Manfaat Rebusan Daun Salam yang Perlu Diketahui!

Salah satu asupan yang baik untuk redakan stres, nih~

Manfaat Rebusan Daun Salam yang Perlu Diketahui!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Daun salam yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap pada beberapa masakan, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Daun salam memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, tanin, flavonoid, dan masih ada banyak kandungan lainnya.

Zat-zat baik yang ada pada daun salam memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Untuk bisa menikmati daun salam dan mendapatkan kebaikannya, kamu bisa merebus daun salam dan meminum airnya.

Sebelum tahu bagaimana cara mengolah daun salam yang benar, mari ketahui terlebih dahulu berbagai manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh!

1. Mengurangi stres dan kegelisan

ilustrasi seseorang yang sedang mengalami stress
ilustrasi seseorang yang sedang mengalami stres (freepik.com/diana.grytsku)

Manfaat rebusan daun salam yang pertama yaitu untuk membantu mengurangi stres dan juga kegelisahan, sebagaimana dilansir Healthshots. Hal ini dikarenakan daun salam memiliki kandungan linalool yang dapat mengurangi hormon stres.

Linalool ini memang dikenal sebagai zat yang berperan sebagai anti-cemas. Jadi ketika kamu stres dan sedang merasa cemas berlebih, cobalah untuk meminum air rebusan daun salam sebagai relaksasi.

2. Menurunkan kadar asam urat

asam urat
ilustrasi cek sendi yang terkena asam urat (pexels.com/antonishkraba)

Sejak dahulu, daun salam memang sangat dikenal sebagai obat yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi asam urat. Manfaat tersebut ternyata bukan hanya omong kosong belaka, lho.

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Jurnal Perawat Indonesia menyebutkan bahwa daun salam memiliki peran dalam menurunkan kadar asam urat pada orang lanjut usia. Daun salam mempunyai zat aktif kuersetin yang mampu menghambat enzim xantin oksidase dalam pembentukan asam urat.

3. Mencegah hipertensi

pemeriksaan hipertensi
ilustrasi pemeriksaan hipertensi (unsplash.com/mufid majnun)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa daun salam memiliki kandungan flavonoid di dalamnya. Kandungan flavonoid tersebut dapat membantu untuk mengurangi resiko terkena hipertensi. Flavonoid dipercaya menjadi senyawa yang mampu menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh.

Baca Juga: Bantu Atasi Insomnia, Inilah 5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur!

4. Menurunkan kadar LDL kolesterol

putih telur menjaga kadar kolesterol
ilustrasi pemeriksaan kolesterol (unsplash.com/hush naidoo jade photography)

Mengkonsumsi air rebusan daun salam juga bisa menurunkan kadar LDL kolesterol dalam tubuh. Penurunan ini disebabkan oleh kandungan flavonoid yang ada di dalam daun salam, yang juga bisa membantu produksi insulin dengan lebih baik lagi.

Karena itulah, mengkonsumsi rebusan daun salam akan sangat bagus bagi kamu yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, ataupun untuk kamu yang ingin mencegah kolesterol.

5. Meningkatkan imunitas

peningkatan sistem imunitas
ilustrasi peningkatan sistem imunitas (freepik.com/freepik)

Vitamin C yang terkandung dalam daun salam mampu memberikan manfaat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh manusia.

Vitamin C mampu menghidupkan fungsi-fungsi pada sistem imun, sehingga dapat bekerja dengan baik dalam menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit yang berkaitan dengan sistem imunitas. Hal ini juga dijelaskan dalam Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, yang juga setuju bahwa daun salam berperan dalam meningkatkan imun tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

menjaga kesehatan jantung
ilustrasi menjaga kesehatan jantung (freepik.com/freepik)

Kandungan flavonoid dalam rebusan daun salam juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Kuersetin yang ada dalam flavonoid dipercaya mampu menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Selain itu, kadar LDL kolesterol jahat yang berkurang karena daun salam juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung.

Cara mengolah daun salam

air rebusan daun salam
ilustrasi rebusan daun salam (pexels.com/polinatankilevitch)

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari daun salam, ini saatnya kamu juga tahu bagaimana cara mengolah daun salam untuk diminum.

Kamu bisa mengolah rebusan daun salam dicampurkan dengan madu untuk menambahkan rasa manis dan lezat saat dikonsumsi. Madu juga memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh, sehingga kamu bisa menyatukan keduanya menjadi minuman.

Bahan-bahan:

  • 8 lembar daun salam
  • 300 mL air
  • 2 sdm madu

Cara membuat:

  1. Cuci bersih daun salam.
  2. Masukkan daun salam dan air ke panci.
  3. Rebus sampai mendidih. Setelah mendidih rebus lagi sekitar 5 menit.
  4. Kemudian tuang ke dalam gelas atau cangkir.
  5. Tambahkan madu dan aduk rata. Sajikan.

Tips: Kamu juga bisa menambah perasan jeruk nipis jika kamu suka dengan rasanya.

Itu dia manfaat rebusan daun salam dan cara mengolahnya yang bisa langsung kamu praktikkan di rumah. Jagalah kesehatan tubuh setiap hari, karena sehat itu mahal!

Baca Juga: Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur Muya

Dapur Muya

Minuman Herbal Daun Salam

Minuman Herbal Daun Salam

(5.0)

5 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi