20 Makanan Khas Malaysia yang Memanjakan Lidah!

Yuk, cari tahu kenikmatan kuliner Malaysia!

20 Makanan Khas Malaysia yang Memanjakan Lidah!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Negeri Jiran Malaysia merupakan negara serumpun dengan Indonesia. Tak jarang jika masyarakat Indonesia sendiri juga suka dengan makanan khas Malaysia. Hal ini karena cita rasa yang dimiliki mirip dengan masakan Indonesia.

Jika kamu melancong ke Malaysia, kamu wajib hunting kuliner mereka yang lezat dan oke punya. Seperti 20 makanan khas Malaysia yang telah Yummy App rangkum dibawah ini. Let's check it out!

Baca Juga: 13 Makanan khas Pekanbaru yang Bikin Ketagihan!

1. Nasi Lemak

Makanan khas Malaysia satu ini sangat lazim didengar dan gampang dicari di Negeri Jiran tersebut. Karena sangat bekennya kuliner ini, bahkan nasi lemak kini di dapuk sebagai makanan Nasional Malaysia. Nasi lemak terlihat mirip dengan nasi uduk milik Indonesia, karena cara pembuatan nasi sama-sama menggunakan santan. Akan tetapi nasi lemak memiliki lebih banyak pilihan lauk, seperti teri goreng, telur, ikan goreng, ayam, dan lain sebagai yang bebas kamu pilih.

2. Nasi Kerabu

2. Nasi Kerabu
illustrasi nasi kerabu (instagram.com/lonelypaisley)

Warna yang cantik dan unik membuat hidangan khas Malaysia ini sangat ramai penggemar, yang tidak hanya dari negara asalnya tapi pelancong mancanegara pun tertarik dengan nasi kerabu. Kuliner satu ini dimasak dengan bunga telang, sehingga memberikan warna kebiruan yang cantik pada nasi. Nasi kerabu dihidangkan lengkap dengan berbagai lauk, seperti ayam krispi, ikan bakar, kuah lada hitam, telur asin hingga sambal.

3. Roti Canai

Meski roti canai sudah malang melintang dan banyak ditemukan diberbagai negara, ternyata asal makanan ini ialah dari Malaysia. Roti canai dapat diolah sebagai kuliner dengan cita rasa manis ataupun asin. Biasanya roti canai manis akan disajikan dengan berbagai selain manis ataupun susu kental manis, sedangkan roti canai asin disajikan dengan gulai kentang.

4. Ayam Ponteh

4. Ayam Ponteh
illustrasi ayam ponteh (instagram.com/feds64)

Makanan berkuah kental satu ini, memiliki cita rasa khas tauco. Selain ayam, makanan khas Malaysia ini juga disajikan dengan jamur shitake yang semakin menambah kenikmatan. Cita rasa dari ayam pongteh yakni manis gurih dan khas rasa tauco.

5. Ayam Percik

Kuliner khas Malaysia ini merupakan ayam bumbu yang dibakar. Pembuatan makanan ini yakni dengan memarinasi ayam pada bumbu, kemudian dipanggang. Disela-sela proses pemanggangan, bumbu kembali diberikan ke ayam dengan cara dipercikan, sehingga tercetuslah nama ayam percik. Makanan khas Malaysia ini wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Ayam percik memiliki cita rasa kaya akan rempah, pedas, dan smokey.

Baca Juga: 3 Tips dan Cara Menyimpan Ayam di Kulkas Agar Tetap Segar

6. Bubur Pedas

6. Bubur Pedas
illustrasi bubur pedas (instagram.com/santhiserad_food)

Makanan khas Malaysia yang menjadi ikon bulan ramadhan ini memiliki cita rasa pedas. Bubur pedas biasa disajikan dengan berbagai lauk pendamping seperti ebi, jamur, daging, hingga rebung.

7. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh merupakan makanan khas Malaysia yang sebenarnya berasal dari masyarakat dengan etnis Tionghoa yang tinggal disana. Arti dari Bak Kut Teh sendiri yakni merujuk pada 'daging tulang teh'. Kuliner satu ini merupakan daging iga babi yang direbus dalam kuah rempah selama beberapa jam. Biasanya masyarakat Malaysia menyantap makanan ini sebagai menu makan siang.

8. Mee Hokkien

8. Mee Hokkien
illustrasi mie hokkien (instagram.com/habitat.coffee)

Jenis masakan berbahan dasar mie ini sangat populer di Malaysia. Makanan khas ini terinspirasi dari kuliner mie dari Hokkien Cina, tetapi dimodifikasi dengan rempah-rempah Malaysia. Mie Hokkien pada umumnya tersedia dari 2 jenis, menggunakan kuah atau dimasak kering.

9. Asam Laksa

Tidak hanya Singapura, Malaysia juga memiliki kuliner laksa yang tidak kalah lezat. Khasnya dari laksa Malaysia terletak di kuahnya. Kuah asam laksa terbuat dari rebusan ikan makarel dengan berbagai paduan rempah Tionghoa dan Malaysia. Bedanya dari laksa Singapura, asam laksa milik Malaysia memiliki kuah yang lebih light dan dominan pada cita rasa asam gurih.

