Kenali Manfaat Teh Tawar Hangat bagi Kesehatan Tubuh!

Banyak manfaat dalam satu gelas teh tawar hangat

Kenali Manfaat Teh Tawar Hangat bagi Kesehatan Tubuh!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Mengkonsumsi teh tawar hangat sudah menjadi rutinitas setiap hari kebanyakan orang di Indonesia. Biasanya juga teh tawar menjadi minuman yang dipilih untuk mengurangi rasa mual ketika mabuk perjalanan, ataupun sedang sakit. Kebanyakan orang percaya, kandungan yang ada di dalam teh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Hal tersebut tentu bukanlah sebuah asumsi semata saja. Karena pada kenyataannya teh mengandung zat-zat tertentu yang bisa memberikan dampak baik bagi tubuh manusia. Seperti pada laman Kementerian Kesehatan yang juga menyebutkan beberapa manfaat yang bisa diperoleh tubuh dari mengkonsumsi teh. Berikut manfaat minum teh tawar bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan kadar kolesterol

cek kolesterol
ilustrasi cek kolesterol (pexels.com/thirdman)

Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi masih sering dialami oleh banyak orang, yang bisa disebabkan dari pola makanan yang kurang baik. Dalam Jurnal eBiomedik menjelaskan hasil penelitiannya yang menunjukkan bahwa teh hijau mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Antioksidan yang terkandung di dalam teh menjadi salah satu faktor turunnya kolesterol dalam darah. 

Tentunya manfaat ini akan lebih terasa jika teh dikonsumsi tawar tanpa gula atau tambahan apapun, dan diminum dalam kondisi teh yang baru saja dibuat. Selain teh tawar hijau, teh tawar hitam juga memiliki manfaat yang sama.

2. Mengatasi stres

teh tawar bantu atasi stres
ilustrasi seseorang yang sedang mengalami stres (freepik.com/diana.grytsku)

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, teh juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan psikis. Disebutkan pada laman Piogama UGM bahwa teh mampu menurunkan kadar oksidan berlebih yang bisa menjadi pemicu stres pada manusia. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan polifenol yaitu senyawa antioksidan dalam teh yang cukup tinggi, dapat membantu mengatasi stres.

Selain itu, dengan mengkonsumsi teh tawar hangat, tubuh akan menjadi lebih rileks, meningkatkan fokus, dan juga dapat mengurangi rasa cemas yang sering muncul. Teh yang bisa bermanfaat untuk pereda stress adalah teh hijau.

Baca Juga: Bantu Atasi Insomnia, Inilah 5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur!

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

sel kanker
ilustrasi sel kanker (unsplash.com/nantionalcancerinstitute)

Sekilas mungkin terasa tidak mungkin kalau salah satu manfaat teh tawar adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun penelitian ini sudah dilakukan dan tertulis dalam buku Biofarmaka IPB bahwa teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG, yang bisa bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia.

Efektivitas penghambatan sel kanker yang bisa dilakukan oleh teh hijau bahkan mencapai 77.79%. Sel kanker yang dapat dihambat pertumbuhannya oleh teh hijau tawar adalah leukemia, kanker tiroid, kanker payudara, dan kanker organ saluran pencernaan.

Perlu diingat bahwa teh hanya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker saja, namun bukan mengobati. Untuk mengobati, kamu perlu datang ke dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Mencegah dan menurunkan risiko penyakit jantung

menjaga kesehatan jantung
ilustrasi menjaga kesehatan jantung (freepik.com/freepik)

Manfaat teh tawar selanjutnya yaitu dapat menurunkan risiko penyakit jantung atau kardiovaskular. Kandungan EGCG dalam teh, bukan hanya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, tapi juga bisa memperlancar peredaran darah pada jantung. 

Hal ini berkaitan dengan teh yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang apabila menumpuk dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Karena itulah, teh mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi secara rutin dengan takaran secukupnya.

5. Mengurangi risiko gangguan saraf

saraf
ilustrasi saraf dan otak manusia (freepik.com/kjpargeter)

Kandungan polifenol dalam teh tawar bisa bermanfaat dalam melindungi sistem saraf pada manusia. Dengan begitu, teh bisa membantu untuk mengurangi risiko manusia terkena penyakit yang berhubungan dengan saraf seperti parkinson.

Parkinson sendiri merupakan gangguan saraf degeneratif yang bisa mengganggu keseimbangan. Polifenol mampu mengaktifkan senyawa yang dapat melindungi saraf degeneratif.

Banyak sekali kan manfaat teh tawar untuk menjaga kesehatan tubuh. Pastikan kamu mengkonsumsi teh tawar hangat dalam porsi yang cukup, dan tetap penuhi kebutuhan air mineral untuk tubuh setiap harinya, ya!

Baca Juga: 7 Jenis Teh yang Ada di Dunia Ini Wajib Kamu Coba!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Tika Sembiring

Tika Sembiring

Teh Hangat Jeruk Daun Mint

Teh Hangat Jeruk Daun Mint

(5.0)

5 langkah

505

Artikel Lainnya di nutrisi