Bumbu Dasar Putih untuk Masakan yang Lebih Nikmat!

Satu bumbu bisa jadi beragam masakan yang lezat

Bumbu Dasar Putih untuk Masakan yang Lebih Nikmat!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Indonesia memiliki ragam bumbu masakan khas yang membuat makanan menjadi terasa lebih lezat ketika dinikmati. Ada beberapa bumbu dasar seperti, bumbu kuning, bumbu dasar merah, dan juga bumbu dasar putih yang sering kali digunakan untuk memasak. Ketiga bumbu tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda, seperti bumbu merah yang sering digunakan untuk makanan pedas dan bumbu kuning yang biasa memberikan warna kuning pada masakan. 

Lantas bagaimana dengan bumbu dasar putih? Masakan apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan bumbu dasar putih? Kalau begitu, Yummy App akan kupas habis tentang bumbu dasar putih pada artikel kali ini.

Bumbu Dasar Putih untuk Masakan Apa Saja?

Banyak sekali makanan yang bisa dibuat dengan bumbu dasar putih. Mungkin kamu juga sudah terbiasa menggunakan bumbu dasar putih untuk memasak. Ini dia beberapa makanan yang dibuat dari bumbu dasar putih.

1. Opor Ayam

opor ayam bumbu putih
ilustrasi opor ayam bumbu putih (dok. Yummy App/Puspitasari Anggradewi)

Opor ayam yang sering kali menjadi menu khas lebaran para umat muslim ini dibuat dengan menggunakan bumbu dasar putih. Dengan begitu, rasa dari opor ayam akan semakin lezat dan menggugah selera makan.

Bumbu putih sendiri berbahan utama dari bawang putih, bawang merah, kemiri, dan juga lengkuas. Karena itulah bumbu ini sering digunakan sebagai bahan dasar untuk memasak.

2. Rawon

rawon daging
ilustrasi rawon daging (app.yummy.co.id/raradebtasari)

Selain opor ayam, ada makanan khas dari Jawa Timur yang juga dimasak dengan mencampurkan bumbu dasar putih. Walaupun kuah rawon berwarna hitam, bumbu dasarnya belum tentu juga warna hitam, ya. Warna hitam pada kuah rawon ini berasal dari kluwek yang merupakan biji dari pepohonan liar.

3. Semur Daging

semur daging
ilustrasi semur daging (flickr.com/maria)

Semur daging pasti menjadi favorit Sobat Yummy yang gemar dengan makanan manis. Makanan yang satu ini juga dibuat dengan mencampurkan bumbu dasar putih pada proses memasaknya. Warna cokelat pada semur didapatkan dari penambahan kecap pada masakan, yang juga memberikan cita rasa manis semur daging.

Baca Juga: 10 Pewarna Makanan Alami yang Aman Dikonsumsi, dari Buah sampai Rempah

4. Sayur Sop

ilustrasi sayur sop dan perkedel
ilustrasi sayur sup dan perkedel (unsplash.com/ochimax studio)

Sayur sop berisikan berbagai macam sayuran seperti wortel dan kentang, sangat enak dinikmati ketika cuaca sedang dingin. Sayur sop juga menjadi salah satu masakan yang dibuat dengan menggunakan bumbu dasar putih.

Bumbu dasar putih memang tidak memberikan warna yang jelas seperti bumbu kuning ataupun bumbu merah. Sehingga sayur sop juga akan tetap terlihat bening walaupun dicampur dengan bumbu putih.

5. Gudeg

ilustrasi gudeg dengan sambal krecek
ilustrasi gudeg dengan sambal krecek (flickr.com/Herman Saksono)

Sobat Yummy pasti sudah kenal dengan makanan gudeg, kan? Nah, gudeg khas Jawa ini juga biasanya menggunakan bumbu putih dalam proses memasaknya. Karena itu rasanya lezat dan bikin nagih banget, deh.

Kegunaan Bumbu Dasar Putih

bawang putih
ilustrasi bawang putih (pexels.com/karolinagrabowska)

Setiap bumbu dasar yang digunakan dalam masakan, pasti mempunyai kegunaannya masing-masing. Kegunaan bumbu dasar putih dalam masakan ini untuk memberikan cita rasa yang lebih menggigit.

Biasanya masakan yang menggunakan bumbu dasar putih akan terasa lebih gurih dibandingkan dengan masakan lainnya. Tak hanya itu, bumbu dasar putih juga dapat mengeluarkan aroma khas yang semakin menggugah selera makan, sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar masakan.

Saat ini sudah banyak bumbu dasar putih instan yang bisa kamu beli di pasar ataupun supermarket untuk mempermudah proses memasak. Tapi pembuatan bumbu putih ini tergolong mudah, kok. Bahkan bisa dilakukan oleh pemula dengan mengikuti beberapa panduan resep dan cara membuat bumbu dasar putih. Hanya saja, jika kamu ingin yang lebih praktis, kamu bisa langsung membeli bumbu dasar putih yang sudah siap pakai.

Nah, kini kamu sudah lebih paham beberapa masakan yang biasa dimasak dengan bumbu dasar putih beserta kegunaannya. Tapi, Sobat Yummy perlu ingat kalau gak semua makanan bisa kamu padukan dengan bumbu dasar putih, ya. Untuk tahu lebih banyak masakan lainnya yang menggunakan bumbu dasar putih, kamu bisa lihat pada laman Yummy App!

Baca Juga: 30 Jenis-jenis Rempah yang Berguna untuk Bumbu Masakan

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rial Muharni

Rial Muharni

Bumbu Dasar Putih Awet

Bumbu Dasar Putih Awet

(5.0)

5 langkah

794

Artikel Lainnya di kuliner