10. Mee Siam

10. Mee Siam
illustrasi mee siam (instagram.com/kampungdining.17)

Masih dengan kuliner mie dari Malaysia, Mee Siam berbahan dasar bihun. Makanan satu ini biasa disajikan dengan suwiran ayam, telur rebus, dan daun bawang. Sobat Yummy harus tahu, Mee Siam dijuluki sebagai "Truly Malaysia" lho, untuk memperkenalkan pada khalayak mengenai kuliner autentik dari Malaysia.

11. Char Kway Teow

Char Kway Teow atau dapat disebut kwetiau goreng. Cita rasa dari makanan khas Malaysia satu ini yakni manis gurih, yang digoreng lengkap dengan tauge, lokio, baso, aneka seafood seperti udang, kerang, dan lainnya. Tidak semua, akan tetapi mayoritas pembuatan Char Kway Teow biasanya dengan minyak babi. Oleh karena itu jika Sobat Yummy tidak mengonsumsi produk babi disarankan berhati-hati atau cari restoran dengan label halal.

12. Pasembur

12. Pasembur
illustrasi pasembur (instagram.com/ticky_chin)

Pasembur merupakan jajanan dengan isian kentang, tauge, timun, lobak, bahkan berbagai seafood seperti kepiting, udang, ataupun gurita. Kemudian isian akan disiram saus kacang seperti rujak. Makanan ini hasil inspirasi dari kultur India. Bahkan beberapa daerah di Malaysia menyebut Pasembur sebagai Rojak India.

13. Keropok Lekor

Keropok lekor merupakan kudapan khas Malaysia yang terbuat dari ikan. Kerupuk ini memiliki bentung panjang, dan untuk menikmatinya dapat digoreng, dikukus, ataupun direbus.

14. Kuzi Ayam

14. Kuzi Ayam
illustrasi kuzi ayam (instagram.com/kak_t68)

Makanan khas ini berasal dari Kelantan, Malaysia. Kuzi ayam merupakan sejenis kari ayam yang dimasak dengan susu, safron, dan kurma. Untuk menikmati masakan ini, masyarakat Malaysia biasa memakannya dengan nasi ataupun roti.

15. Kerutuk Daging

Makanan khas satu ini berbahan dasar dari daging sapi yang dimasak dengan santan. Masyakarat Malaysia biasanya menyantap kerutuk daging dengan nasi, sambal, dan lalapan.

16. Apam Balik

16. Apam Balik
illustrasi apam balik (instagram.com/hey_natywx)

Setelah makanan asin, kita akan melipir ke makanan manis jagoan Malaysia, yakni apam balik. Kudapan satu ini mirip dengan martabak manisnya Indonesia. Bedanya, apam balik adonannya lebih tipis. Apam balik punya berbagai pilihan isian seru yang bisa kamu pilih. Isian yang paling favorit biasanya adalah coklat kacang.

Baca Juga: 5 Tips agar Martabak Manis Bersarang dan Mengembang Sempurna

17. Heong Peng

Makanan manis lainnya yang tidak kalah enak, yakni Heong Peng. Kudapan satu ini juga turunan dari kultur Tionghoa. Heong Peng merupakan roti pipih yang diisi dengan isian selai manis seperti coklat, kopi, pandang, hingga durian. Rasanya yang lezat cocok sebagai kudapan ringan menemani minum kopi. Pantas saja jika jajanan satu ini populer di Malaysia.

18. Kek Lapis Serawak

18. Kek Lapis Serawak
illustrasi kek lapis serawak (instagram.com/cemilan.penguin)

Kue lapis Serawak berasal dari bagian Serawak Malaysia. Kue ini disajikan pada hari besar tertentu seperti Idul Fitri, ataupun Natal. Uniknya dari kue ini adalah corak lapis yang sangat cantik dengan paduan warna yang epic. Tak jarang jika kue lapis Serawak menjadi buruan para turis untuk oleh-oleh.

19. Ais Kacang

Beralih ke dessert dingin. Ais kacang merupakan sejenis es serut yang disajikan dengan berbagai topping asyik seperti cendol, buah, es krim, dan yang pasti kacang merah. Kemudian disiram dengan susu kental manis ataupun sirup.

20. Puding Diraja

20. Puding Diraja
illustrasi puding diraja (instagram.com/bakesnbites)

Makanan khas Malaysia terakhir yang wajib dicicip, yakni puding diraja. Desset ini terbuat dari buah pisang, dengan cita rasa perpaduan manis dan gurih. Puding diraja dilengkapi dengan beberapa topping seperti kismis, kacang-kacangan, hingga buah ceri. Untuk menyantap dessert satu ini harus disiram dengan saus vla sebagai penambah kenikmatan.

So, itulah sederet daftar makanan khas Malaysia yang bisa kamu cicipi selama melancong ke Negeri Jiran tersebut. Jadi, mana favorit Sobat Yummy?

Baca Juga: 12 Makanan Khas Lampung dengan Rasa Unik dan MenggiurkanΒ 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Fadil's Kitchen

Fadil's Kitchen

Nasi Lemak Malaysia

Nasi Lemak Malaysia

(5.0)

60 mnt

646

Laila Fitria

Laila Fitria

Es Bandung Malaysia

Es Bandung Malaysia

(5.0)

5 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner