Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Tips Membuat Latte Art, Tampilan Kopi jadi Lebih Menarik!

Tampilan kopi, kini jadi lebih menarik dengan latte art!

Siapa di antara Sobat Yummy yang termasuk pecinta kopi? Kopi memang menjadi minuman yang tepat untuk dinikmati, saat suasana hati sedih maupun senang. Rasanya setiap tegukan kopi, mampu membuat perasaan kita menjadi lebih baik, dan juga bisa membantu untuk lebih fokus saat bekerja. Karena itu, banyak sekali orang yang memilih untuk bekerja di coffee shop sambil menikmati kopi.

Saat ini, jenis kopi tidak lagi hanya kopi hitam, ya, sudah banyak sekali variasi kopi yang bisa dinikmati. Ditambah lagi, kopi yang disajikan selalu berdampingan dengan latte art yang semakin menambah keindahan tampilan kopi yang kamu minum. Jadi, bukan hanya mementingkan rasa, kini tampilan kopi pun semakin berkembang menjadi lebih menarik.

Bagi kamu yang belum terlalu suka dengan kopi, mungkin masih cukup asing dengan yang namanya latte art. Yuk, kenali latte art lebih jauh!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

Latte art adalah

ilustrasi latte art (pexels.com/pixabay)

Latte art adalah sebuah seni lukis yang dibuat di atas kopi, dengan berbagai variasi gambar yang menarik. Latte art juga memiliki keterkaitan dengan ilmu sains, karena latte art tidak bisa dibuat hanya mengandalkan susu biasa saja.

Susu yang digunakan untuk latte art perlu melalui proses pemanasan terlebih dahulu dengan steamer, yang akhirnya akan membentuk microfoam. Microfoam tersebutlah yang digunakan para barista untuk membuat latte art di atas kopi.

Macam-macam Latte Art

1. Swan Latte Art

ilustrasi swan latte art (pexels.com/davidbares)

Swan latte art mungkin sudah sering kamu jumpai, di beberapa coffee shop yang pernah kamu datangi. Pembuatan latte art yang satu ini memang terlihat cukup rumit, dan tidak cukup hanya sekali percobaan saja, jika kamu baru pertama kali mencoba membuat latte art.

Gambar angsa ini menjadi latte art yang sangat indah dan damai, seperti melihat seorang angsa yang sedang berdiam diri di tengah danau dengan tenang.

2. Flower Latte Art

ilustrasi flower latte art (pexels.com/martadzedyshko)

Selanjutnya, latte art juga bisa dibentuk menjadi gambar sebuah bunga yang cantik nan indah. Biasanya gambar bunga ini disukai oleh para wanita yang suka dengan hal-hal romantis. Karena itu, biasanya yang kopi dengan flower latte art ini ditujukan untuk para wanita.

Baca Juga: ​Nappuccino, Kombinasi Minum Kopi dan Tidur Siang Biar Tubuh Energik!

3. Heart Latte Art

ilustrasi heart latte art (pexels.com/leahkelley)

Bentuk latte art yang satu ini, menjadi salah satu latte art yang paling sering dibuat oleh banyak barista. Ya, bentuk hati pasti sudah lebih sering kamu jumpai lebih dari swan latte art.

Walaupun terlihat sederhana, tetapi heart latte art tak pernah kalah saing, dengan bentuk latte art yang lainnya. Kamu juga bisa menambahkan berbagai variasi untuk mempercantik heart latte art yang kamu buat.

4. Leaf Latte Art

ilustrasi leaf latte art (pexels.com/michaelburrows)

Bentuk latte art yang sederhana tapi manis lainnya, jatuh kepada latte art dengan gambar daun. Gambar sehelai daun ini seakan memberikan makna keteduhan dan ketenangan, sesuai dengan kopi yang juga seringkali diminum, ketika orang-orang membutuhkan keteduhan jiwa.

5. Rabbit Latte Art

ilustrasi rabbit latte art (pexels.com/michaela)

Kreativitas gambar pada latte art tentunya tidak terbatas, karena kamu bisa membuat gambar apa saja yang kamu inginkan di atas kopi. Seperti halnya gambar kepala kelinci, bisa kamu pilih menjadi hiasan latte art yang lucu dan menggemaskan.

6. Latte Art Character

ilustrasi latte art character (pexels.com/orangetomato)

Ketika sudah andal dalam latte art, kamu sudah pasti ingin membuat latte art yang berbeda dari biasanya. Jika kebanyakan latte art dibuat dengan gambar hati dan daun, kamu kini bisa mulai membuat latte art, dengan karakter kartun yang kamu sukai.

Cara Membuat Latte Art

ilustrasi proses pembuatan latte art (pexels.com/chevanonphotography)

Untuk membuat latte art, tentu membutuhkan keahlian dan kehati-hatian, karena menggambar di atas kopi, bukanlah hal yang mudah. Namun, jika kamu belajar dengan sungguh-sungguh dan terus rajin berlatih, kamu pasti akan bisa membuat latte art dengan baik.

Berikut ini, Yummy App akan bantu spill cara membuat latte art untuk pemula.

1. Steam susu

Pertama, kamu perlu menyiapkan susu segar dan steamer untuk memproses susu agar bisa dibentuk menjadi latte art. Pastikan susu tidak memiliki buih yang banyak, karena bisa membuat kamu kesulitan saat hendak membentuk pola gambar, sehingga kamu tidak akan mendapatkan hasil latte art yang sempurna.

Biasanya, susu yang bagus dijadikan latte art, ketika susu hasil steam memiliki sedikit buih, dan tidak mengandung banyak udara.

2. Pilih jenis latte art yang diinginkan

Jika kamu seorang pemula, lebih baik kamu belajar untuk gambar latte art yang sederhana, seperti misalnya gambar hati.

3. Tuangkan susu ke dalam cangkir kopi

Setelah itu, kamu akan masuk ke tahap pembuatan latte art yang sesungguhnya. Pastikan dulu, kalau permukaan kopi dalam keadaan rata, ya.

Kamu bisa memulai membuat latte art hati dengan membuat lingkaran besar di paling bawah, lalu lingkaran sedang pada bagian tengah, dan lingkaran kecil pada bagian atas. Setelah berhasil membuat lingkaran, kamu bisa menarik garis tengah, dimulai dari lingkaran paling kecil, sampai ke lingkaran paling bawah.

Buatlah dengan perlahan, agar latte art bisa kamu buat sesuai dengan gambar yang kamu inginkan.

4. Gunakan alat bantu lainnya

Jika kamu masih kesulitan dalam proses pembuatan latte art, kamu bisa menggunakan alat bantu, seperti tusuk gigi yang digunakan untuk memperjelas pola gambar yang kamu buat.

Membuat latte art memang susah-susah gampang, tapi pasti bisa dilakukan, kok. Kalau kamu terus tekun belajar, kamu akan bisa membuat latte art sendiri tanpa alat bantu seperti tusuk gigi. Yuk, kita mulai belajar buat latte art sendiri di rumah, Sobat Yummy!

Baca Juga: Seperti Apa Kopi yang Aman untuk Lambung? Ini Penjelasannya

Bagikan: