Scoby Kombucha: Pengertian hingga Cara Buat

Rasakan minuman fermentasi tradisional sehat, Scoby Kombucha

Scoby Kombucha: Pengertian hingga Cara Buat

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Minuman kombucha belakangan tengah populer karena rasanya yang unik dan mempunyai segudang manfaat baik untuk kesehatan. Tapi, di antara kamu mungkin masih terdengar asing dengan nama scobykombucha ini.

Mengutip Forbes, kombucha adalah teh fermentasi scoby (symbiotic culture of bacteria and yeast) dengan teh hijau atau hitam. Scoby memiliki bentuk mirip seperti pancake tebal. Jamur baik inilah yang merupakan biang yang akan dicampurkan pada teh dan menjadi ciri khas dari kombucha. Meskipun hasil fermentasi, teh kombucha tegolong minuman non-alkohol dengan berbagai kandungan vitamin, asam amino, dan nutrisi lainnya.

Lebih lanjut, artikel ini akan mengupas apa itu scoby kombucha dan cara membuatnya jika kamu ingin mencoba di rumah.

Sejarah scoby kombucha

sejarah scoby kombucha
ilustrasi scoby kombucha (unsplash.com/Tim-Oliver Metz)

Teh kombucha aslinya berasal Tiongkok Timur Laut pada tahun 220 SM dan digunakan sebagai media penyembuhan. Walaupun dari Tiongkok, nama kombucha sendiri diambil dari seorang ilmuwan fisika asal Korea yang membawa teh tersebut ke Jepang sebagai obat untuk Kaisar Inkyo.

Kemudian, pada abad 20, teh tersebut dibawa ke Eropa hingga ke Rusia (disebut kambucha) dan Jerman (disebut kombuchaschwamm). Peneliti meyakini kombucha mirip ini memiliki manfaat yang mirip dengan teh biasa dan makanan fermentasi lainnya, termasuk probiotik yang membantu pengembangan bakteria baik untuk pencernaan.Β 

Di tahun 2000-an awal, ekspansi semakin meluas. Akan tetapi pada tahun 2010, dilakukan inspeksi oleh Inspektur Perlindungan Konsumen Departemen Pertanian, Maine Randy Trahan. Diketahui kandungan alkohol melebihi batas minimum aturan Direktorat Perdagangan dan Pajak Alkohol dan Tembakau. Setelah sempat pending produksi akibat penemuan pada inspeksi tersebut, perkembangan terus terjadi hingga akhirnya rilis kombucha beer, tipe kombucha yang mengandung alkohol ala minuman tradisional nan sehat.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Merebus Ceker agar Empuk, Tak Perlu Dipresto!

Manfaat dan cara membuat scoby kombucha

manfaat scoby kombucha
ilustrasi scoby kombucha (pexels.com/Geraud pfeiffer)

Dilansir dari Healthline, scoby yang ditambahkan padaΒ blackΒ atauΒ green tea, lalu didiamkan selama 1 hingga 4 minggu agar proses fermentasi berlangsung baik. Nantinya, gula pada teh akan diubah oleh scoby menjadi alkohol, karbon dioksida, asam. Hasilnya, tehΒ  menjadi bersoda dengan rasa tajam dan manis, layaknya cuka. Rasa yang dihasilkan sendiri ditentukan oleh durasi fermentasi dan bahan tambahannya.Β 

Pada dasarnya, fermentasi merupakan proses yang meningkatkan probiotik, sejenis bakteri yang baik untuk pencernaan. Menurut studi, konsumsi probiotik ini mampu mengurangi tingkat kolesterol, meningkatkan imunitas, dan dapat mengurangi berat badan.

Cara memilih scoby kombucha

Jika kamu ingin mencoba membuat scoby kombucha di rumah, gunakan scoby organik yang dijual secara resmi di toko bereputasi demi kualitas dan menghindari risiko pestisida.

Selanjutnya, scoby itu bisa juga ditemuka pada toko online atau komunitas lokal yang turut menggunakan scoby. Hal ini dikarenakan scoby terus tumbuh bersama kombucha yang pada akhirnya bisa dibagi dengan digunting sebesar 1 inci dari atas.Β 

Hati-hati bila menemukan scoby yang berbau, berlumpur, mudah sobek, dan berwarna cokelat kehitaman, karena itu pertanda sudah tidak layak konsumsi. Segera buang dari kombucha agar tidak terkontaminasi.

Nah, setelah penjelasan di atas, Sobat Yummy sudah tidak asing lagi, kan, dengan scoby kombucha. Minuman tradisional sehat ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu coba di waktu senggang. Bahkan, bisa juga kamu buat iseng di rumah bersama kerabat dan orang terkasih.

Baca Juga: Bantu Atasi Insomnia, Inilah 5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

amalia saras

amalia saras

Oseng Cumi Hitam Madura

Oseng Cumi Hitam Madura

(5.0)

20 mnt

408

Artikel Lainnya di nutrisi