Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

4 Cara Membedakan Kuas Bulu Babi dan Kuas Sintetis, Jangan Terkecoh

Mengetahuinya sangat gampang dan bisa kamu terapkan sendiri

Aplikasi kuas memang sangat banyak. Sebagai alat make up, melukis, bahkan penggunaannya juga ada di dunia masak-memasak. Dalam hal memasak, kuas biasanya digunakan untuk menyapukan saus ke permukaan makanan.

Tapi yang perlu kamu perhatikan adalah, kuas di dunia masak ternyata memiliki sumber yang berbeda, seperti kuas bulu babi dan kuas sintetis. Sedangkan untuk Sobat Yummy muslim mungkin dilarang untuk memakan atau menggunakan bagian dari hewan yang tidak diperbolehkan atau hukumnya haram, dan babi merupakan salah satunya.

Jadi kamu perlu mengetahui ciri-ciri antara kuas bulu babi dan kuas sintetis, agar tidak keliru. Yuk, simak edukasi dari Yummy App mengenai cara yang tepat membedakannya!

Baca Juga: 6 Resep Sosis Bakar Lezat dan Mudah Dibuat

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Perhatikan Label pada Kuas

Ciri-ciri paling dasar untuk membedakan kuas bulu babi dengan yang lainnya, yakni adanya label 'bristle', 'hog', 'pig', dan 'boar', yang tercantum pada ganggang kuas. Label tersebut merupakan penyebutan yang merujuk pada bahan dasar kuas terbuat dari bulu atau rambut suatu hewan.

Biasanya bulu hewan yang paling sering digunakan dalam pembuatan kuas, yakni babi ataupun kuda. Sedangkan kuas yang tidak memiliki label, biasanya terbuat dari plastik, silicon ataupun nylon.

Jika Sobat Yummy selalu memperhatikan kehalalan suatu produk, kamu harus dengan teliti memastikan apakah kuas tersebut memiliki salah satu label diatas atau tidak.

2. Cek Warna dan Tekstur

illustrasi kuas silicon (epicurious.com)

Jika kuas yang kamu beli tidak memiliki label dengan bahan dasar bulu hewan, tapi masih ragu, Sobat Yummy bisa mengecek dari segi warna dan tekstur kuas.

Antara kuas bulu babi dan kuas sintetis memiliki warna hingga tekstur yang berbeda-beda. Kuas bulu babi umunya memiliki warna putih gading dengan tekstur yang lembut dan halus. Sedangkan, kuas sintetis memiliki warna cenderung putih cerah hingga warna-warni karena diberi pewarna. Tekstur kuas sintetis lebih kaku, dan kasar.

Baca Juga: 12 Resep Bakso Bakar Enak dan Menggugah Selera

3. Cermati Harga Kuas

Selain dari segi fisik, kamu juga bisa cek harga dari kuas yang akan dibeli. Umunya kuas dengan bahan dasar bulu hewan memiliki harga yang cenderung lebih pricey dibanding kuas sintetis. Kuas dengan bahan dasar plastik atau nylon biasanya memiliki harga mulai Rp. 5.000 dan harga untuk satu kuas bulu babi mulai Rp. 15.000.

4. Tes Bakar

illustrasi kuas bristle (webresturant.com)

Satu lagi yang bisa Sobat Yummy cek pada kuas yang kamu beli, yakni dengan tes bakar. Coba bakar sebentar kuas kamu, lalu cermati aroma yang keluar. Kuas bulu babi cenderung akan mengeluarkan aroma seperti daging panggang, sedangkan kuas sintetis akan mengeluarkan aroma plastik yang terbakar.

Nah, itulah ciri-ciri untuk membedakan kuas bulu babi dan kuas sintetis dari Yummy App. Jika Sobat Yummy selalu memperhatikan kehalalan suatu produk, kamu bisa terapkan cara membedakan keduanya.

Baca Juga: 10 Resep Bumbu Bakaran Sosis Mudah Dibuat Ala Rumahan

Bagikan: