9 Buah yang Mengandung Vitamin A, Perbanyak Konsumsinya!

Daftar buah vitamin A yang bagus untuk kesehatan tubuh

9 Buah yang Mengandung Vitamin A, Perbanyak Konsumsinya!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Semuanya pasti sudah tahu kalau buah merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin. Setiap buah-buahan memiliki kandungan yang berbeda-beda, seperti buah jeruk yang mengandung vitamin C dan buah delima yang mengandung vitamin K.

Pada kesempatan kali ini, Yummy App khusus akan membahas beberapa buah yang mengandung vitamin A. Vitamin A sendiri merupakan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, gigi, tulang, dan menjaga kesehatan rambut.

Berikut ini beberapa buah yang mengandung vitamin A untuk dikonsumsi setiap hari.

1. Anggur

Buah anggur lebih baik dihindari untuk program hamil
ilustrasi buah anggur (pexels.com/Kai-Chieh Chan)

Buah yang mengandung vitamin A pertama adalah anggur. Buah yang terkenal dengan warna ungunya, memiliki kandungan vitamin A dalam 100 gram buah anggur sekitar 100 IU. Mengkonsumsi buah anggur bisa memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh seperti mencegah gangguan pada kesehatan mata.

2. Aprikot

buah aprikot mengandung vitamin A
ilustrasi buah aprikot (pexels.com/allamelashtchenko)

Buah aprikot yang sering kali diperjualbelikan dalam bentuk buah kering ini juga termasuk buah yang mengandung vitamin A. Dalam 100 gram buah aprikot segar terdapat 1926 IU.

Untuk mendapatkan khasiat dari buah aprikot, lebih baik mengkonsumsi buah aprikot segar yang tidak dikeringkan. Karena buah aprikot yang telah dikeringkan biasanya mengandung banyak gula yang kurang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 10 Buah yang Mengandung Vitamin C Tertinggi

3. Blewah

buah blewah mengandung vitamin A
ilustrasi buah blewah (pexels.com/polinakovaleva)

Pada setiap 100 gram buah blewah yang sering kali ditemukan dalam es buah, mengandung vitamin A sebesar 3382 IU. Vitamin A dalam buah blewah bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh.

Selain vitamin A, masih banyak kandungan baik dalam buah blewah yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

4. Jeruk keprok

jeruk keprok mengandung vitamin A
ilustrasi jeruk keprok (pexels.com/julieaagaard)

Tak hanya kaya akan vitamin C, jeruk keprok juga ternyata banyak mengandung vitamin A. Dalam setiap 100 gram buah jeruk keprok, terdapat sekitar 420 IU vitamin A yang baik bagi tubuh.

Jadi selain, vitamin C, kamu juga bisa memperoleh berbagai manfaat dari vitamin A yang terkandung di dalam vitamin A pada buah jeruk keprok.

5. Jeruk bali

jeruk bali mengandung vitamin A
ilustrasi jeruk bali (pexels.com/alinluna)

Jeruk bali juga menjadi jenis jeruk lainnya yang mengandung banyak vitamin A. Dalam 100 gram jeruk bali terdapat vitamin A sekitar 1150 IU. Banyak manfaat jeruk bali yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh, salah satunya mencegah kanker.

6. Mangga

mangga untuk atasi sembelit
ilustrasi mangga (unsplash.com/ama journey)

Buah mangga yang rasanya manis yang ukurannya sedang, mengandung sekitar 1082 IU vitamin A. Namun, perlu diingat untuk mengkonsumsi buah mangga secukupnya, guna menghindari kalori yang berlebihan pada tubuh.

7. Melon

melon buah untuk tipes
ilustrasi melon (pixabay.com/JillWellington)

Buah yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah buah melon. Dalam setiap 100 gram buah melon, terdapat sekitar 50 IU vitamin A di dalamnya. Mengkonsumsi melon juga bisa membantu untuk mencegah kekurangan cairan, karena buah melon banyak mengandung air.

8. Semangka

semangka buah untuk tipes
ilustrasi semangka (pixabay.com/Vivacia)

Semangka yang sering disandingkan dengan melon mengandung vitamin A yang cukup lebih banyak dibandingkan melon. Biasanya dalam 100 gram buah semangka terdapat sekitar 569 IU vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh.

9. Strawberry

Buah strawberry merah mengandung vitamin A
ilustrasi buah strawberry (pexels.com/tranletuan)

Buah berwarna merah dengan bentuknya yang khas ini termasuk ke dalam buah yang mengandung vitamin A. Dalam 100 gram buah strawberry terdapat sekitar 12 IU vitamin A. Rasanya yang manis dan asam membuat tubuh terasa lebih segar.

Nah, ada banyak sekali buah yang mengandung vitamin A dan bisa kamu konsumsi setiap harinya. Pada orang dewasa, membutuhkan vitamin A sekitar 600 sampai 650 IU perhari. Dari 9 buah yang mengandung vitamin A di atas, mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: 15 Sayuran Segar yang Kaya Vitamin A, Perbanyak Konsumsinya Yuk!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Gliantika

Gliantika

Sorbet Buah Semangka

Sorbet Buah Semangka

(5.0)

5 mnt

301

Artikel Lainnya di nutrisi