Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Macchiato dan Latte!

Macchiato bukan kopi susu biasa!

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Macchiato dan Latte!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Dahulu, kopi yang paling terkenal dan enak untuk dinikmati bersama teman-teman adalah kopi hitam dalam kemasan. Sedangkan di zaman yang sudah semakin berkembang ini, varian kopi semakin banyak dan tidak hanya berhenti di kopi hitam saja. Mulai dari cappucino, moccacino, latte, hingga macchiato yang rasanya berbeda-beda.

Pada artikel Yummy App kali ini, akan mengupas tentang macchiato, dan perbedaan macchiato dan latte, bagi kamu yang mungkin belum kenal dengan baik keduanya. Kalau begitu, langsung scroll artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Macchiato?

macchiato
ilustrasi macchiato (pexels.com/pramodtiwari)

Macchiato merupakan kopi yang berasal dari Italia yang mempunyai arti "ditandai dengan bercak". Maksud dari ditandai dengan bercak tersebut bisa dilihat dari sajian macchiato diberikan foam pada bagian atasnya. 

Hampir sama dengan jenis kopi lainnya, macchiato juga merupakan kopi yang dibuat dari campuran susu dan espreso. Hanya saja, macchiato memiliki perbandingan 2:1:1 untuk susu, espresso, dan foam di atasnya. Kamu bisa melihat sajian macchiato yang dibuat menjadi 3 layer, dengan bagian bawah diisi susu, bagian tengah dituangkan espresso, dan atasnya diberikan foam. Macchiato sering kali dicampurkan dengan karamel di beberapa kedai kopi, sehingga kamu sering melihat menu dengan nama caramel macchiato.

Macchiato terbagi menjadi 2 jenis yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Espresso macchiato biasanya lebih banyak menuangkan espresso di dalam gelasnya, sedangkan latte macchiato lebih banyak penggunaan susu dibandingkan espresso. Bukan hanya itu, biasanya espresso macchiato disajikan menggunakan gelas kecil yang biasa digunakan untuk espresso. Sedangkan latte macchiato disajikan menggunakan gelas yang berukuran lebih besar.

Perbandingan 2:1:1 untuk susu, espresso, dan foamnya berlaku untuk minuman latte macchiato yang memang lebih banyak menggunakan susu. Lalu apa bedanya macchiato dengan latte yang juga menggunakan banyak susu dibandingkan kopinya?

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika 

Perbedaan Macchiato dan Latte

perbedaan macchiato dan latte
ilustrasi macchiato dan latte (pexels.com/dennisroubos/pexels.com/chevanonphotography)

1. Beda Cara Pembuatan

Perbedaan macchiato dan latte yang pertama adalah dari cara pembuatannya. Latte atau yang juga akrab disebut coffee latte biasanya dibuat dengan menuangkan espreso ke dalam gelas terlebih dahulu. Setelah itu baru dituangkan susu yang sudah melalui proses steam untuk dicampurkan bersama espreso. Awalnya coffee latte disajikan tanpa buih busa di atasnya. Namun saat ini buih busa sering digunakan di berbagai kedai kopi untuk dapat membuat latte art. Rasa dari latte sendiri lebih terasa milky dan creamy.

Pada macchiato, susu dituangkan terlebih dahulu ke dalam gelas sebelum espreso. Jadi espreso terlihat seperti mengambang di tengah-tengah gelas dan dituangkan foam yang cukup tebal di atas espreso. Hal ini sudah pasti membuat macchiato dan latte terlihat berbeda dari tampilannya. Espreso pada latte macchiato akan terasa lebih lembut dan tidak terlalu pahit karena buih susu yang dituang di atasnya.

Latte akan semakin berbeda jika disandingkan dengan espreso macchiato yang menggunakan lebih banyak espreso dibandingkan susu. Sehingga espreso macchiato mempunyai rasa kopi yang lebih strong dibandingkan dengan caffe latte ataupun latte macchiato.

Sekarang kamu sudah tahu, kan, walaupun bahannya sama menggunakan susu dan espreso, namun cara penyajiannya membuat kedua kopi tersebut terlihat berbeda.

2. Beda Cara Penyajian

Perbedaan kedua macchiato dan latte adalah dari cara penyajiannya. Biasanya espreso macchiato akan disajikan menggunakan gelas kecil yang digunakan untuk menyajikan espresso. Sementara latte macchiato disajikan dengan gelas yang lebih besar. Sedangkan latte sering kali disajikan menggunakan cangkir dengan kuping yang bisa memudahkan kamu untuk menyantap kopi selagi hangat, supaya tangan kamu tidak terkena panas.

Cukup berbeda, kan, antara macchiato dan latte. Berbicara seputar kopi memang tak akan ada habisnya, tapi bagi kamu para pecinta kopi pasti tidak pernah bosan untuk ulik terus varian kopi yang beragam. Di antara macchiato dan latte, mana yang jadi kopi favorit kamu?

Baca Juga: 9 Jenis Kopi Terpopuler yang Wajib Kamu Cicipi, Khas Semua!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Annisaa T.K

Annisaa T.K

Jelly Macchiato Drink

Jelly Macchiato Drink

(4.7)

6 langkah

1.3 rb

Artikel Lainnya di kuliner