20 Minuman dan Makanan Khas Singapura yang Menggoyang Lidah!

Singapura punya banyak makanan khas yang lezat, lho!

20 Minuman dan Makanan Khas Singapura yang Menggoyang Lidah!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Singapura sering kali menjadi tujuan banyak orang untuk berwisata ke luar negeri ketika masa liburan tiba. Terkenal dengan julukan Negeri Singa, Singapura memang menjadi negara yang sangat nyaman untuk dikunjungi.

Selain banyak tempat yang bisa dikunjungi di Singapura, termasuk tempat untuk kulineran. Negara ini punya banyak makanan khas yang harus kamu coba ketika berlibur berkunjung. Berikut beberapa minuman dan makanan khas Singapura yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke sana!

1. Laksa Singapura

laksa singapura
ilustrasi laksa singapura (instagram.com/ct_khumairah)

Laksa bukan hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, namun laksa juga menjadi makanan khas Singapura yang banyak diminati. Jika laksa di Indonesia menggunakan campuran daging ayam, maka laksa Singapura terdiri dari udang, kerang, fish cake, dan dilengkapi dengan kuah santan berwarna merah yang sedap. Rasa dari laksa Singapura gurih dan juga pedas, cocok sekali untuk dimakan pada siang hari.

2. Nasi Ayam Hainan

nasi ayam hainan
ilustrasi nasi ayam hainan (instagram.com/cirebonsosmed)

Makanan khas Singapura selanjutnya ada nasi ayam hainan. Nasi ayam hainan ini merupakan makanan yang terbuat dari nasi hainan yang diberi campuran daging ayam yang sudah direbus terlebih dahulu.

Mengkonsumsi nasi ayam hainan biasanya dibarengi dengan kaldu ayam yang gurih dan menyegarkan. Kamu bisa memakan nasi ayam hainan untuk dijadikan santapan di siang hari.

3. Roti Prata

roti prata
ilustrasi roti prata (instagram.com/makanwarrior)

Selain makanan berat, ada juga kudapan yang menjadi makanan khas Singapura seperti contohnya roti prata. Roti prata memiliki rasa yang gurih yang sajiannya biasanya disandingkan dengan kuah kari pedas, cokelat, ataupun keju. Roti Singapura ini memiliki tekstur yang tipis dan bersisik, yang pengolahannya dibuat dengan cara digoreng.

4. Kepiting Cabai Singapura

kepiting cabai saingapura
ilustrasi kepiting cabai saingapura (pexels.com/sonic)

Kepiting memang menjadi salah satu hewan yang enak dijadikan santapan makanan. Seperti di Singapura, kepiting dengan bumbu cabai menjadi makanan khas yang sangat digemari banyak masyarakatnya.

Kepiting yang dimasak merupakan kepiting soka atau kepiting lumpur yang diolah dengan cara dibakar bersama bumbu cabai dan bumbu lainnya. Rasanya pedas karena memang bumbunya yang terbuat dari olahan cabai.

5. Fried Carrot Cake

fried carrot cake
ilustrasi fried carrot cake (instagram.com/thrastagram)

Tidak seperti namanya, fried carrot cake ternyata berbahan dasar dari lobak putih bukannya wortel. Fried carrot cake terbagi menjadi dua jenis ada hitam dan putih.

Pada fried carrot cake hitam biasanya diberikan saus karamel sehingga rasanya menjadi manis. Sedangkan pada fried cake putih memiliki rasa yang gurih dengan campuran telur goreng.

Baca Juga: 15 Makanan dan Minuman Khas Thailand, Wajib Dicoba Semua!

6. Fish Soup

fish soup
ilustrasi fish soup (pexels.com/xuanthongtran)

Fish soup adalah makanan khas Singapura yang juga perlu kamu ketahui. Makanan ini berbahan dasar dari ikan bilis atau ikan anchovy dengan campuran udang dan kuah yang nikmat ditambah dengan susu. Rasa dari fish soup ini tentu gurih dan kuahnya menyegarkan, pas sekali dimakan siang hari.

7. Rojak Singapura

rojak singapura
ilustrasi rojak singapura (instagram.com/taroxtaco)

Tak hanya masyarakat Indonesia saja yang gemar dengan rujak, Singapura juga memiliki rujak khasnya sendiri yang bumbunya menggunakan saus hitam yang berasal dari hasil fermentasi terasi.

Biasanya rujak Singapura berisikan nanas, jambu air, kangkung, stik adonan goreng, tauge dan mangga muda. Rasanya asam, pedas, dan manis siap memanjakan lidah.

8. Popiah

popiah
ilustrasi popiah (instagram.com/singaporeguidebook)

Siapa sih di antara kamu yang gatau lumpia? Nah, Singapura punya popiah yang merupakan lumpia versi berbeda dari punyanya Indonesia.

Popiah sendiri berisikan daging cincang dengan campuran sayuran di dalamnya. Popiah menjadi kudapan yang cukup banyak digemari masyarakat Singapura.

9. Hokkien Prawn Mee

hokkien prawn mee
ilustrasi hokkien prawn mee (instagram.com/meebakes)

Hokkien prawn mee merupakan makanan khas Singapura yang terbuat dari bihun yang dicampur dengan mie kuning, lalu disiram dengan kuah kalud khas Singapura. Makanan ini juga seringkali dicampurkan bersama santapan seafood.

