Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

7 Sayuran yang Mengandung Vitamin D, Wajib Ada di Kulkasmu!

Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuhmu!

Sering kali masyarakat terfokus pada kebutuhan vitamin yang itu-itu saja, seperti vitamin C ataupun A. Padahal kebutuhan mikronutrien lainnya juga sangat penting bagi tubuh. Masing-masing tubuh juga memerlukan asupan vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi, hingga menjagamu dari berbagai penyakit karena meningkatkan sistem imun.

Berdasarkan jurnal terbitan Medula, vitamin D disebut juga ‘sunshine vitamin’. Hal ini karena vitamin ini dapat eksis di dalam tubuh disebabkan adanya radiasi UVB pada lapisan epidermis dan dermis kulit, sehingga terciptanya proses sintesis vitamin D dalam tubuh.

Jika Sobat Yummy berencana untuk lebih memenuhi asupan nutrisi vitamin D selain berjemur, kamu jangan bingung. Karena ada banyak sekali beberapa makanan yang merupakan sumber vitamin D, salah satu contohnya pada golongan sayuran. Yuk, cari tahu apa saja sayuran yang mengandung vitamin D tersebut.

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Bayam

ilustrasi bayam (unsplash.com/louis hansel)

Sayuran yang mengandung vitamin D yang pertama adalah sayur bayam, karena sayur bayam dikenal dengan kandungan zat besi dan seratnya yang tinggi.

Kadar vitamin D pada bayam mentah berkisar 1,5 mcg/100 g, dan menjadi salah satu sayuran yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Tapi perlu diingat untuk mengolah bayam dengan benar, agar vitamin D yang terkandung tidak hilang.

2. Brokoli

ilustrasi brokoli (unsplash.com/louis hansel)

Sayuran yang mengandung vitamin D selanjutnya, yakni brokoli. Sayur hijau satu ini, memiliki kandungan beragam vitamin, termasuk vitamin D. Akan tetapi tidak sebanyak pada bayam, kandungan vitamin D brokoli hanya sebesar 0,8–1,4 mcg/100 g.

Namun, sayuran ini tidak kalah dari segi kandungan nutrisi lainnya. Brokoli juga kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, protein, hingga serat.

3. Kangkung

ilustrasi kangkung (pixabay.com/paresh)

Kangkung merupakan sayur dari jenis tanaman semi akuatik. Maka dari itu, kangkung memiliki sebutan bayam air. Sayuran yang kerap diolah menjadi masakan plecing atau tumis kangkung ini, memiliki ragam nutrisi salah satunya, yakni vitamin D yang berkisar antara 0,5–1,7 mcg/100 g kangkung.

4. Sawi

ilustrasi sawi (pixabay.com/wikimediaimage)

Saat makan bakso, tidak lengkap jika tidak didampingin dengan sayur sawi. Tapi tahukah kamu, sawi termasuk sayuran yang mengandung vitamin D dan mengandung banyak nutrisi, sehingga manfaatnya pun tidak kaleng-kaleng. Mulai dari menjaga kesehatan jantung dan mata, antioksidan, penurun kolestrol, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Salah satu yang mendukung adanya manfaat-manfaat tersebut, yakni dari vitamin D yang terkandung pada sawi. Vitamin D pada sawi mencapai 1,5 mcg/100 g.

Baca Juga: 15 Buah dan Sayur untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Aman Dimakan

5. Jamur

ilustrasi jamur (unsplash.com/joant)

Bahan pangan mengandung vitamin D berikutnya, sebenarnya bukan dari jenis sayuran. Tapi bahan pangan ini sering diolah bersamaan dengan sayur lainnya, seperti pada masakan sup.

Menurut jurnal terbitan Multidisciplinary Digital Publishing Institute, menyatakan bahwa jamur yang mengandung vitamin D paling tinggi merupakan jamur dari jenis tiram paru, dan termite dengan kadar berkisar 0,67–15,88 mcg/100 g. Sedangkan jenis lainnya mengandung vitamin D dengan kadar 0,06–2,31 mcg/100 g.

Selain itu, jamur juga senyawa ergosterol, yakni senyawa yang dapat menstimulasi produksi vitamin D jika terkena sinar matahari.

6. Kale

ilustrasi kale (unsplash.com/brian mcgowan)

Kale termasuk sayuran se-famili dengan kubis. Sayuran ini merupakan superfood karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Tapi tahukah, Sobat Yummy! Kale sebenarnya bukan sumber vitamin D secara langsung, tapi sayuran ini memiliki mineral magnesium. Makronutrien sejenis magnesium berperan sebagai pengaktif vitamin D dalam tubuh, atau disebut sebagai provitamin D.

7. Kubis Hijau

ilustrasi kubis hijau (unsplash.com/may)

Sama seperti kale, kubis hijau bukan sumber dari vitamin D. Akan tetapi sayuran ini kaya akan magnesium yang dapat dengan efektif membantu penyerapan vitamin D.

Saat kamu berjemur di bawah sinar matahari pagi, di bagian epidermis kulit akan memproduksi sejumlah vitamin D. Tapi tanpa adanya magnesium, vitamin D yang terbentuk tidak dapat aktif dan tidak terserap dengan baik untuk manfaatnya bagi tubuh.

So, itulah beberapa list sayuran yang mengandung vitamin D, dan provitamin D. Tapi perlu diingat, untuk mengolah sayuran-sayuran tersebut dengan benar, agar kandungan nutris baik di dalamnya tidak hilang. Sehingga kamu masih bisa menikmati manfaatnya bagi tubuh.

Baca Juga: ​20 Menu Resep Smoothies Buah dan Sayur yang Mudah Diolah

Bagikan: