10 Makanan yang Awet Tanpa Kulkas dan Terjangkau, Cocok untuk Anak Kos

Selain awet, makanan ini juga menghemat ongkosmu!

10 Makanan yang Awet Tanpa Kulkas dan Terjangkau, Cocok untuk Anak Kos

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Stok makanan yang awet tanpa kulkas biasanya sangat dibutuhkan oleh anak kos, karena di kos-kosan sendiri pun tidak tersedia fasilitas kulkas. Kadang memikirkannya pun saat akan belanja menjadi sangat tricky.

Selain itu, anak kos juga harus hemat agar akhir bulan tetap bisa makan enak. Jadi apa saja, sih, makanan yang awet tanpa kulkas tapi tetap hemat dan nikmat? Yuk, simak artikel Yummy App kali ini, cuss!

1. Roti Tawar

Makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi roti tawar (unsplash.com/charles chen)

Roti tawar bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin stok makanan yang awet tanpa kulkas. Makanan ini bisa tahan 4 hingga 5 hari di suhu ruang, lho! Harganya pun untuk roti tawar yang biasa cukup ekonomis dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket.

Roti tawar juga pilihan alternatif yang praktis, saat Sobat Yummy ingin sarapan cepat karena ada jadwal kantor atau kuliah pagi. Kamu bisa mengonsumsinya langsung ataupun di toast dengan margarin ataupun selai.

2. Mie Instan

Mi instan makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi mie instant (unsplash.com/sq lim)

Yup, makanan favorit sejuta umat. Tanpa disimpan di dalam kulkas, mie instan dapat bertahan 4 hingga 12 bulan lamanya. Harga yang sangat terjangkau, dan cara memasak yang nggak ribet, ini bisa menjadi alternatif kamu untuk stok makanan awet lama dan murah.

Tapi perlu diingat, mie instan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sering, ya. Batas pengonsumsian hanya 1 hingga 2 kali sebulan, dan banyak minum air putih setelah mengonsumsinya.

3. Pasta

Pasta Makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi pasta (unplash.com/ilona frey)

Makanan yang awet tanpa kulkas selanjutnya, yakni pasta. Sobat bisa menemukan bahan pangan ini di supermarket dengan harga terjangkau. Spaghetti dengan berat 450 g hanya berkisar Rp15.000,-.

Sobat Yummy bisa memasaknya dengan modal bawang putih untuk membuat aglio olio ataupun dimasak dengan susu. Jika ingin yang lebih praktis, kamu bisa membeli pasta yang satu porsi lengkap sudah terdapat bumbu di dalamnya, harganya pun lebih ekonomis.

Baca Juga: ​20 Jenis Pasta Berdasarkan Bentuknya, Apa Bedanya?

4. Snack

snacks makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi snacks (unsplash.com/denny muller)

Berbagai makanan ringan yang ada di supermarket, seperti keripik, biskuit, wafer dan kudapan lainnya, juga bisa bertahan lama tanpa kulkas. Jarak tanggal produksi hingga kedaluwarsa snacks tersebut bisa 3 hingga 5 bulan lamanya, dan tidak terdapat anjuran untuk menyimpannya dalam kulkas.

5. Makanan Kaleng

Makanan kaleng makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi makanan kaleng (unsplash.com/murielle hunt)

Tahan lama dan praktis, makanan kaleng bisa menjadi pilihan stok untuk anak kos. Mulai dari sarden, kornet, sayuran, hingga buah dengan kemasan kaleng, umumnya bisa tahan hingga 12 bulan tanpa di kulkas.

Bahkan sekarang banyak produsen yang memproduksi makanan jadi dalam kemasan berkaleng, seperti rendang, sup, balado, dan sambal. Banyaknya pilihan ini, kamu tidak perlu worry untuk memikirkan masak apa hari ini. Hanya perlu dipanaskan saja sudah menjadi menu sarapanmu.

6. Kentang

Kentang makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi kentang (unsplash.com/lars blankers)

Selain makanan instan, umbi seperti kentang juga merupakan makanan yang awet tanpa di kulkas, lho! Sumber karbohidrat ini bisa tahan hingga sebulan lamanya, jika disimpan secara benar.

Usahakan untuk menyimpan kentang di udara terbuka dan kering yang terlindungi dari sinar matahari. Tapi sebelum itu, saat membelinya, Sobat Yummy harus memilih kentang yang bagus secara fisik agar bisa tahan lama dari proses pembusukan.

Baca Juga: 9 Resep Olahan Kentang untuk Lauk Makan, Lezat dan Bergizi!

7. Wortel

Wortel makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi wortel (unsplash.com/armano arauz)

Tanpa kulkas, wortel juga bisa tahan lama disuhu ruang. Tapi perlu perhatikan cara menyimpannya agar wortel bisa bertahan hingga sebulan lamanya.

Pilih wortel dengan fisik yang baik, cuci bersih dan keringkan, setelah bungkus wortel dengan tisu dapur, kemudian masukkan dalam plastik kedap udara agar wortel tidak cepat keriput. Simpan di tempat terbuka yang terhindar dari sinar matahari.

8. Telur Asin

Telur asin makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi telur asin (instagram.com/putri.a.kusuma)

Telur asin dibuat dengan melewati proses pengasinan dengan pemeraman menggunakan tanah liat dan garam. Proses ini memperpanjang umur simpan telur asin dan menjaga kualitas telur, dibandingkan telur tanpa pengasinan. Umumnya, telur asin bisa bertahan dari proses busuk mencapai 10 hari lamanya, disuhu ruang.

9. Jeruk

jeruk mengandung asam folat
ilustrasi jeruk mengandung asam folat (unsplash.com/chang duong)

Beralih ke buah, jeruk juga merupakan makanan yang awet tanpa kulkas. Jeruk matang umumnya bisa bertahan 3-4 hari di suhu ruang. Letakkan jeruk di tempat yang kering dan terlindungi dari suhu panas. Hal ini karena suhu panas akan mempercepat proses pembusukkan pada buah.

10. Pisang

buah jeruk
ilustrasi buah jeruk (pixabay.com/1195798)

Selanjutnya, buah pisang bisa bertahan di suhu ruang. Buah pisang bisa awet hingga 3 hari tanpa kulkas, meskipun kulitnya pasti akan terus menghitam, tapi daging buahnya tetap segar dan masih bisa dikonsumsi.

Jadi, itulah daftar makanan yang tidak terlalu mahal, tapi awet dari proses busuk tanpa kulkas. Sangat cocok untuk kamu yang sedang ngekos. Makanan-makanan tersebut juga tidak sulit ditemukan. Sobat Yummy bisa membelinya di pasar tradisional ataupun supermarket terdekat.

Baca Juga: 10 Resep Menu Sahur Sehat dan Simpel, Ramah Kantong Anak Kos

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Retno Adiesty

Retno Adiesty

Spaghetti Aglio Olio Udang

Spaghetti Aglio Olio Udang

(5.0)

5 langkah

2.6 rb

Artikel Lainnya di kuliner