10. Ice Kachang

ice kachang
ilustrasi ice kachang (instagram.com/streetery)

Ice biasanya dijadikan sebagai makanan penutup atau lebih akrab disebut dessert. Singapura punya ice kachang yang bisa menjadi kudapan ataupun makanan penutup seusai makan-makanan utama.

Ice kachang merupakan es serut yang ditambahkan topping seperti kacang merah, kolang-kaling, ataupun jeli. Rasanya yang manis akan membantu menghilangkan rasa mual yang terkadang muncul setelah makan.

Baca Juga: 12 Makanan Khas Vietnam yang Lezat dan Wajib Kamu Cicipi!

11. Kaya Toast

kaya toast
ilustrasi kaya toast (instagram.com/xsaltire)

Kaya toast merupakan roti yang diolah dengan cara dipanggang. Disebut kaya toast karena roti diberikan selai kaya yang merupakan selai tradisional Singapura.

Selai kaya sendiri dikatakan terbuat dari campuran telur dan kelapa, yang membuat kaya toast memiliki rasa yang gurih. Makanan ini paling tepat disantap pada sore hari, sambil bersantai setelah lelah bekerja seharian.

12. Kue Pie Tee

kue pie tee
ilustrasi kue pir tee (instagram.com/kim_garry)

Selain ice kachang, makanan khas Singapura lainnya yang berupa dessert adalah kue pie tee. Kue pie tee mempunyai bentuk yang mirip dengan cupcake dengan isian rebung kukus ataupun lobak rebus, dan udang sebagai pelengkap rasa.

13. Mie Siam

mie siam
ilustrasi mie siam (unsplash.com/orijitchatterjee)

Sajian mie lain yang termasuk dalam makanan khas dari Singapura adalah mie siam. Mie siam pada umumnya disajikan dengan bahan pelengkap seperti telur rebus, jeruk nipis, tahu pong, dan daun bawang. Bisa juga jika ingin menambahkan seafood di atasnya untuk memperkaya rasa.

14. Kari Kepala Ikan

kari kepala ikan
ilustrasi kari kepala ikan (instagram.com/dapurgram)

Kari kepala ikan merupakan makanan yang terbuat dari kepala ikan kakap yang diberi rempah-rempah dengan campuran kuah yang pedas. Makanan kari kepala ikan Singapura ini ada karena terinspirasi dari makanan khas India.

15. Nasi Lemak

nasi lemak
ilustrasi nasi lemak (instagram.com/gadogado_mama)

Bukan hanya menjadi makanan khas Malaysia, nasi lemak juga menjadi salah satu makanan khas Singapura. Seperti biasa, nasi lemak dibuat dari campuran nasi dengan santan dan diberi daun pandan. Biasanya nasi lemak disajikan dengan tambahan seperti telur, ayam, ikan, dan juga sambal pedas.

16. Char Kway Teow

char kway teow
ilustrasi char kway teow (instagram.com/atlasbali)

Selanjutnya ada char kway teow yang menjadi makanan khas Singapura. Makanan ini terbuat dari mie beras datar yang dimasak dengan campuran tiram, sayur tauge, telur, kecap manis, dan tambahan udang jika suka.

17. Sari Tebu

air tebu
ilustrasi air tebu (pexels.com/mateuszfeliksik)

Sebagai salah satu negara penghasil tebu yang terbaik, tentu Singapura menjadikan tebu sebagai minuman khas yang digemari banyak orang. Sari tebu ini memiliki rasa yang manis, enak, dan menyegarkan, sehingga cocok diminum pada siang hari.

18. Vadai

vadai
ilustrasi vadai (instagram.com/cook_with_wahi)

Vadai merupakan makanan khas Singapura yang diproses dengan kentang kotak-kotak dan kacang tanah. Lalu vadai disajikan dengan potongan bawang bombay, cabai, daun kari bombay, dan diberikan sambal kelapa.

19. Bandung

bandung
ilustrasi bandung singapura (pexels.com/losmuertoscrew)

Sobat Yummy, bandung ini merupakan salah satu minuman khas Singapura yang terbuat dari sirup mawar yang dicampur dengan susu kental manis, dengan tambahan es batu untuk memberikan sensasi menyegarkan. Jadi bandung ini bukan salah satu kota yang ada di Indonesia, melainkan minuman khas dari Singapura.

20. Air Barley

air barley
ilustrasi air barley (yummy.co.id/dapur_madina)

Minuman air barley khas Singapura ini terbuat dari biji barley yang dihaluskan dan diolah menjadi minuman. Rasanya yang manis dan kenyal, akan memanjakan lidah kamu. Biji barley dikatakan memiliki kandungan rendah kalori dan berbagai nutrisi lain yang bagus untuk tubuh.


Beberapa daftar menu makanan di sana merupakan makanan khas Singapura yang mempu menggoyangkan lidah. Habis ini, kita bahas makanan khas mana lagi, ya?

Baca Juga: 20 Makanan Khas Malaysia yang Memanjakan Lidah!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Annisaa T.K

Annisaa T.K

Nasi Lemak Melayu

Nasi Lemak Melayu

(5.0)

5 langkah

recooks-0
Yummy Official

Yummy Official

Singapore Ice Kachang

Singapore Ice Kachang

(4.9)

60 mnt

5.8 rb

Artikel Lainnya di kuliner