Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi teh bunga telang untuk tubuh yang sehat

Manfaat Teh Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Saat ini, bunga telang menjadi salah satu tanaman yang cukup dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. Bahkan bunga telang juga kerap dijadikan sajian minuman teh yang bisa dinikmati pada pagi hari maupun sore hari.

Bunga telang dijadikan sebagai sajian minuman karena dipercaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat, ketahui terlebih dahulu apa itu bunga telang, yuk, Sobat Yummy. Simak di bawah ini, ya!

Apa Itu Bunga Telang?

bunga telang
ilustrasi bunga telang (flickr.com/radicaldawg)

Bunga telang merupakan bunga yang memiliki bentuk khas seperti corong dan memiliki warna biru cerah yang menarik mata. Mahkota bunga telang berbentuk seperti kupu-kupu yang membuat bunga telang terlihat semakin cantik.

Biasanya bunga telang dijadikan tanaman hias di depan halaman rumah, untuk memperindah tampilan halaman. Bunga telang juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami, karena aman untuk dikonsumsi.

Tak hanya itu, bunga telang juga diproduksi menjadi minuman teh yang memiliki banyak manfaat.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat bunga teh telang untuk tubuh menurut Journal of Functional Food and Nutraceutical.

1. Mengelola stress oksidatif

ilustrasi orang sedang mengalami stres
ilustrasi stres (pixabay.com/1388843)

Manfaat teh bunga telang yang pertama adalah dapat membantu mengelola stres karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Stres oksidatif biasanya disebabkan oleh terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh, karena itulah antioksidan bertugas untuk menangkap radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh.

Jika stress oksidatif tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan dampak negatif bagi tubuh seperti penuaan dini dan meningkatkan resiko kanker. Selain mampu mengelola stress, teh bunga telah juga dapat mencegah depresi.

2. Memperbaiki mood

senang
ilustrasi mood senang (pexels.com/yaroslavshuraev)

Bukan hanya bermanfaat untuk mengelola stres, mengkonsumsi teh bunga telang juga bisa membantu untuk memperbaiki mood kamu yang sedang buruk agar berubah menjadi baik kembali. Hal ini juga disebabkan oleh kandungan antioksidan dalam bunga telang yang bisa ikut andil dalam membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Baca Juga: Bantu Atasi Insomnia, Inilah 5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur!

3. Anti-diabetes

pemeriksaan diabetes
ilustrasi pemeriksaan diabetes (unsplash.com/matt c)

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang diderita dalam jangka panjang. Biasanya diabetes disebabkan oleh penumpukan glukosa karena tubuh kehilangan kemampuan untuk mengolah gula menjadi sumber energi.

Bunga telang memiliki sifat anti-diabetes yang mampu membantu untuk menurunkan glukosa pada tubuh yang menumpuk, serta meningkatkan insulin, supaya mencegah diabetes. Sedangkan untuk penderita diabetes, dapat membantu mengurangi penumpukan glukosa, supaya diabetes tidak terlalu parah.

4. Mencegah obesitas

putih telur menjaga kadar kolesterol
ilustrasi pemeriksaan kolesterol (unsplash.com/hush naidoo jade photography)

Manfaat bunga teh telang lainnya adalah untuk mencegah kamu terkena obesitas. Teh bunga telang mempunyai kandungan anti-adipogenesis yang bisa menurunkan trigliserida.

Kolesterol tentunya juga menjadi permasalahan kesehatan yang sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi kini kamu bisa mengonsumsi teh bunga telang untuk mengurangi kemungkinan terkena kolesterol tinggi, ya.

5. Anti-kanker

sel kanker
ilustrasi sel kanker (unsplash.com/nantionalcancerinstitute)

Siapa yang sangka, bunga dengan warna dan bentuk yang menawan ini memiliki kandungan antiproliferasi. Senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah hingga menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Bunga telang memiliki kandungan anti-kanker yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker yang sangat berbahaya dan mematikan.

6. Anti-inflamasi

menggunakan krim untuk meredakan peradangan
ilustrasi menggunakan krim untuk meredakan peradangan (unsplash.com/katerynahliznitsova)

Peradangan biasanya terjadi ketika tubuh merespon bahaya yang ada di dalam tubuh. Teh bunga telang juga bisa dimanfaatkan untuk anti-inflamasi atau mengurangi peradangan.

7. Menjaga kesehatan kulit

kulit sehat
ilustrasi kulit wajah sehat (pexels.com/ronlach)

Bunga telang juga dikatakan mempunyai kandungan flavonoid yang mampu menjaga kecantikan kulit, supaya terlihat lebih sehat, tidak lagi kusam, dan kulit semakin bersinar.

Lihat, ada berbagai manfaat besar dari mengkonsumsi teh bunga telang secara teratur. Tapi jangan lupa bahwa, kamu tetap perlu menjaga pola hidup yang sehat untuk tubuh yang sehat, ya.

Perbanyak minum air mineral setiap sesudah kamu mengkonsumsi teh, untuk menjaga kesehatan ginjal. Yuk, cobain minum teh bunga telang yang banyak manfaatnya!

Baca Juga: Kenali Manfaat Teh Tawar Hangat bagi Kesehatan Tubuh!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Aisah

Aisah

Manisan Kolang-Kaling Bunga Telang

Manisan Kolang-Kaling Bunga Telang

(5.0)

5 langkah

386

Artikel Lainnya di nutrisi