10 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui, ASI Deras dan Berkualitas

Banyak buah lokal, nih

10 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui, ASI Deras dan Berkualitas

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Saat menyusui, ibu dianjurkan untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Sebab, makanan tersebut akan memengaruhi jumlah air susu ibu (ASI) yang akan disalurkan ke bayi.

Nah, agar produksi ASI makin meningkat dan berkualitas, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah yang bagus untuk ibu menyusui. Buah-buahan adalah sumber energi, vitamin, mineral, dan serat yang mampu memberi dukungan nutrisi pada ibu atau buah hati. 

Langkah pertama untuk mencapai itu bisa dengan menimak informasi mengenai 10 buah yang bagus untuk ibu menyusui di bawah ini. Yuk, catat, Mom!

1. Alpukat

cara memilih alpukat yang bagus
ilustrasi alpukat tanpa memar hitam (unsplash.com/Hitoshi Namura)

Mendapat julukan sebagai makanan super, alpukat menyimpan banyak nutrisi bermanfaat bagi ibu menyusui.

Alpukat mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9. Gizi tersebut dapat meningkatkan kualitas ASI sehingga mendorong tumbuh kembang si kecil.

Tidak hanya mengenyangkan, mengonsumi alpukat juga berarti mendapat "suntikan"  kalium, asam folat, asam oleat, vitamin B, C, dan E. Semua nutrisi berharga itu berperan penting dalam melancarkan produksi ASI.

2. Pisang

ilustrasi pisang mas
ilustrasi pisang mas (unsplash.com/Daniele Franchi)

Saat menyusui, terkadang kamu jadi gampang merasa haus dan lapar. Oleh karena itu, mengonsumsi buah yang berserat tinggi sangat dianjurkan untuk ibu yang baru melahirkan.

Buah pisang kaya akan serat dan kalori yang dapat menjaga rasa kenyang pada ibu menyusui. Buah ini sangat mudah didapatkan kapan pun, jadi tidak perlu menunggu musim tertentu. 

Menariknya, pisang juga mengandung kalium yang akan menjaga cairan elektrolit di dalam tubuh, sehingga dapat menjaga aliran ASI. Karena alasan itu, pisang cocok menjadi buah yang bagus untuk ibu menyusui.

3. Pepaya Hijau

pepaya muda sumber makanan pelancar asi alami
ilustrasi pepaya muda (organicfacts.net)

Pepaya hijau atau pepaya yang belum matang memang tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, pepaya muda mengandung kalium yang tinggi sehingga menghasilkan hormon oksitosin yang menyebabkan kontraksi.

Namun, berbeda halnya pada ibu menyusui yang lebih membutuhkan sumber kalium yang besar. Produksi hormon oksitosin akan membantu merangsang jaringan pada payudara untuk memproduksi ASI.

Berdasarkan hal tersebut, pepaya hijau dapat menjadi pilihan buah yang bagus untuk ibu menyusui. Kamu bisa mengolah pepaya hijau menjadi sayur bening untuk dinikmati sebagai menu makan yang lezat dan berkhasiat.

4. Stroberi

buah stroberi baik untuk menurunkan kolesterol
ilustrasi buah stroberi (pexels.com/joshwithers)

Saat menyusui, kebutuhan akan cairan tentu juga akan meningkat. Selain mengonsumsi air putih, mengonsumsi buah dengan kadar air yang tinggi bisa menjadi solusi sehat yang direkomendasikan.

Untungnya buah stroberi dikenal akan kandungan airnya yang tinggi, sehingga bisa membantu ibu menyusui agar tetap terhidrasi. Stroberi juga memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan ibu dan si kecil seperti vitamin C, kalsium, potasium, magnesium, dan zat besi. 

Baca Juga: 15 Sumber Makanan Pelancar ASI Alami Ibu Menyusui, Sudah Tahu?

5. Sawo

ilustrasi buah sawo
ilustrasi buah sawo (pexels.com/Will Carranza)

Buah yang bagus untuk ibu menyusui berikutnya adalah sawo atau dikenal juga dengan ciku. Sawo mampu menyuplai energi pada tubuh dengan cepat karena sangat tinggi serat dan kalori.

Melansir kidspot.com.au, tubuh membakar hingga 500 kalori saat menyusui, sehingga tak jarang akan membuat kamu kelelahan. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi buah yang tinggi serat dan kalori seperti sawo.

Berkat kandungan seratnya itu, sawo juga dapat mencegah sembelit pada ibu menyusui dan membantu menunda rasa lapar.

6. Aprikot

segelas jus aprikot
ilustrasi jus aprikot (freepik.com/8photo)

Aprikot adalah buah yang bagus untuk melancarkan ASI. Di balik rasa manisnya, aprikot ternyata mengandung nutrisi yang tidak main-main untuk kebutuhan ibu menyusui.

Aprikot menyediakan fitoestrogen yang bermanfaat untuk mengatur hormon penghasil susu dan laktasi.Selain itu, aprikot juga kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium, dan kalium yang tentunya bermanfaat baik bagi ibu sekaligus mendukung proses pertumbuhan bayi.

7. Kurma

buah kurma
ilustrasi buah kurma (pexels.com/antonishkraba)

Kurma dipercaya dapat meningkatkan hormon prolaktin yang membantu produksi ASI pada ibu hamil. Selain rasanya yang manis, keistimewaan lain mengonsumsi kurma adalah keberagaman nutrisinya meliputi zat besi, kalsium, vitamin B6 dan tinggi serat. 

Kurma juga mengandung triptofan, salah satu dari 10 asam amino esensial yang secara khusus berfungsi sebagai prekursor, atau senyawa yang berpartisipasi dalam reaksi kimia untuk menghasilkan serotonin.

Serotonin ini berfungsi untuk mendukung kimiawi laktasi, sehingga bermanfaat untuk memproduksi ASI. Kesimpulannya, kurma termasuk makanan yang bagus bagi ibu menyusui yang bisa jadi kudapan lezar.

8. Mangga

buah mangga
ilustrasi buah mangga (pexels.com/romanodintsov)

Buah manis yang jadi favorit banyak orang ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, lho! Kandungan nutrisi pada mangga menjadikannya sebagai salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui.

Mangga kaya akan antioksidan, vitamin K, serat, dan kalium yang dapat melengkapi nutrisi ibu dan bayi di masa menyusui. Nikmatilah potongan buah mangga sebagai pencuci mulut atau dibuat sorbet menyegarkan!

Buah yang bagus untuk ibu menyusui harus memiliki nutrisi lengkap karena akan diubah menjadi cadangan energi. Selain buah-buahan di atas, ibu juga dapat mengonsumsi buah lainnya seperti apel, pir, atau buah bit yang juga kaya akan vitamin dan antioksidan bermanfaat.

Jangan lupa berkonsultasi ke dokter terkait pilihan makananmu dan si kecil, ya. Agar bisa disesuaikan kebutuhan tubuh masing-masing ibu dan buah hati, ya

Baca Juga: 10 Resep Camilan Sehat untuk Ibu Hamil, Lezat dan Bernutrisi!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

pawonkulo

pawonkulo

Es Sawo Jahe #JagoMasakMinggu1Periode2

Es Sawo Jahe #JagoMasakMinggu1Periode2

(5.0)

5 langkah

1.0 rb

Artikel Lainnya di nutrisi