oleh oleh khas Sunda
ilustrasi kue bandros (yummy.co.id/Mama Queen)

Bandros termasuk salah satu camilan tradisional Sunda yang unik. Bandros biasanya terbuat dari campuran tepung beras ketan, kelapa parut, dan daun pandan yang diolah dengan cara dipanggang atau dikukus. Daun pandan juga sering ditambahkan untuk memberikan aroma khas pada Bandros. 

Itulah sobat Yummy, 20 makanan khas Sunda yang terkenal enak dan lezat. Dari nasi timbel yang gurih, pepes yang harum, hingga batagor yang renyah, semua makanan khas Sunda pasti akan memanjakan lidah Sobat Yummy. Jadi, jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan ini saat berkunjung ke daerah Sunda. Selamat menikmati!

Baca Juga: 10 Resep Kue Tradisional Indonesia, Pas untuk Teman Ngeteh Cantik!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

nareswari

nareswari

Bandros Pandan #HijauEkstraPoin

Bandros Pandan #HijauEkstraPoin

(5.0)

8 langkah

804

Artikel Lainnya di kuliner